You are currently viewing Sejarah Batik Tulis

Sejarah Batik Tulis

Sejarah Batik
https://rumahbatikbedjo.com/shop/

Sejarah batik tulis berawal di abad lebih dari 1000 tahun yang lalu. Hal ini di tandai dengan di temukanya kain mummy yang memiliki motif dan corak. Setelah itu berkembang dan menyebar di sekitar dataran afrika, Hingga sampai ke Asia khususnya Nusantara pada masa itu, Dengan di bawa pedagang mesir batik mulai di kenal sebagai kain yang indah dan unik. Sejarah Batik

Hingga sampai ke Nusantara seni batik di terima cukup baik oleh masyaraka. Bermula dengan populernya di kalangan bangsawan dan raja-raja Mataram kuno Batik mulai menjadi identitas. Berlanjut hingga generasi selanjutnya yaitu kasultanan surakarta dan terakhir kasultanan yogyakarta. Pada masa itu batik menjadi suatu hal yang memiliki nilai syarat yang mendalam. Memiliki makna dan filosofi yang dalam di masa itu ada beberapa motif batik yang hanya boleh di gunakan oleh para bangsawan. Seperti motif barong yang menyimbolkan kewibawaan dan ketegasan serta keharmonisan.

Selain memiliki nilai simbolis dalam motifnya dan coraknya, Batik sendiri di jadikan identitas siapa yang memakainya di masa majapahit kemudian kasultanan surakarta hingga kasultanan yogyakarta. Di buat oleh keluarga keraja’an dibantu abdi dalem batik di buat dengan cara melukis atapun menggambar dengan media kain.

Sejarah Batik

Dahulu hanya ada satu macam jenis batik, Yaitu batik tulis. Namun setelah Perang Dunia ke -I masyarakat mulai mengembangkan proses cap atau stempel. Kemudian proses ini pada umumnya hampir sama drngan proses batik tulis yang menggunakan lilin/malam, hanya saja proses cap menggunakan stempel/cetakan motif. Sehingga Mempermudah dan mempercepat pembuatan batiknya.

Ragam Batik:

BATIK TULIS

BAJU BATIK MURAH

BUSANA BATIK MODERN

BATIK CAP

SUTRA

BATIK PEKALONGAN

BATIK SOLO

MOTIF BATIK JOGJA

MAKNA BATIK CIREBON

PENJELASAN BATIK LASEM

This Post Has 3 Comments

  1. Ririn

    Wah kereqn keren

  2. hapeart

    Batik Warisan Budaya …

  3. ary

    ingat nenek dikampung yang suka banget sama batik

Tinggalkan Balasan