You are currently viewing Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Harga Batik Pekalongan?

Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Harga Batik Pekalongan?

Harga Batik Pekalongan

Selamat hari baru Kawan Batik! Kembali lagi ke Batik Bedjo yang tentunya akan membahas seputar batik, yaitu mengenai faktor yang mempengaruhi harga batik pekalongan. Kawan Batik pasti tahu tentang batik pekalongan, bukan? Batik ini memang menjad salah satu motif batik yang cukup sering di pakai.

Batik pekalongan merupakan batik yang di buat oleh masyarakat kawasan Pekalongan. Pekalongan sendiri sudah cukup terkenal sebagai penghasil batik terbanyak dan terbesar di Indonesia. Buktinya bisa kamu lihat dengan keberadaan Pasar Grosir Setono, yang di dirikan pada tahun 1941 dan sukses menjadi pusat penjualan batik terbesar.

Tempat lainnya yang memiliki penjualan batik terbesar adalah Pasar Banjarsari dan International Batik Center. Tidak hanya itu, banyak sekali masyarakat pekalongan yang menjadikan batik menjadi mata pencaharian utama. Maka tak heran jika usaha batik rumahan mudah sekali kamu temukan.

Nah, dengan banyaknya pusat penjualan Batik Pekalongan, apasih yang menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi harga batik ini? Untuk membahasnya, kali ini Batik Bedjo akan melihat dari sisi faktor bahan, kerumitan batik, model batik dan juga apakah usaha yang menjual merupakan usaha besar atau kecil. Yuk simak selengkapnya!

Faktor Bahan Yang Digunakan

Bahan dasar untuk membuat batik tidak hanya berkisar pada kain sebagai media membatik, namun juga pewarna yang perajin gunakan ketika membatik. Dari kedua bahan itulah kualitas dari batik dapat di tentukan, selain dengan teknik sang perajin.

1. Jenis Bahan

Untuk variasi kain, ada berbagai macam kain yang bisa di gunakan untuk membatik. Misalnya seperti kain grey, kain dobby, kain serat nanas, kain paris, kain mori, kain rayon, kain kaos katun, kain sutra, dan kain pollyester. Sumber seratnya pun ada yang berasal dari serat alami atau juga serat sintetis.

Secara umum, serat alami memiliki harga yang lebih tinggi di bandingkan serat sintetis. Mengapa begitu? Alasannya pengolahan bahan serat alami terbilang lebih sulit di bandingkan serat sintetis. Kualitas serat alami juga bisa di katakan lebih baik daripada serat sintetis. Meski begitu, harga kain serat alami masih berbeda-beda tergantung pada keterjangjauan bahan.

Bahan untuk produksi kain batik bisa terbagi antara kain dengan tekstur halus yang tipis dan tekstur yang lebih kasar. Semakin nyaman di kulit dan adem kain batik,  harganya pun lebih tinggi. Jadi ini bisa menjadi salah satu pertimbangan ketika kamu memilih busana batik.

batik pekalongan

2. Pewarna Bahan Kain

Faktor lain yang juga mempengaruhi adalah pewarna. Ada 2 jenis pewarna, yaitu pewarna alami dan sintetis. Ketika warna telah menyatu dalam bentuk kain atau pakaian batik, kamu bisa menanyakan hal ini pada penjual tentang pewarna yang di gunakan. Pastikan busana yang kamu pilih menggunakan pewarna terbaik, yaitu pewarna yang tidak mudah luntur sekaligus aman bagi lingkunngan.

Bukan itu saja. Pertimbangan mengenai keawetan warna pada kain tetap harus di pikirkan. Oleh karena itu perhatikanlah warna yang di gunakan saat membeli.

Harga Batik Pekalongan Diukur Dari Kerumitan Motif Batik

Jika menginginkan harga batik Pekalongan pada budget tertentu, kerumitan motif batik adalah poin selanjutnya yang perlu kamu perhatikan. Hal ini di karenakan semakin rumit guratan motif, semakin tinggi pula nilai jual batik. Batik seperti ini biasanya merupakan batik tulis.

Nah, barangkali kamu belum tahu, proses pembuatan kain batik tulis terbilang memakan waktu yang cukup lama daripada jenis batik lainnya. Terlebih, untuk menghasilkan motif berkualitas tinggi, teknik yang di gunakan perajin tak kalah penting. Malahan bisa jadi membutuhkan teknik yang sulit dan waktu yang lama untuk dikuasai.

Harga yang cukup mahal inilah yang sepadan dengan waktu yang perajin habiskan untuk memproduksi selembar kain. Bahkan tidak hanya waktu pembuatan saja, namun waktu untuk menguasai teknik yang di gunakan pada setiap helainya.

Meski begitu, kamu tetap bisa menjumpai batik dengan kerumitan sedang di harga yang bersahabat. Saat ini jenis batik demikian sudah beredar cukup luas di pasaran. Hanya saja tentu kualitasnya tidak sama seperti produksi manual yang terjaga keasliannya.

Bagaimana Batik Itu di Buat

Secara umum, terdapat dua jenis batik apabila melihat dari bagaimana suatu batik itu di buat. Batik tulis merupakan batik yang pembuatan motifnya langsung oleh perajin. Setiap detail di buat oleh tangan sehingga keahlian pengrajin adalah kunci utama dalam membuat motif yang rumit ataupun sederhana.

Sedangkan batik cap merupakan batik dengan metode pembuatan ‘mengecap’ kain menggunakan alat yang memiliki motif batik. Dari segi waktu, teknik batik cap ini tentu hanya memakan waktu yang lebih singkat di bandingkan batik tulis. Penggunaannya pun lebih sering menjadi batik seragam ataupun batik yang di produksi dalam secara banyak.

Sekilas batik cap hanya sekedar mengecapkan cetakan ke atas lembaran kain, bukan? Padahal tidak sesederhana itu, lho. Perajin tetap harus memiliki keahlian dalam mengerti warna serta motif mana yang cocok. Kemudian perajin juga harus paham menentukan urutan pola motif yang tepat.

Follow Ig

Dengan proses pembuatan yang agak berbeda dan hasil yang otentik, tak heran jadinya kalau harga Batik Pekalongan tulis di atas batik cap.

Harga Batik Pekalongan Besar Atau Kecilnya Toko Batik

Sebuah brand adalah sesuatu yang juga bisa meningkatkan harga Batik Pekalongan. Hal ini mungkin bukan hal yang asing lagi, terutama bagi kamu yang tinggal di kawasan Pekalongan. Brand yang sudah memiliki nama di masyarakat, apalagi sampai manca negara cenderung memiliki harga yang tinggi.

Salah satu hal yang membuatnya demikian terletak pada pemeliharaan kualitas supaya tetap prima. Walau begitu, jangan anggap sebelah mata dulu tempat yang belum memiliki nama atau setidaknya belum pernah kamu dengar. Alangkah baiknya pembeli jeli membedakan kualitas yang baik dan buruk dengan melihat pilihan batik yang ada.

Khusus Batik Pekalongan, kamu bisa menjumpai banyak sentra batik, baik itu pusat grosir maupun toko produksi rumahan. Nah, bila kamu berkesempatan mengunjungi kota Pekalongan, cobalah hunting batik di toko rumahan untuk mendapatkan batik dengan harga yang lebih terjangkau!

Tidak hanya bicara soal harga, membeli di kalangan usaha kecil ikut membantu perajin rumahan. Lewat pembelian inilah usaha masyarakat perlahan mampu bersaing dengan brand ternama dan pastinya meningkatkan penghasilan daerah.

Namun, jika ingin model dan jenis batik yang lebih bervariasi, sangat di sarankan untuk mengunjungi pusat penjualan batik. Seperti misalnya Pasar Grosir Setono atau Kampung Batik. Kawasan-kawasan tersebut, terutama pasar banyak menampung batik berskala bisnis kecil sehingga pilihan batik murah dan berkualitas mudah kamu temukan.

Sampai sini, sudah tahu apa saja yang menjadi penentu harga Batik Pekalongan? Semoga dengan informasi ini kamu bisa dengan lebih mudah memilih batik favorit dengan budget yang ada, ya!

Kain batik ini memang memiliki motif dan desain yang khas, sehingga pasti membuatmu bingung cara memiliki batik dengan isi dompet saat ini. Tenang, karena berbagai pilihan batik pekalongan dari Batik Bedjo maka dari itu boleh jadi jawaban yang tepat

Klik Di sini

Kawan Batik bisa mencari berbagai macam kain dan busana batik lebih mudah dengan harga yang terjangkau. Soal kualitas, kamu bisa cek di katalog produk Batik Bedjo Maka Dari itu atau datang langsung ke toko kami. Ayo jangan sampai kehabisan!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan