You are currently viewing Mengenal Batik Prada Emas Dan Ciri Khasnya

Mengenal Batik Prada Emas Dan Ciri Khasnya

Batik Prada Emas

Saat ini batik tidak hanya di gunakan di Indonesia saja, namun juga telah di gunakan di berbagai negara. Di antara penyebabnya adalah motif batiknya yang beragam dan mengikuti perkembangan zaman. Seperti salah satu jenis batik yang cukup populer yaitu batik prada emas.

Batik yang satu ini mempunyai ciri khas yang tidak ada pada batik lainnya. Yaitu warna emas pada motifnya yang memberi efek berkilau. Hal inilah yang membuat sebagian dari para pecinta batik ingin memilikinya. Karena dapat membuat penampilan lebih elegan.

Pengertian Batik Prada

Mungkin yang hal yang pertama kali terngiang ketika mendengar kata Prada adalah salah satu merk fashion terkenal asal Italia. Sayangnya bukan itu yang di maksud. Akan tetapi prada merupakan sebuah kata dalam bahasa Jawa yang berarti emas. 

Jadi yang di maksud dengan batik prada adalah batik yang pewarnaannya menggunakan sentuhan warna keemasan. Baik yang pembuatannya menggunakan teknik batik tulismaupun batik cap. Sehingga tampilannya menciptakan kesan yang mewah dan glamor.

Batik prada di populerkan oleh salah satu desainer batik terkenal yaitu Bapak Iwan Tirta. Dengan bahan kain batik prada, menciptakan busana-busana yang mempunyai efek berkilau. Warna keemasan tersebut membuat pemakainya akan terlihat mewah dan anggun.

Batik Prada Emas

Penggunaan Batik Prada

Batik memang lebih banyak di gunakan pada acara yang resmi atau formal. Terutama untuk batik klasik atau batik pedalaman. Karena memiliki kesan yang lebih eksklusif. Meskipun ada pula yang di gunakan untuk acara yang santai seperti batik kontemporer. 

Seperti halnya batik prada, juga seringkali di gunakan untuk acara pernikahan. Dengan tampilannya yang berkilau akan membuat pengantin akan semakin istimewa. Ritual pernikahan pun bisa berjalan dengan khidmat.

Selain itu, batik prada juga seringkali di gunakan untuk kemeja lengan panjang. Dengan batik yang mempunyai efek berkilau, akan menciptakan kesan yang lebih istimewa di antara yang lain. Sehingga menambah rasa percaya diri ketika memakai kemeja batik prada.

Batik Prada Emas

Perawatan Batik Prada

Terdapat hal yang sangat penting sekali dalam merawat batik yang istimewa ini agar warnanya tetap awet. Di antaranya adalah jangan mencucinya dengan menggunakan detergen. Karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya akan menyebabkan warna batik cepat luntur.

Untuk mencuci batik prada, gunakan sabun khusus yang terbuat dari buah lerak. Dan jangan mencucinya dengan mesin cuci karena tekanannya dapat merusak kainnya. Cucilah dengan tangan secara lembut agar serat benang pada kain tetap awet.

Kemudian untuk menjemurnya pun cukup di angin-anginkan saja. Hindarkan dari sinar matahari langsung karena suhunya yang panas bisa merusak serat benang kainnya. Dan ketika menyetrika, gunakan suhu yang rendah agar kain batiknya tetap lembut dan halus.

Batik Prada Emas

Proses Pembuatan

Warna emas pada batik prada di tambahkan setelah kain telah selesai di lukis dengan motif tertentu. Kemudian di taburi dengan bubuk warna emas secara manual hingga merata ke bagian-bagian yang di inginkan. Kemudian warna tersebut akan melekat pada motif batik karena sudah tercampur dengan lem.

Selain teknik tersebut, ada juga yang langsung menggunakan pewarna emas. Teknik ini di temukan seiring dengan berkembangnya teknologi. Karena para pembatik selalu berinovasi untuk menghasilkan batik yang berkualitas. Dengan cara yang lebih modern, proses pembuatan batik prada akan lebih cepat.

Namun yang membuat istimewa ini adalah proses pembuatannya itu sendiri. Semakin rumit motif dan proses pembuatannya, maka nilainya akan semakin tinggi. Karena di buat dengan cara tradisional maka motifnya pasti akan berbeda dengan batik lainnya.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan