You are currently viewing Rekomendasi OOTD Outer Batik Pesta

Rekomendasi OOTD Outer Batik Pesta

outer batik pesta

Batik menjadi motif yang menarik karena selalu mengikuti perkembangan zaman. Model pakaian dengan paduan motif batik sangat banyak di minati. Salah satunya adalah outer batik pesta yang selalu membuat penampilan lebih anggun dan elegan.

Banyaknya model outer kadang membuat bingung ketika harus menentukan sebuah pilihan yang tepat. Namun tidak perlu khawatir karena kali ini Batik Bejdo akan membantu kamu dalam memilih outer batik untuk pesta. Simak rekomendasinya sampai habis ya!

Follow Instagram Kami DI @Batik_bedjo

Pahami Jenis Kain Batik

Sebelum memilih outer batik pesta, sebaiknya terlebih dahulu pahami jenis bahannya. Kain batik terbagi menjadi 3 menurut teknik pembuatannya. Yaitu batik tulis, batik cap, dan batik cetak atau juga biasa di sebut batik printing.

Teknik pembuatan batik tulis dan batik cap menggunakan malam atau lilin. Dengan pewarna tersebut akan membuat motif menyerap dari depan hingga belakang kain. Sehingga motifnya akan tampak dari depan dan belakang. 

Perbedaan dari keduanya adalah pada alat yang d igunakan untuk membuat pola batik. Batik tulis menggunakan canting tulis, sedangkan batik cap menggunakan canting cap sehingga pola yang di hasilkan lebih seragam.

Batik printing di buat menggunakan mesin dan pewarna kimia. Sehingga warnanya lebih kaya dan lebih hidup. Namun motifnya hanya tampak pada satu sisi saja.

Batik tulis memiliki harga yang lebih mahal di banding lainnya karena proses pembuatannya lebih rumit. Selain itu bahan dasar kain juga berpengaruh. Umumnya yang paling mahal adalah kain batik berbahan sutra.

outer batik pesta

Memilih Motif Outer Batik Pesta

Tentukan motif yang tepat. Seperti kita tahu bahwa motif batik di Indonesia bermacam-macam. Pilihlah yang sesuai dengan tema pesta yang akan kamu hadiri.

Jika ingin tampil elegan di acara pesta yang formal, pilihlan batik tradisional karena memiliki kesan yang lebih eksklusif. Pembuatnya pun bukan sembarangan. Hanya di buat oleh lingkungan keraton.

Motif batik tradisional mengikuti aturan-aturan yang telah ada. Pengerjaannya pun lebih rumit dan lama di banding batik lainnya. 

Batik modern juga bisa menjadi pilihan jika ingin terlihat lebih kekinian. Atau juga di kenal dengan batik pesisir yang mempunyai motif lebih variatif. Karena selain unsur budaya Jawa, pada motifnya juga terdapat unsur budaya asing.

Atau kamu juga bisa memilih outer yang menggunakan kombinasi batik. Jadi, penampilanmu akan lebih modis dan trendy. 

Memilih Model Outer

Ada beberapa model outer batik yang bisa kamu pilih. Yaitu jenis blazer yang paling sering di gunakan, model cardigan, model kimono, dan rompi batik. 

Outer batik pesta dengan model blazer akan menampilkan kesan yang lebih profesional. Karena rata-rata memiliki pola bahu yang tegak sehingga kesannya lebih formal. Meskipun ada juga model blazer yang tetap cocok untuk acara semiformal.

Untuk acara pesta yang santai, kamu bisa memilih outer yang lebih casual seperti outer batik model cardigan. Terdapat banyak pilihan variasi dari model cardigan ini seperti kerah atau tidak serta lengan panjang atau pendek. 

Bisa Di Lihat Koleksi Lainya Di sini

Jika ingin terlihat lebih menarik, outer batik model kimono juga bisa jadi pilihan tepat. Pasalnya, model yang satu ini mempunyai kesan yang lebih santai namun bisa menarik perhatian. Karena model ini terinspirasi dari pakaian tradisional negara Jepang.

Memilih Bahan Outer Batik Pesta

Selain model, pertimbangkan juga bahan yang di gunakan. Pilih bahan yang bisa membuat nyaman ketika bergerak. Dan juga mempunyai sirkulasi udara yang bagus agar tidak cepat gerah atau panas.

Untuk penampilan yang istimewa di acara pesta, outer batik dengan bahan kain sutra bisa jadi pilihan yang cocok. Apapun bahannya, tetap pertimbangkan kenyamanan saat di pakai serta kesan yang muncul ketika memakainya.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan