Begini Tips Membeli Batik Online Yang Aman dan Nyaman

Membeli baju secara online kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Tak heran memang, karena pilihannya pun bermacam-macam. Mulai dari atasan, bawahan, hingga aksesoris. Bahkan batik pun juga ikut tersedia. Dengan begini, berburu batik tak perlu lagi jauh-jauh pergi ke sentra asalnya. Cukup membeli batik online kapanpun dan dimanapun, pesanan akan tiba dalam waktu yang singkat.

Walaupun praktis dan tak terikat waktu, jangan lupa metode belanja batik seperti ini juga menyimpan beberapa kelemahan. Karena pembeli sulit untuk memeriksa kualitas batik secara langsung, keterbatasan seperti ini menjadi peluang bagi penjual-penjual nakal. Jika tidak berhati-hati, bisa jadi barang yang tiba tidak sesuai pesanan atau lebih parah lagi order-an anda tidak ditindaklanjuti.

Agar menghindari hal seperti itu, cobalah terapkan tips-tips pada artikel kali ini yang akan membantu anda menyeleksi toko batik online. Dapatkan kenyamanan dan keamanan saat berbelanja dengan 8 tips ini.

Cari Toko Online Yang Jelas Identitasnya

Jangan dulu terbuai dengan motif cantik batik, karena bisa jadi itu hanya gambar saja tanpa produk nyata. Agar lebih yakin apa yang toko online tawarkan bukan sembarang barang, pastikan toko pilihan anda memiliki identitas yang jelas.

Dengan identitas yang ikut tertulis setidaknya menunjukkan keseriusan dan kejujuran toko mengenai usahanya berikut produk yang dijualnya. Informasi dasar yang harus anda ketahui seperti nama toko, alamat lengkap, dan nomor ponsel tak boleh luput dari perhatian.

Sama halnya jika ingin membeli batik online melalui Instagram. Pertama, anda perlu memeriksa bagian bio terlebih dahulu, apakah identitas toko lengkap. Dan untuk lebih memastikan kebenarannya, cobalah hubungi secara langsung. Atau jika kurang nyaman, bertanya pada beberapa pembeli toko sebelumnya juga tak ada salahnya.

Usahakan Beli Di Toko Yang Pernah Dikunjungi

Berdagang secara online kini tampak menjanjikan karena mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Tak heran jadinya jika semakin ke sini, pedagang fashion online juga terus bertambah. Termasuk toko fashion atau kain batik online.

Menjamurnya toko batik online terkadang membuat pembeli bingung memilih toko mana yang paling terpercaya. Umumnya, konsumen akan cenderung kembali ke toko yang sebelumnya memberikan pelayanan dan kualitas produk baik. Sebab telah teruji dan dapat berbelanja dengan tenang.

Sama halnya dengan membeli batik online. Dari banyaknya toko batik pada berbagai media sosial dan marketplace, pasti ada beberapa toko batik yang pernah anda kunjungi sebelumnya. Sebaiknya pilihlah toko tersebut karena anda sudah mengetahui bagaimana standar toko.

Akan lebih baik lagi jika toko batik memang langganan, sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya penurunan pelayanan, kualitas produk, apalagi penipuan.

Beli Batik Online Langsung Dari Toko Asalnya

Berkat adanya akses internet, semua kalangan pedagang tak terbatas untuk menawarkan produk batiknya. Bahkan pedagang tangan pertama yang mendapatkan bahan langsung dari perajin asalnya pun bisa memajang koleksi produknya di berbagai platform.

Dengan begini anda tidak perlu membeli batik dari toko online yang belum jelas reputasinya. Misalnya anda ingin mencari baju dengan motif batik Pekalongan, maka pedagang tangan pertama asli Pekalongan adalah pilihan tepat.

Selain harga barangnya yang lebih murah, berbelanja seperti ini juga ikut membantu pedagang-pedagang berikut perajinnya bersaing dengan harga yang pantas. Sehingga bukan hanya anda saja yang diuntungkan, mereka pun juga merasakan efeknya.

Pilih Toko Batik Dengan Banyak Testimoni atau Review

Tidak masalah bila toko online batik yang anda kunjungi bukan langganan biasanya atau langsung dari daerah asal. Anda tetap dapat memilih toko lainnya yang menyediakan batik incaran. Asalkan cari tahu terlebih dahulu bagaimana reputasi toko tersebut di mata pelanggan sebelumnya. Alias baca testimoni atau review.

Akan tetapi, sebelum itu anda patut teliti dulu mana yang benar-benar informatif. Ingat, review bisa bersifat keunggulan toko/produk dan kekurangannya. Jadi tidak harus melulu tentang kelebihannya, meskipun hampir seluruh toko fashion online hanya akan menunjukkan kepuasan pelanggan.

Review yang betul-betul menilai kualitas toko/produk umumnya bisa anda temukan pada kolom review akun toko di marketplace. Alasannya jelas karena toko hanya ‘menyewa’ lapak di platform tersebut. Sehingga tidak bisa mengendalikan review mana yang dapat mereka tunjukkan ke pelanggan baru.

Dalam penilaian pelanggan tentunya ada saja yang terlihat mengecewakan. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah toko yang menunjukkan perkembangan pelayanan sampai pada waktu anda ingin membeli batik.

Toko Batik Dengan Website Berbayar Lebih Terpercaya

Selain membeli batik online melalui akun toko di media sosial dan marketplace, beberapa toko batik bisa anda cek katalognya melalui website. Khusus untuk toko berbasis website, perhatikan lebih baik bagaimana domain yang mereka gunakan.

Apabila toko menggunakan domain seperti com, co.id, net, biz, atau web.id bisa dipastikan toko yang anda incar cukup terpercaya. Penggunaan domain tersebut menyiratkan keprofesionalan toko demi memastikan kepercayaan pelanggan. Sehingga sangat baik untuk berbelanja batik di toko-toko online seperti ini.

Namun, bukan berarti toko batik dengan domain gratis tidak cukup berkualitas. Apabila batik yang anda inginkan tersedia pada toko-toko dengan domain website seperti ini, setidaknya pastikan identitas toko jelas. Atau lebih baik lagi coba pastikan dalam akun marketplace untuk mengetahui bagaimana penilaian pelanggan.

Beli Batik Online Pada Toko Yang Menyertakan Keterangan

Toko yang baik adalah toko yang memastikan seluruh kebutuhan dan pertanyaan konsumen terpenuhi. Seperti menyediakan daftar keterangan ukuran baju batik setiap produknya. Bukan hanya ukuran seperti S, M, L atau XL. Tetapi ukuran jelas setiap bagian baju seperti lebar leher, lebar bahu, hingga panjang baju.

Tak hanya itu, anda juga perlu memilih toko yang mencantumkan informasi produk lainnya. Antara lain jenis bahan, kelebihan dan kekurangan bahan baju batik, serta cara merawatnya. Informasi ini biasanya terdapat pada kolom deskripsi atau katalog. Bila memang tidak ada, wajib untuk tanyakan langsung pada penjual mengenai spesifikasi produk.

“Lihat produk-produk pilihan batik premium hanya di www.rumahbatikbedjo.com

Ukur Semua Bagian Badan dan Cocokkan

Jangan yakin dulu dengan ukuran bagian tubuh yang terakhir kali anda ingat. Ada baiknya untuk lakukan pengukuran ulang seperti pada lingkar lengan, lingkar pinggang, atau bagian lainnya sesuai keterangan toko. Setelah itu cocokkan ukuran anda dengan ukuran persediaan produk.

Tapi, belum selesai. Anda juga harus ingat masih ada kemungkinan ukuran baju batik yang berbeda dari satu toko ke toko lainnya, lho. Boleh jadi ukuran M di toko A sama seperti ukuran S di toko batik lain. Belum lagi metode beli batik online begini menyulitkan anda untuk memeriksa ukuran baju secara langsung.

Cara mensiasatinya adalah dengan memesan ukuran satu tingkat di atas ukuran yang cocok dengan tubuh anda. Meski begitu, tidak perlu takut karena perbedaan ukuran tidak akan telalu jauh. Justru lebih baik baju yang datang sedikit kebesaran agar nantinya bisa anda kecilkan sesuai keinginan.

Bandingkan Dengan Toko Lain

Sama seperti belanja baju batik secara langsung, membeli batik online juga harus membandingkan dari satu toko ke toko lain. Terkadang ada saja produk yang dijual oleh beberapa toko sekaligus. Namun, anehnya harga yang mereka pasang bervariasi. Oleh karena itu, wajib untuk cek deskripsi dan review produk tersebut pada setiap toko. Dari sini anda akan mengetahui perbedaan kualitasnya sehingga bisa menentukan toko batik mana yang tepat.

“Baca juga tips memilih bahan untuk beragam pakaian hanya di www.seragampesta.com

Itulah tips-tips saat membeli batik online yang bisa anda coba mulai saat ini. Tetap berhati-hati dengan tawaran semenggiurkan apapun karena tak jarang hal tersebut hanyalah penipuan. Teliti selalu detail produk yang akan anda pesan agar sesuai dengan keterangan yang anda mau.

Dan apabila barang yang tiba tidak sesuai dengan pesanan, jangan takut untuk tegur penjual agar tidak terjadi hal serupa pada pelanggan lainnya. Selamat mencoba.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan