You are currently viewing 8 Toko Batik Jakarta Dan Pekalongan Wajib Anda Kunjungi

8 Toko Batik Jakarta Dan Pekalongan Wajib Anda Kunjungi

Hai para pecinta batik! Sudah menemukan tempat berbelanja batik yang tepat? Selain pusat grosir batik, anda juga bisa mencari batik favorit di toko batik. Ragam pilihannya pun tak kalah banyak dari gerai-gerai grosir batik. Baik dari kain batik, setelan kemeja, gamis, dress, rok, dan produk-produk jadi lainnya.

Untuk menemukan toko batik, anda tidak harus pergi ke Yogyakarta atau Solo. Karena daerah Jakarta sendiri juga menyimpan banyak pusat toko batik berkualitas, lho. Tak ketinggalan Kota Pekalongan yang terkenal dengan corak khasnya juga siap dengan berbagai toko-toko batik. Bersiap untuk meluncur sekarang? Sebelum itu, catat dulu 8 toko batik Jakarta dan Pekalongan di bawah ini, ya. Supaya waktu tidak habis di jalan hanya karena mencari toko yang pas.

Toko Batik Danar Hadi Raden Saleh

Tempat yang bisa anda kunjungi pertama adalah Rumah Batik Danar Hadi di bilangan Senen, Jakarta Pusat. Mencari toko ini tidaklah sulit, karena tempatnya yang cukup besar berada di pinggir jalan raya.

Suasana yang ditawarkan juga sangat nyaman. Ketika melewati pintu masuk, anda akan langsung merasakan perpaduan kesan modern dengan suasana tradisional. Penataan setiap produk batik terpisah dengan jelas membuat pengunjung lebih mudah memilih jenis yang dituju. Dengan tempat yang meyakinkan, batik-batik yang tersedia pun sama-sama berkelas. Tak heran jika toko ini adalah spot yang tepat untuk mencari batik-batik eksklusif dalam bentuk apapun.

Toko Batik Keris

Batik keris menjadi salah satu penyedia batik berkualitas yang menawarkan beragam macam pilihan. Seperti kemeja, blazer, baju santai, rok, gaun dan masih banyak lagi. Dan tidak terbatas bagi dewasa saja. Buat si kecil, anda tidak perlu khawatir sulit menemukan batik yang sesuai di toko ini.

Bukan hanya pakaian, anda juga akan menjumpai beberapa aksesoris khas batik yang cocok untuk menunjang penampilan. Kerajinan-kerajinan tangan juga tak kalah menarik perhatian pengunjung. Tak sulit sebenarnya mencari toko batik satu ini, karena lokasinya yang tersebar di banyak mall-mall besar Jakarta. Lokasinya yang sangat strategis tersebut berpengaruh pada harga yang ditawarkan. Setidaknya siapkan kocek lebih untuk mendapatkan batik incaran anda.

Toko Batik Gunawan Setiawan

Bagi anda pecinta batik berdomisili Jakarta Timur, boleh mampir sejenak ke Batik Gunawan Setiawan ini. Beralamat di Jl. Rawamangun Muka Timur No. 5a membuat toko batik ini tidak sulit dijumpai. Terlebih lokasinya yang berada di pinggir jalan akan langsung terlihat.

Jangan heran jika nantinya semangat belanja anda meledak karena lengkapnya koleksi kain batik klasik sampai kontemporer. Meskipun lebih kecil dari pada dua toko batik sebelumnya, pilihan batiknya boleh diadu. Kebutuhan lain semacam sarung bantal hingga taplak meja juga menjadi produk unggulan toko ini. Dan yang membuatnya berbeda bisa anda temukan pada sudut kerajinan vintage. Produk seperti pigura, hiasan gantungan, dan lain sebagainya sangat cocok menjadi oleh-oleh untuk hiasan rumah.

BT Batik Trusmi Jakarta

Batik Trusmi identik dengan batik asal cirebon. Namun bukan berarti anda harus ke cirebon untuk menjangkaunya. Dekat dengan pasar tekstil Mayestik, toko batik BT Batik Trusmi siap menyediakan berbagai macam model batik yang anda butuhkan. Meski batik khas cirebonan menjadi primadona, batik-batik bercorak lainnya juga ikut terpajang memberikan anda lebih banyak alternatif.

Ruangannya yang luas dan terang pasti membuat anda leluasa berbelanja. Apalagi saat memilih motif batik dengan bahan tertentu, waktu berbelanja tidak akan terbuang percuma. Mengapa?

BT Batik Trusmi menerapkan pola penataan yang memisahkan batik menurut bahan dan teknik pembuatannya. Misalnya seperti posisi batik cap yang berbeda dengan batik tulis. Atau lokasi batik berbahan dobby dengan bahan embos yang jelas tersendiri. Dengan penataan seperti ini, pemilihan batik yang anda inginkan menjadi tepat sasaran. Lalu saatnya memilih motif apa yang tersedia dalam setiap jenis tersebut.

Qonita Batik Boutique

Bagi pemudik ataupun penduduk Pekalongan pasti tidak asing lagi dengan toko batik yang satu ini. Qonita Batik Boutique terbilang memiliki nama yang cukup besar di Pekalongan. Sebesar namanya, produk-produk batik yang menjadi komoditinya pun sangat bersaing.

Spesialisasi toko batik ini lebih fokus pada produk pakaian muslim wanita batik. Ciri khasnya terletak pada padu padan kain batik yang selalu up to date dengan tren busana muslim modern. Motif batik yang dipakai pun cenderung bercorak lebih kalem dan terkini. Sehingga produk-produknya tampak lebih stylish yang cocok untuk kalangan muda. Busana seperti blus dan dress menjadi andalannya. Pecinta batik dengan selera motif sederhana namun tetap memikat, tempat ini jadi destinasi belanja yang pas.

Toko Batik Unggul Jaya

Setelah menjelajah batik modern, kini saatnya berburu batik bermotif otentik di toko batik Unggul Jaya. Menurut informasi, toko ini memiliki setidaknya 2 cabang. Satu cabang beralamat di Jl. Angkata 45 No. 39. Sementara cabang lainnya berada di Jl. Kusuma Bangsa No. 19a, Panjang Baru.

Untuk skala toko, inilah tempat yang tepat bagi anda untuk mencari banyak jenis batik khas Pekalongan. Kain dengan warna klasik sampai yang paling modern memberikan anda beragam pilihan. Produk berupa baju seperti gamis, baju tidur, hingga celana serta aksesoris juga tak ketinggalan melengkapi koleksi toko ini. Dan untuk anda yang tengah mencari batik eksklusif dengan harga yang lebih bersahabat, Batik Unggul Jaya adalah jawaban yang tepat.

Toko Batik Huza

Jalan-jalan di Pekalongan jangan lupa mampir ke outlet Batik Huza. Toko batik dengan koleksi super lengkap akan memanjakan hobi belanja batik anda. Batik-batik berupa kain, kaftan, kemeja, rok, celana, sampai baju batik anak bisa anda dapatkan dalam satu tempat saja.

Aksesoris bercorak batik hingga perlengkapan kain batik juga menjadi oleh-oleh khas. Seperti tas, kerajinan tangan, dan sabun batik yang mudah anda temukan. Saking lengkapnya, bisa-bisa waktu plesiran habis karena sibuk menentukan batik, nih. Untuk soal harga, jangan terkecoh dari tampilan tokonya yang luas dan nyaman untuk berbelanja. Rata-rata harga seluruh bentuk batik tergolong sangat terjangkau. Pas sekali jika anda memutuskan untuk membawakan keluarga di rumah buah tangan khas Pekalongan.

Kampung Batik Pesindon

Salah satu destinasi wisata batik yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Kampung Batik Pesindon. Setelah memasuki kawasan ini, anda akan disuguhkan pemandangan berbagai toko batik berjajar. Tak hanya itu, showroom beserta perajin yang tengah memproses kain batik lah yang menarik wisatawan berkunjung.

Lengkapnya toko batik di sepanjang kawasan ini, pilihan batiknya pun sama lengkapnya. Terlebih kain batik memang menjadi pusat perhatian pengunjung. Tetapi, anda juga bisa temukan pakaian-pakaian jadi bermotif batik dengan beragam model. Bagaimana dengan harganya? Dengan lokasi yang terkumpul dalam satu kawasan, harga yang ditawarkan tetap bersaing. Namun, jangan khawatir karena umumnya tidak akan terlalu mahal seperti yang ada di butik-butik berkelas.

Dari 8 daftar toko batik ini, mungkin ada beberapa di antaranya yang belum pernah anda kunjungi. Nah, kini saatnya giliran anda coba jelajahi tempat tersebut. Siapa tahu batik yang anda cari ada di salah satu toko dari list ini.

Meski toko batik di Jakarta mematok harga sedikit lebih tinggi dari daerah, pertimbangkanlah kualitas yang mereka tawarkan. Dan bukan berarti harga sangat terjangkau di Pekalongan hanya memberikan kualitas yang lebih rendah, ya. Ini karena sentra produksi batik lebih dekat sehingga mempengaruhi biaya produksi dan harga jualnya.

Terlepas dari tinggi rendahnya harga, selamat berburu batik!

Click to rate this post!
[Total: 2 Average: 5]

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan