You are currently viewing 3 Motif Baju Batik Pasangan Suami Istri Untuk Segala Acara

3 Motif Baju Batik Pasangan Suami Istri Untuk Segala Acara

Batik menjadi bukti identitas yang menghormati dan menghargai nilai budaya bangsa. Jadi, dengan menggunakan baju batik maknanya kita pun ikut melestarikan warisan berharga ini. Uniknya, selain menunjukkan rasa cinta budaya, batik ikut menampilkan karakteristik diri dan arti-arti tersirat lainnya melalui motif dan modelnya. Termasuk bagi baju batik pasangan suami istri.

Baju batik dengan motif yang identik ini menjadi penanda keterikatan jiwa yang kuat antara suami dan istri. Apalagi jika dilengkapi dengan beberapa ornamen khas yang membuat konsep baju batik serasi. Siap-siap menjadi yang paling berbeda di antara lainnya! Nah, baju batik pasangan atau couple tergolong cukup fleksibel untuk momen apapun. Tapi, sudahkah anda berdua menentukan batik mana yang pas untuk masing-masing suasana? Jangan khawatir karena, kali ini kami akan bagikan motif dan model apa saja yang cocok untuk setiap acara. Kira-kira baju batik couple untuk acara apa saja ya? Yuk simak selengkapnya!

Tunjukkan Kekompakkan Dalam Acara Kumpul Keluarga

Saatnya buat acara kumpul keluarga besar berbeda dari sebelumnya dengan mengenakan batik, yuk. Tapi bukan berarti membuat suasana jadi kaku dan terasa formal. Oleh karena itu, baiknya hindari motif dan potongan baju yang terlalu resmi.

Khusus buat baju batik pasangan suami istri pada acara keluarga, keduanya bisa mengaplikasikan batik pada atasan saja. Bagi istri, model seperti blus santai lengan pendek atau panjang tak masalah. Sedangkan untuk suami, akan sangat pas menggunakan kemeja lengan pendek yang santai tanpa potongan bahu yang tegap.

Motif batik modern yang simple dengan warna yang cerah menjadi pilihan yang sangat pas, lho. Karena tampilan seperti inilah yang membuat tampilan anda berdua membaur dengan suasana hangat kumpul bersama.

Baju batik yang seperti ini juga sekaligus menunjukkan kekompakkan anda berdua yang sehati dan sejiwa. Jadi tak salah memang jika batik juga bisa mewakilkan kesan harmonis pada pasagan suami istri melalui motifnya dan kreativitas perancang.

Bergaya Elegan Mengunjungi Pesta Pernikahan

Sekarang bukan lagi jamannya memakai kebaya brokat dan beskap hanya untuk menghadiri pernikahan. Cukup dengan kreasi batik menyesuaikan suasana pesta saja anda berdua sudah siap meramaikan acara.

Untuk baju batik pasangan suami istri khusus pesta, rekomendasi paling baik adalah memilih dulu motif batik eksklusif. Tapi, bagaiamana cara mengetahui motif batik eksklusif?

Umumnya batik seperti ini menggunakan look warna batik otentik seperti cokelat sogan, hitam, atau cokelat muda. Lalu ragam hiasnya berukuran cenderung cukup besar mengisi bagian-bagian permukaan kain. Serta menggunakan bahan sejenis kain sutra atau dobby yang halus. Selebihnya, kembali lagi pada selera anda bagaimana menilai motif batik eksklusif.

Meski motif yang anda pilih tidak seperti ciri-ciri tersebut, anda tetap bisa menjadikan baju batik pasangan suami istri tampak elegan. Nah, untuk istri pikirkan dulu bagaimana style berpakaian anda. Apakah feminin atau cenderung menyukai gayasporty.

Jika memang feminin, sangat pas menggunakan model gaun batik, baik itu selutut atau panjang. Lain halnya dengan gayasporty yang lebih senang dengan keleluasaan bergerak. Baiknya buat baju batik istri dengan model atasan blazer atau sejenisnya yang mewakili style anda. Dengan begitu, mengunjungi pesta jadi tidak harus selalu bergaun, bukan?

Kemudian, bagi suami tentunya kenakan model kemeja batik yang proporsional dengan bentuk dan ukuran tubuh. Terutama perhatikan bagian bahu agar potongannya tegap sehingga terlihat prima. Yang tak kalah penting, bagian lengan panjang juga perlu diaplikasikan pada kemeja agar rapi dan menunjang looks yang elegan.

“Lihat juga pilihan motif batik kami menggunakan bahan kain crep

3 Motif Rekomendasi Baju Batik Pasangan Suami Istri

Itulah konsep baju batik pasangan suami istri yang pas di setiap jenis acara, Kini waktunya anda perkaya pilihan batik dan modelnya melalui rekomendasi ini. Apa saja, ya?

Motif Batik Parang Kombinasi

Pasangan muda biasanya lebih nyaman menggunakan batik bercorak modern dalam warna yang cerah. Boleh jadi anda adalah salah satunya. Bila memang demikian, anda dapat menjadikan motif parang modern sebagai alternatif baju batik couple.

Namun, jangan juga biarkan baju polos hanya dengan parang saja. Sebaiknya carilah dengan kombinasi ragam hias lain seperti motif floral dan tumbuhan supaya terlihat luwes. Warnanya pun bisa anda sesuaikan dengan selera dan kesepakatan satu sama lain. Poin penentu modisnya baju batik pasangan untuk anda berdua terletak pada aksen model baju yang ada. Apabila memang untuk pesta tambahkan beberapa aksen pelengkap pada baju istri. Seperti aksen pita pada bagian depan atau model lengan yang lebar.

Motif Batik Kembang Sarimbit

Ini dia corak batik yang paling khas bagi pasangan suami istri. Batik sarimbit memang sering disebut sebagai batik yang seragam antara pakaian suami dan istri. Dan untuk anda, ragam hias kembang pada batik sarimbit tentunya akan cocok sekali.

Meskipun dengan motif sama, bukan berarti kreasi kain pada baju batik suami dan istri juga sama. Buatlah sedikit perbedaan yang mencirikan masing-masing karakter pemakai.

Misalnya, kemeja suami bisa dirancang murni menggunakan kain batik namun dengan corak kain kerah yang berbeda. Atau bisa juga dengan memberikan warna kain yang berbeda di sepanjang kain atau bagian kantong.

Lalu untuk model baju batik istri, cobalah gunakan ide dress rempel kombinasi. Yaitu dengan menggabungkan kain polos berwarna senada dengan batik pada setiap jalur rempel. Dengan begitu, baju batik pasangan tidak akan tampak membosankan.

Motif Batik Madura

Jika masih jarang mendengar Batik Madura, cobalah aplikasikan batik ini pada baju batik pasangan. Batik dengan motif kembang serta tumbuhan dan ciri warna yang berani bisa jadi batik yang sesuai untuk anda berdua.

Biasanya Batik Madura memiliki warna dasar kain hitam yang dicampur dengan ragam hias kembang warna-warni dan ramai. Bagi anda yang senang dengan motif kompleks dan kaya warna tentu batik ini jadi favorit. Namun, untuk anda yang kurang minat dengan motif seperti ini, anda bisa batasi proporsi kain batik pada baju.

Contohnya seperti pada kemeja suami yang hanya menggunakan satu sisinya untuk batik. Sedangkan sisi lainnya cukup ganti dengan kain polos atau kain lainnya yang anda suka. Kemudian untuk baju batik istri, model atasan atau rompi panjang juga tak ada salahnya dicoba. Lalu boleh tambahkan sedikit pemanis seperti pita kain polos atau ornamen non-batik lainnya.

“Lihat juga koleksi batik di Ig https://www.instagram.com/batik_bedjo/

Ingat, rekomendasi baju batik pasangan di atas hanyalah informasi yang bisa anda jadikan sumber inspirasi baru. Jangan terbatas juga dengan semua modelnya karena anda berdua pasti punya selera batik masing-masing, bukan? Asalkan motif batik pada kedua baju sama dengan proporsi yang tidak terlalu sedikit, model baju apapun pasti tampak serasi.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan