You are currently viewing Mengapa Sih, Batik Tulis Mahal?

Mengapa Sih, Batik Tulis Mahal?

Mengapa Sih, Batik Tulis Mahal? Hai… Sahabat Sejawat yang terletak di semua Nusantara, sempatkah menciptakan Batik Tulis jutaan, puluhan juta, apalagi ratusan juta? Ketahui apa sebabnya?

Ok TS, kali ini kita hendak mangulas apa aspek yang memastikan mahalnya harga Batik Tulis.

batik tulis mahal

Cara Canting atau Nglowong Batik Tulis Mahal

  • Awal, Canting ataupun Nglowong.

Pas sekali, cara tulis itu membutuhkan susunan yang amat jauh sekali, serta salah satu yang sangat penting merupakan cara nglowong ini TS. Kala memandang perinci batik, nglowong ini memakai parafin atau malam yang dicairkan serta dibatikkan memakai canting, terus menjadi kecil canting, terus menjadi perinci motif yang terbuat, hingga terus menjadi mahal pula harga batik itu.

batik tulis mahal

Butuh kita tahu cara canting ini dapat menyantap durasi berbulan- bulan. Terdapat yang 1, 3, 9 bulan, apalagi bocor bocor ke nilai tahun.[Coba kita jumlah saja jika melunasi karyawan yang mencanting itu, satu hari 8 jam upahnya taruhlah 50 ribu rupiah, dikali satu bulan saja telah 1, 5 juta TS].

Hingga janganlah bingung betul Sahabat Sejawat jika menciptakan Batik yang biayanya dapat puluhan apalagi ratusan juta.

Baca Juga : Batik Tulis Tanjung Bumi Madura Mendunia

  • Kedua, Terbatas

Sebab prosesnya yang amat kompleks, jauh, serta membutuhkan durasi yang lumayan jauh, hingga umumnya batik tulis ini tidak di garap dalam jumlah yang banyak TS. Semacam di Batik Sejawat, umumnya cuma memproduksi 5 masing- masing motif batik, serta itu di proses dengan warna yang berlainan.

batik tulis mahal

Memanglah bila di banding dengan cara pabrikasi atau pabrik pasti kita hendak takluk dari bidang pelampiasan market. Bukan sebab para pengerajin tidak ingin memproduksi dalam jumlah banyak, namun sebab memanglah bila kita memakai cara tulis yang betul- betul asli, kita hendak menguasai kalau kapasitas produksinya tidak hendak sanggup menciptakan batik tulis dalam jumlah banyak TS. Namun bila kita balik pada asal usul di ni dibuatnya batik, kita hendak menguasai kalau Batik Tulis memanglah bukanlah di pakai oleh asal- asalan orang.

Follow ig@batik_bedjo

Cara sambungan dari lodor serta pencucian Oleh sebab itu, dengan semua daya yang sudah di curahkan oleh para pengerajin, selaku wujud apresiasi yang pantas untuk mereka, amatlah alami bila menghormati batik dengan harga yang sebanding.

  • Ketiga, Tipe Kain Batik Tulis Mahal.

Kain yang lazim di pakai merupakan kain katun. Tipe katun inipun berlevel- level, dari ribuan sampai puluhan ribu. Tetapi kita pula memahami terdapatnya kain sutra, bagus yang di proses memakai mesin, atau Perlengkapan Membordir Bukan Mesin( ATBM). Biayanya bermacam- macam, dari ratusan ribu sampai jutaan.

Eits, namun hati- hati, untuk yang berkepercayaan Islam, sutra ini cuma di perbolehkan di pakai untuk wanita. Nyata larangannya mengenai pemakaian ini untuk pria.

“ Di halalkan kencana serta sutra untuk perempuan dari golongan umatku, serta di haramkan untuk kalangan laki- lakinya”

( HR. An Nasa’ i nomor. 5163, di shahihkan Angkatan laut(AL) Albani dalam Shahih An Nasa’ i)

  • Empat, Konservasi Budaya

Batik sudah di akui oleh UNESCO selaku peninggalan adat bumi yang berawal dari Indonesia. Mereka yang sedang berjuang menjaga buat senantiasa penciptaan batik tulis, merupakan banyak orang yang wajib lalu kita support buat bisa lalu melindungi peninggalan adat ini. Dengan membeli berarti kita pula ikut mensupport melestarikan adat Indonesia ini.

Jadi, sedang ragu buat mempunyai koleksi batik tulis Mahal?

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan