You are currently viewing Mengenal Batik Tulis Indonesia Dan Ciri Khas Tiap Kotanya

Mengenal Batik Tulis Indonesia Dan Ciri Khas Tiap Kotanya

Batik Tulis Indonesia

Batik merupakan warisan budaya yang masih lestari sampai sekarang. Seluruh dunia juga telah mengakui bahwa batik adalah kain khas yang berasal dari Indonesia. Dan telah digunakan sejak zaman dahulu hingga sekarang. Saat itu hanya ada batik tulis dan batik cap.

Penamaan batik sendiri berasal dari bahasa Jawa ambatik yang mengandung dua kata yaitu amba yang artinya luas dan batik yang mempunyai arti titik atau matik. 

Kemudian seiring berjalannya waktu menjadi batik yang mengandung makna membuat titik atau pola pada kain yang lebar. Atau juga bisa diartikan secara umum merupakan kain yang mempunyai gambar hasil dari teknik tertentu.

Pada tahun 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Hal tersebut membuat batik menjadi semakin populer dan terkenal di seluruh dunia. Dan saat ini batik tidak hanya digunakan untuk pakaian saja, tapi juga untuk tas, sepatu, dompet, dan sebagainya.

Dan apakah kamu sudah tahu bahwa batik tiap daerah mempunyai perbedaan yang khas? Sekarang marilah kita mengenal batik tulis Indonesia dan ciri khas tiap kotanya.

1. Batik Megamendung

Motif batik tulis Megamendung merupakan motif yang berasal dari kota Cirebon. Motif berbentuk awan besar yang berwarna cerah dan menonjol merupakan ciri khas batik ini. Beberapa warna yang paling sering digunakan yaitu merah tua, hijau tua, ungu, dan biru.

2. Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Kota yang menjadi penghasil batik terbesar ini mempunyai motif yang khas yaitu batik Tujuh Rupa. Motif ini mempunyai keunikan yaitu lebih banyak menggunakan tumbuh-tumbuhan dan hewan sebagai gambarnya. Dan biasanya akan sangat cocok jika dipadukan dengan pakaian yang polos.

3. Batik Tulis Parang Rusak

Motif batik yang satu ini sangat populer terutama di kalangan pecinta batik. Dan polanya sangat mudah dikenali yang menggambarkan makna peperangan melawan hawa nafsu dan sifat-sifat yang buruk.

4. Batik Keraton

Dari namanya pasti kita sudah tahu bahwa batik ini berasal dari Yogyakarta yang menjadi pusat kerajaan. Motif batiknya sangat kental dengan nuansa sakral. Namun justru membuat penampilan menjadi lebih elegan dan berwibawa.

5. Batik Tulis Priangan Tasikmalaya

Ciri khas batik Priangan mempunyai corak yang rapat dan rapi. Dan gambar rumput serta tumbuh-tumbuhan yang dijadikan sebagai gambar motifnya.

6. Batik Lasem

Batik Tulis Indonesia

Sesuai namanya, motif batik ini berasal dari kota yang terletak di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Batik Lasem mempunyai ciri khas pada pemilihan warnanya yaitu menggunakan warna yang menyala. Motif batik ini memadukan budaya jawa dengan kebudayaan dari Cina Batik Tulis Indonesia.

7. Batik Bali

Motif batik bali menggunakan warna-warna yang cerah seperti kuning, ungu, atau biru. Biasanya menggunakan gambar hewan sebagai motifnya. Motif batik ini pun juga sangat populer di antara pecinta batik yang berasal dari luar negeri.

8. Batik Tulis Indonesia Pring Sedapur.

Batik tulis ini berasal dari Kota Magetan. Memiliki ciri khas motifnya yang sangat sederhana dan simpel namun masih mengandung makna filosofis. Motif yang paling digunakan adalah gambar bambu yang bermakna hidup rukun dan tentram.

9. Batik Malang

Seperti kota-kota yang lain, Malang juga mempunyai batik yang khas. Keunikannya adalah menggunakan gambar-gambar candi dengan warna yang cerah Batik Tulis Indonesia.

10. Batik Betawi

Batik Tulis Indonesia

Keunikan batik tulis yang berasal dari Jakarta ini cukup mudah dikenali. Karena menggunakan motif acara-acara yang khas dari Betawi seperti ondel-ondel, pucuk rebung, atau nusa kelapa Batik Tulis Indonesia. 

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan