You are currently viewing Batik Tulis Solo Surakarta

Batik Tulis Solo Surakarta

batik tulis solo

Pendahuluan

Semenjak di tetapkan oleh UNESCO sebagai budaya warisan non benda pada 2 Oktober 2009. Batik kian di gemari oleh masyarakat luar dan dan dalam negeri.

Batik Tulis Solo khususnya memiliki karakter khusus dengan ciri khas yaitu, warna kuning coklat membuat kesan klasik.

pada setiap goresan gambarnya dan motifnya.

Penjelasan Batik Tulis Secar lengkap

Histori dan Sejarah

Seni melukis atau menggambar di dalam kain batik telah di temukan dalam peradaban mesir kuno tepatnya pada abad ke-4 SMtapi meski begitu bahwa di temukan pola motif batik pada kain pem bungkus mumi.

Kemudian di kenal masyarakat nusantara dengan di awali pada zaman keraja’an majapahit namun perkembangan batik tulis Solo berawal di lingkungan keraja’an, Dahulu di kenakan bangsawan atau para raja sebagai identitas mereka.

Bahkan Ada aturan yang melarang motif tertentu hanya boleh di kenakan oleh para sultan ataupun keluarga bangsawan.

maka dari itu Solo menjadi kota yang kaya akan budaya dan warisan peninggalan keraja’an majapahit, bagaimanapun juga itulah Yang terus di jaga oleh abdi dalem dan masyarakat setempat hingga sekarang.

Salah satunya budaya warisan membatik, mayoritas masyarakat Solo Aatau surakarta yang dekat dengan Keraton Surakarta berprofesi sebagai pembatik.

Batik Tulis Solo

Ciri Khas Batik Solo Atau Surakarta

Memiliki motif yang kaya akan syarat dan filosofi kehidupan motif batik Solo masuk dalam kategori batik klasik. Hampir serupa dengan batik Jogja cirikhas yang mudah untuk dikenali.

dan dalam batik Solo adalah warnanyanya yang di dominasi dengan warna kuning dan coklat. Selain itu ada beberapa motif yang mejadi cirikhas batik Solo diantaranya motif parang rusak.lalu Wahyu temurun, Kemudian ada motif sekar jagat, Dan Parang Sukmo faktanya. sebagai konsekuensi ngomong ngomong kawan batik sudah punya batik dari mana nih ?

Dengan berkembangnya zaman yang kian moderen, batik Solo terus kosisten dalam warna dan coraknya. Tetap menonjolkan karakter motif dan warna yang klasik. Namun kemudian di kombinasikan dengan beberapa tambahan warna yang memang kian memperindah tampilan motif dan coraknya.

lalu di gunakan untuk acara resmi wah jadi keren sekali jadi sebenarnya membuat berwibawa.

Kesimpulan terus terang memang

Dalam keadaan seperti itu sejujurnya batik solo maka dari itu mengandung nilai histori dan sejarah yang kental akan Budaya dan warisan yang ada pada keraja’an majapahit yang konsisten. sebagai hasil

sehingga dengan karakter klasiknya yang khas, maka sari itu Batik solo tetap eksis di dalam maupun luar negeri maka dari itu apapun yang terjadi Tetap di gemari para pecinta batik Nusantara.

akhirnya banyak yang suka juga dengan batik ini namun rata rata biasayaya di sukai oleh orang yang berselera klasik.

konsekuensi memakai ini memang agak terlihat gelap dan sedikit agak tua.

Lalu Batik Cirebon

batik tulis solo
Batik Tulis solo

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan