Kain Batik Tiga Negeri

Kain batik 3 negeri merupakan salah satu batik yang kini semakin sulit di jumpai. Karena sudah jarang nememui pengrajin yang tetap konsisten membuat dan memproduksi sesuai standart batik tiga negri yang berkualitas tinggi. Banyak orang mencari batik tiga negeri untuk di jadikan barang koleksi.

Sulitnya mencari batik 3 negeri membuat batik negeri memiliki harga yang tergolong cukup tinggi. Karena fungsi batik sebagai busana beralih menjadi barang koleksi seni budaya yang memiliki nilai komersil yang tinggi.

Dalam sejarah dan historuis batik tiga negeri, nama tiga negeri di ceritakan bahwa dahulu dalam proses pewarna’an. Batik tulis tiga negeri pembuatan batik tiga negeri di lakukan di tiga tempat ataupun kota. Memiliki 3 warna dominan yang mewakili warna dan makna  yang terkandung.

Adapun kota tersebut adalah Lasem dengan warna merahnya lasem merupakan akulturasi. Yaitu budaya nusantara yang bertemu dengan budaya tionghoa dalam selembar kain batik lasem. Kemudian warna Biru yang berasal Kota Pekalongan. Selain itu pula ada warna coklat yang berasal dari jogja ataupun solo.