You are currently viewing Aksesoris Batik Untuk Percantik Style, Wajib Punya!

Aksesoris Batik Untuk Percantik Style, Wajib Punya!

Apa yang terbayang pertama kali saat mendengar batik? Pastinya baju seperti kemeja pria, blus wanita, hingga rok. Memang betul selama ini batik hanya identik dengan produk pakaian saja, terutama untuk pakaian pesta. Tetapi, bagaimana dengan aksesoris batik?

Kini anggapan kuno tentang batik sukses terpatahkan dengan hadirnya aksesoris batik. Berkat kreativitas perajin, batik dapat disulap menjadi berbagai hiasan pelengkap busana. Bahkan aksesoris berbalut kain batik justru bisa menjadi inti yang paling memikat karena coraknya yang berbeda.

Kini saatnya anda mencoba gaya berbatik terkini yang membuat penampilan stylish tak terbatas acara resmi. Berikut ini adalah beberapa bentuk aksesoris batik yang bisa menjadi pilihan anda. Tetapi, sebelum itu ketahui dulu sedikit tips saat memilihnya, ya.

Tips Memilih Aksesoris Batik

Antusias berburu aksesoris batik yang pas untuk menunjang penampilan jangan sampai melewatkan trik-trik saat memilihnya. Meskipun memang harus sesuai dengan selera anda, setidaknya cobalah terapkan beberapa tips ini.

Pilih Corak Geometris

Sebisa mungkin utamakan memilih corak yang geometris. Sebab bentuknya yang tidak seperti pakaian mempengaruhi tampilan visual balutan batik. Apabila menggunakan corak berulang sejenis batik cap, batik akan lebih mudah dikenali meski ukuran aksesoris cukup kecil.

Beberapa alternatif yang bisa anda pilih seperti motif kawung, parang rusak, atau wadasan khas megamendung.

Sesuaikan Dengan Suasana

Pecinta batik wanita pasti pernah bimbang menentukan aksesoris mana yang tepat untuk menghadiri suatu acara. Itu artinya penambahan hiasan pada busana adalah soal mix and match dengan suasana acara.

Boleh jadi momen yang resmi dan formal hanya cocok dengan bercorak tradisional. Tentu tak salah untuk menggunakannya dalam bentuk yang artistik.

Atau suasana yang sedikit lebih luwes juga bisa anda hadapi dengan corak batik floral yang segar. Dengan begini penampilan anda pun jadi tidak kaku.

Selaraskan Dengan Busana

Bukan hanya menyesuaikannya dengan momen acara, corak juga perlu terlihat padu dengan busana yang dikenakan. Terlebih hiasan istimewa seperti ini bisa menjadi highlight fashion yang sempurna jika warna pakaian cenderung kontras.

Misalnya, setelan pakaian berwarna cerah yang dikombinasikan dengan aksesoris bercorak gelap. Begitupula sebaliknya. Dengan begitu, hiasan akan terlihat lebih jelas dan memberikan kesan yang menarik pada style fashion.

Hindari Terlalu Banyak Detail Tambahan

Usahakan untuk selalu pilih bentuk yang minim detail tambahan selain batik. Contohnya seperti hiasan logam atau tembaga yang ramai pada kalung. Atau justru hiasan yang hanya memberikan porsi sedikit pada batik.

Model seperti ini hanya akan membuat look terlalu penuh dan kurang nyaman dipandang. Baiknya amati berulang kali dengan mencobanya sebelum membeli.

Aksesoris Batik Yang Wajib Anda Miliki

Ini saatnya untuk menerapkan tips yang telah anda ketahui dengan coba jelajahi berbagai produknya. Apabila anda adalah pecinta batik yang baru mencoba pelengkap busana ini, berikut deretan aksesoris batik yang bisa menjadi pilihan. Penasaran, bukan?

Kalung Batik

Siapa yang tak kenal kalung berlapis kain batik? Dari semua jenis aksesoris batik, rasanya jenis kalunglahsalah satu yang paling populer.

Berkat model-model cantiknya bisa membuat anda tampak berbeda meski hanya mengenakan busana simple. Atau bila memang ingin membuat penampilan lebih muda, beragam kalung batik yang unik siap merubah usia.

Beberapa orang juga lebih memilih kalung batik karena mampu memberikan kesan elegan pada busana yang dipakai. Jadi tak heran jika kalung ini lebih banyak dikenakan saat pesta atau acara semi-formal.

Untuk acara formal atau pesta, biasanya akan lebih cocok menggunakan model rantai kain batik dengan bandul hias logam atau tembaga. Sedangkan untuk acara yang cukup santai, kalung berbandul kreasi batik menjadi pilihan tepat.

Gelang Batik

Selanjutnya ada gelang batik yang juga pas sebagai pemanis style. Apalagi dalam balutan busana modern, batik yang otentik justru akan menjadi aksen penyeimbang.

Agar sesuai dengan selera, anda bisa pilih model gelang berbalut kain batik atau gelang ukir. Meskipun sama-sama bermotif, masing-masingnya tetap memiliki ciri khas yang berbeda.

Karena model ukir asli terbuat dari kayu yang langsung diproses, kesan yang terlihat pun sangat natural. Pas sekali menjadi pemanis fashion yang berkelas. Sehingga seringkali menghiasi penampilan pesta.

Lain halnya dengan gelang balut kain batik yang motif dan warnanya lebih bervariasi. Untuk itu, cocok sekali bagi anda pecinta batik kalangan muda yang senang bergaya beda.

Syal/Scarf Batik

Yang tak kalah hits dari aksesoris sebelumnya, ini dia syal atau scarf batik. Sebetulnya kedua kain ini tidak jauh berbeda, hanya saja bahan scarf lebih tipis. Namun, untuk penggunaannya tetap sama.

Perkembangan fashion terkini sangat menyoroti pemakaian syal/scarf batik meski tanpa mengenakan busana batik. Dengan begitu, alternatif untuk menggunakan batik pun jadi lebih dinamis, tidak harus selalu dalam bentuk pakaian. Dan tentunya selalu siap dalam berbagai acara penting yang mendadak.

Gaya yang selalu menjadi favorit adalah dengan melingkarkankan syal di leher lalu membuat simpul bagian depan. Setelah itu biarkan saja sisa kainnya jatuh. Atau lebih simple lagi hanya dengan menggantungnya di leher tanpa ikatan apapun.

“Lihat koleksi pilihan syal batik dari kami hanya di www.rumahbatikbedjo.com

Bros Batik

Kini giliran waktunya wanita berhijab yang unjuk gaya dengan sentuhan batik yang tak biasa. Yaitu memakaikan batik lewat bros yang cocok untuk menempelkan hijab sekaligus menghias penampilan.

Karena bukan dari bahan semacam tembaga atau kristal, biasanya bros ini bukan tergolong model yang kokoh dan berkilau.Hanyakain batik yang dibentuk menjadi kelopak bunga lengkap dengan penitinya atau bentuk kupu-kupu serta model cantik lainnya.

Pembuatan bros batik sebetulnya sangat mudah, lho. Bahkan anda pun bisa memanfaatkan kain batik perca tanpa harus membeli kain baru. Cukup dengan membuat pola beberapa kelopak bunga lalu jahit kerut bagian dasarnya. Tambahkan kancing berlapis kain batik di tengahnya, dan siap!

Bandana Batik

Sudah pernah dengar produk bandana batik? Peminat aksesoris batik yang satu ini memang tidak sebanyak produk sebelumnya. Akan tetapi, bukan berarti jadi ketinggalan zaman. Justru jadi aksesoris unik yang membuat anda berbeda dari lainnya.

Untuk menggunakan bandana batik, baiknya sesuaikan juga dengan momen acara yang akan dihadiri. Sebab, bandana akan menjadi pelengkap penampilan yang pas untuk momen acara casual atau acara yang tidak begitu formal.

Corak warnanya pun bebas anda pilih sesuai selera. Apakah akan senada dengan busana atau sengaja berbeda agar on point. Namun, sebaiknya pilihlah warna cerah agar look juga segar dan bersemangat.

Dengan kreativitas yang tinggi, ternyata batik juga bisa menjadi berbagai aksesoris cantik, ya. Selain kelima produk tersebut, masih ada beberapa bentuk lainnya yang tak kalah menarik. Tas batik, dompet batik, hingga sepatu batik juga termasuk sebagai aksesoris yang menunjang gaya busana. Selama padu padannya serasi tak perlu menerapkan seluruh tips tersebut selama sesuai dengan selera anda. Yuk coba sekarang!