You are currently viewing Materi Batik Tulis

Materi Batik Tulis

Latar Belakang Sejarah

Berikut adalah penjelasan dan uraian mengenai batik. Sejarah batik tulis berawal dari udah ada sejak kasultanan majapahit tepatnya nya pada abad ke-18 batik tulis sudah di kenal ada pada zaman itu. Dalam sejarah kain atau busana batik menjadi identitas siapa pemakai nya dan apa ke dudukannya. Seperti motif parang barong yang hanya boleh di pakai oleh sultan dan keluarga kesultanan majapahid. Selain menjadi identitas siapa pemakainya, Kain Batik tulis memiliki filosofi ataupun makna bagi penggunany. Seperti kain motif parang yang menyimbolkan kewibawa’an dan ketegasan. sejarah Materi Batik Tulis

Selanjutnya, Batik Tulis menjadi warisan budaya bagi masyarakat nusantara khususnya jawa, budaya ini telah melekat sejak dulu hingga sekarang. Namun berbeda halnya dengan dulu kini batik sudah banyak berkembang dari segi motif warna, kemudian proses pembuatannya, dan nilai-nilai yang terkandung di dalam batik tulis.

Materi Batik Tulis
Kain identitas batik
Materi Batik

Nilai Yang terkandung dalam Materi Batik Tulis

Budaya Materi Batik Tulis

Yang pertama, nilai budaya yang terkandung di dalam batik. Batik sudah menjadi suatu identitas bagi masyarakat indonesia, hal ini di karenakan batik menjadi peninggalan nenek moyang masyarakat nusantara khususnya jawa. Masyarakat jawa sangat menjunjung budaya dan peninggalan leluhurnya sebagai bentuk penghormatan.

Seni

Selain budaya, Batik mengandung unsur dan nilai seni yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan proses pembuatan yang rumit, Perlu ketrampilan dan keahlian yang khusus. Sudah bukan menjadi rahasia umum, Batik sangat dikenal oleh masyarakat indonesia dan dunia sebagai karya seni dan identitas masyarakat indonesia. Hingga batik di akui UNESCO pada tahun 2009 sebagai budaya dan warisan indonesia yang patut di banggakan. sejarah kain

Komersial

Kemudian terakhir, Nilai komersial yang ada pada batik dapat di lihat dari mulai berkembangnya fungsi batik sebagai pelestarian seni dan budaya masyarakat indonesia khususnya jawa. Hingga kini batik menjadi sumber mata pencaharian masyarakat khususnya di daerah-daerah khususnya di jawa.

Kesimpulan Materi Batik Tulis

Batik sudah ada sejak jaman kasultanan majapahit di abad ke-18 dan terus berkembang hingga sekarang. Kemudian fungsi dan proses batik yang berkembang ada hal lainnya yang dapat di jumpai selain nilai budaya dan nilai seni, seperti nilai komersil menjadikan batik terus di produksi dan di cari selama minat pasar masi besar.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan