You are currently viewing 5 Hal Tentang Batik Sutra asli yang Perlu Kamu Tahu

5 Hal Tentang Batik Sutra asli yang Perlu Kamu Tahu

batik sutra asli

Batik sutra asli merupakan salah satu jenis kain batik yang menggunakan kain sutra asli sebagai bahan dasarnya. Sifat bahannya yang lembut, enak di pakai, serta tidak licin membuat banyak orang menyukai kain batik sutra ini. Selain itu juga mampu menampilkan kesan yang elok dan menawan.

Jika Kamu termasuk pecinta batik, ada baiknya kamu tahu beberapa hal tentang batik sutra. Agar dapat memilih mana batik sutra yang bagus serta bagaimana cara merawatnya.

1.Bahan Dasar dan Proses Produksi

Bahan dasar dari batik sutra menggunakan kain sutra yang terbuat dari kepompong ulat sutra. Karena kekuatan bahannya yang cukup bagus dan sangat lembut. Namun ada juga yang memakai jenis sutra sintetis. 

Kain sutra ini cukup populer karena mempunyai kualitas yang lebih baik daripada lainnya. Maka tak heran juga jika harga yang di tawarkan biasanta relatif tinggi.

Kebanyakan pembuatan batik dengan kain sutra di lakukan secara manual. Yaitu melukis langsung motif batik menggunakan tangan dan alat batik tradisional. Dan ada juga yang proses pembuatannya menggunakan mesin. Namun jika di lihat dari nilai jualnya, batik yang prosesnya manual lebih tinggi karena mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri.

2.Keistimewaan Batik Sutra asli

Banyak keistimewaan yang di miliki batik sutra ini sehingga membuatnya cukup populer. Salah satunya adalah motif yang unik karena biasanya di buat dengan cara tradisional. Jadi tampak lebih mewah dan elegan walaupun tanpa tambahan aksesoris lainnya.

Bahan dari sutra ini ini juga di percaya dapat menangkal radiasi dari sinar matahari. Untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat, apalagi bagi yang sering beraktifitas di luar ruangan.

Tak hanya itu, batik sutra juga sangat nyaman ketika di pakai. Kelembutan bahannya begitu terasa saat bersentuhan dengan kulit. Sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi siapa yang yang memakainya.

3.Cara Merawat Yang Benar

Penting sekali untuk di perhatikan dalam merawat batik sutra, yaitu tidak boleh di samakan dengan pakaian yang lain. Agar kualitasnya selalu terjaga, maka ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Salah satunya yang paling sederhana adalah membiasakan untuk langsung mencucinya ketika selesai di gunakan. Gunakan deterjen yang lembut dan air hangat. Hindari mengucek dan memeras terlalu keras. Dan jangan menjemur di bawah sinar matahari secara langsung. 

Jika kamu ingin menyetrikanya, gunakan kain untuk melapisi agar tidak menyentuh langsung dengan setrika. Kemudian simpan dengan cara di gantung di tempat yang kering.  

4.Penggunaan Batik Sutra asli

Karena jenis bahannya yang eksklusif dan mempunyai kesan mewah, kain batik sutra sangat cocok di gunakan untuk pakaian resmi maupun formal. Atau bisa juga untuk variasi lainnya seperti selendang, outer, rok lilit, dan lain-lain.

Mengingat harga bahannya yang relatif tinggi, sebaiknya di gunakan untuk pakaian yang tidak membutuhkan banyak bahan. Namun juga tetap memerhatikan model dan penampilan agar kesan mewahnya tetap ada. Sehingga penggunaannya lebih efisien.

Namun kamu juga bisa mengkombinasikan dengan bahan lainnya. Seperti yang di lakukan oleh para desainer pakaian saat ini. 

5.Beberapa Kekurangan

Di samping mempunyai kelebihan, batik sutra juga mempunyai beberapa kekurangan seperti bahan lainnya. Sepertinya harganya yang sangat mahal. Apalagi di buat oleh pembatik yang sudah terkenal.

Selanjutnya untuk merawatnya pun harus mendapat perhatian khusus. Karena perawatannya tidak sama dengan yang lain agar kualitasnya selalu terjaga dengan baik.

Dan cara penyimpanannya pun harus di gantung dan hindarkan dari tempat-tempat yang lembab. Serta jangan menyemprotkan parfum secara langsung karena dapat membuat motifnya cepat memudar.

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan