You are currently viewing 9 Cara Padu Padan Syal Batik, Anti Mati Gaya!

9 Cara Padu Padan Syal Batik, Anti Mati Gaya!

Syal Batik

Selain dalam bentuk pakaian, batik tak kalah menarik saat fungsinya berubah sebagai aksesoris pelengkap. Salah satunya adalah syal batik yang mudah Kawan Batik aplikasikan ketika berpakaian santai hingga cukup formal sekalipun.

Pada artikel kali ini, Batik Bedjo telah menyiapkan 9 cara menggunakan syal batik yang bisa Kawan Batik contek untuksehari-hari. Penasaran apa saja? Berikut ini selengkapnya!

1.Pilih Syal Batik Berwarna Kontras

Syal Batik

Tips satu ini mungkin hanyalah soal selera. Namun, untuk membuat syal batik mempercantik busana, sebaiknya pilihlah warna yang kontras. Tentunya kontras dengan warna baju yang sedang dipakai agar penampilan tidak tampak membosankan.

Menggunakan syal ini memang tidak ada batasan untuk memadumadankannya dengan model busana apa. Akan tetapi jauh lebih baik untuk gunakan bersama atasan non motif dengan ornamen dan cutting yang simple.

Gaya seperti ini jadi cukup populer belakangan ini lho. Terutama untuk outfit kerja, syal batik tepat sekali meningkatkan level look anda. Tampil menarik dengan hiasan ornamen sekaligus mendapatkan professional look dari busana kantor.

2. Syal Bersudut Adalah Ide Yang Tepat

Syal Batik

Pernah menemukan syal bersudut? Dibanding syal batik biasanya, model ini tergolong lebih ramping dan pendek. Karena itulah cocok sekali sebagai aksesoris busana yang praktis disematkan tanpa harus membentuknya.

Bagi anda yang tertarik dengan gaya simple namun tetap menawan dalam momen apapun, syal ini adalah pilihan yang tepat. Jadi tidak perlu lagi kesulitan membuat motif atasan dan bawahan harmonis.

Cukup lengkapi degan syal, penampilan pun sudah sempurna. Hanya saja, perhatikan dengan cermat kualitas jahitan tepiannnya. Pilih tepian yang benar-benar rapi tanpa ada serat benang menyembul.

3.Menggunakan Syal Tanpa Model Ikatan

Syal Batik

Hampir tidak punya waktu untuk styling aksesoris ternyata sama sekali bukan masalah. Cukup sematkan syal batik secara sederhana di leher tanpa membentuknya jadi suatu model justru jadi cara paling cepat.

Lewat motif etniknya, syal bahkan sudah memberikan aksen pelengkap yang sangat penting dalam gaya fashion. Motifnya sendiri tak harus melulu ala batik tulis. Motif geometris khas batik cap pun juga tak kalah cantiknya selama punya warna yang cukup menyala.

Anda pun tidak perlu lagi aksesoris lainnya untuk membuat penampilan lebih menarik. Less is more!

4. Melingkar Syal

Syal Batik

Jika kurang pede dengan gaya simple sebelumnya, cobalah untuk sedikit memberikan pola dengan melingkarkan syal. Untuk model ini terlebih dulu anda harus membuat sebelah sisinya lebih panjang setelah digantungkan pada leher.

Kemudian tarik sisi yang panjang tersebut ke arah belakang dan kembali ke depan sisi lainnya. Supaya napas tetap leluasa, buat saja tarikan melingkar yang tidak terlalu ketat untuk membuat ruang di sekitaran leher.

Atur semua bagian syal agar kelihatan rapi dan tetap ramping agar bagian leher tidak terlihat terlalu penuh. Jangan lupa sesuaikan juga panjang antara sisi kiri dan kanan. Jika hasilnya memang panjang sebelah, sebaiknya buat ulang sampai hasilnya pas dengan selera.

5. Permanis Tampilan Lewat Ikatan Longgar

Syal Batik

Model kali ini cocok sekali bagi syal batik bersudut karena lebih fleksibel. Caranya cukup ikat sederhana kedua sisinya secara longgar. Lalu biarkan sisa syal menggantung seperti pita. Nah, inilah yang melengkapi penampilan meski hanya dalam balutan busana non motif.

Style ikatan yang longgar pada daerah leher sebetulnya menghadirkan gaya modern kekinian yang nyaman dilihat. Apalagi lewat sentuhan motif batik, outfit tentunya semakin unik. Betul-betul berbeda dari bentuk batik pada umumnya yang seringkali untuk acara formal.

Oleh karena itu, jangan ragu kenakan syal seperti ini pada waktu-waktu santai misalnya saat jalan-jalan atau rekreasi. Tak ada salahnya juga coba pakai pada acara-acara semi formal yang membantu anda tampil lebih luwes sekaligus anggun.

6. Letakan Pada Sisi Dalam Jas

Syal Batik

Bagi anda wanita karir, inilah waktunya untuk menyulap style rapi yang kaku jadi lebih menarik. Mudah sekali karena yang perlu anda lakukan hanyalah meletakkan syal batik pada sisi dalam jas tanpa membuat model apapun.

Kuncinya pastikan sisi syal mendapat porsi yang cukup agar terlihat dari sisi luar. Ada baiknya juga untuk kaitkan masing-masing sisinya supaya tidak berubah saat banyak bergerak.

Dengan begini bukan hanya kesan profesional yang bisa anda dapatkan. Tapi juga look yang mampu menyeimbangkan nuansa formal sedikit lebih luwes dan atraktif. Sudah pasti penambahan sedikit aksen ini membantu anda jadi pusat perhatian yang betul-betul berbeda.

7. Cobalah Ala Napoleon Style!

Syal Batik

Pernah dengar napoleon style? Inilah salah satu model kreasi syal yang cantik menunjang konsep fashion. Dari tahapan membuatnya memang sedikit berbeda dari beberapa deretan sebelumnya yang cukup sederhana. Tapi jangan khawatir karena syal bisa selesai dalam waktu yang cepat, lho.

Namun sebelumnya lebih baik pilih syal bersudut yang tipis untuk membuat hasil akhirnya lebih elegan. Pertama letakkan di leher seperti biasa dengan masing-masing panjang sisi yang sama. Dari sini, tariklah kedua sisi ke samping leher dan buat ikatan.

Perhatikan betul-betul cara mengikatnya. Posisikan sisi kiri pada atas sisi kanan syal untuk mengikatnya. Setelah itu rapikan dan ratakan semua bagian supaya rapi. Mudah, kan.

8. Bentuk Menjadi Bandana

Syal Batik

Jangan cuma jadi aksesoris pemanis baju saja. Ini saatnya tampil edgy dengan syal batik bandana! Ya, anda juga bisa mengkreasikannya ke dalam bentuk hiasan rambut tanpa memakai hiasan lain yang begitu mencolok.

Cukup arahkan syal ke bagian kening lalu ikat sebanyak dua kali pada sudut yang sama. Posisinya sendiri bisa menyesuaikan dengan selera, apakah akan di tengah atau samping. Sisa syal yang masih panjang perlu anda terik ke belakang dan ikat kembali untuk memastikan tidak mudah lepas. Bila masih ada sisanya, atur ke sisi lainnya untuk menyembunyikan ujung

9. Sematkan Pada Tas

Syal Batik

Bukan hanya baju saja yang cocok bersama syal batik, aksesoris lainnya pun tak kalah cantik ditambahkan syal seperti tas. Khusus untuk penggunaan ini, akan lebih pas memilih syal berukuran kecil menyesuaikan ukuran tas.

Peletakannya pun dapat bervariasi menurut keinginan. Namun biasanya syal cukup anda ikatkan pada sebelah tali tas sebagai aksen pemanis. Lebih cantik lagi dalam bentuk pita sehingga pas untuk berbagai jenis tas.

Selain itu, coba juga variasi lain yaitu dengan membalut seluruh tali tas dan menyisakan sudut ujung syal. Model ini cocok sekali untuk koleksi tas kelly bag yang punya rangka tali kuat. Sehingga melepaskan kesan yang terlalu kaku ke style yang begitu anggun.

Itulah beberapa taktik menciptakan syal batik membantu tampilan semakin maksimal. Jadi tak ada lagi alasan untuk sama sekali tidak menggunakan batik kapanpun. Lebih praktis lagi kini cukup pilih beragam koleksi syal bermotif menarik dari Batik Bedjo. Yuk tambah ke keranjang sekarang!

Tinggalkan Balasan