You are currently viewing Proses Batik Cap Cetak

Proses Batik Cap Cetak

Pendahuluan. Menjadi salah satu proses batik yang cukup populer sama dengan jenis batik tulis nya. Proses Batik Cap Cetak. Hingga Mulai di kenal setelah perang dunia ke II tepatnya pada abad ke-19. Proses cap lebih sederhana di bandingkan batik tulis dalam proses pengerja’annya di bandingkan dengan batik tulis, hal ini di sebabkan proses Batik cap menggunakan cantik yang berbeda dari batik Tulis. Bentuk canting batik cap lebih besar, Hampir sama dengan cetakan biasanya canting cap berbentuk persegi, bundar, dan lebih bervariasi.

Proses Batik Cap

Dalam prosess pengerja’annya tetap menggunakan lilin atau malam sama dengan batikk tulis, hanya saja dalam pengerja’anya yang berbeda. dan Prosess Batik Cap Cetak. Jika di perhatikan Motif Batik cap cenderung lebih kecil dan pola pada corak atau motifnya lebih beraturan dan presisi. Harga batik cap lebih ekonomis di bandingkan dengan proses batik tulis,. Karena proses cap lebih sederhana dan pengerja’annya lebih cepat di bandingkan dengan proses batik tulis.

Ciri-Ciri Batik Proses Cap Cetak

Ada beberapa ciri batik cap yang membedakan antara batik cap dan batik tulis. diantaranya dalam tampak corak, kemudian detail corak dan motif, dan warna pada batik cap. Yaitu:

  • Segi corak dan detail motif nya. Batik cap umumnya memiliki corak yang sederhana dan cenderung lebih presisi, dan motifnya biasanya lebih kecil. Namun, sama halnya dengan batik tulis. Batik cap jika kainnya di balik maka motifnya akan sama jelasnya dengan bagian baliknya. jadi dua sisi kainnya hampir 80% motif dan coraknya hampir sama.
  • Dalam segi warna pada permuka’an kainnya batik cap akan terlihat lebih pekat pada motif dan coraknya.
  • Batik cap memiliki tampilan motif lebih beraturan di bandingkan batik tulis. Hal ini di karenakan batik cap menggunakan cetakan dalam proses produksinya, berbeda dengan batik tulis yang menggunakan canting tulis motifnya tidak beraturan.

Dalam memenuhi kebutuhan pasar yang semkin tinggi,. Batik cap lebih unggul dibandingkan batik tulis, karena proses pengerja’annya lebih cepat dan sederhana.

proses batik cap
proses batik cap

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan