You are currently viewing 8 Kelebihan dan Kekurangan Batik Sutra

8 Kelebihan dan Kekurangan Batik Sutra

Kelebihan dan Kekurangan Batik Sutra

Kelebihan dan Kekurangan Batik Sutra Kain sutra menjadi primadona dari segala jenis kain yang ada. Siapapun pasti akan bangga memakai pakaian yang terbuat dari kain sutra. Contohnya saja batik sutra. Tidak hanya populer di Indonesia, bahkan juga di seluruh dunia.

Sejak zaman dahulu sutra sudah di gunakan sebagai bahan dasar untuk membuat pakaian. Dan yang selalu menjadi perhatian adalah harganya yang relatif mahal. Sehingga tidak semua orang bisa memakainya. Oleh sebab itu beberapa pakar berusaha untuk memecahkan hal tersebut dengan membuat kain sutra dengan bahan kimia. Hasilnya, saat ini tercipta kain sutra yang harganya lebih terjangkau.

Kain sutra yang asli merupakan jenis kain yang terbuat dari serat kepompong ulat sutera. Kain yang di hasilkan selain kuat, juga lembut dan nyaman ketika di pakai. Serta yang paling istimewa adalah dapat membuat efek berkilau.

Sehingga wajar jika batik sutra memiliki bandrol yang cukup tinggi karena menawarkan kelembutan, kenyamanan, serta kemewahan. Dan biasanya motif pada batik sutra juga mempengaruhi harga tersebut.

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari batik sutra.

1.Awet dan Tahan Lama

Karena di buat dengan proses yang panjang dan rumit, batik sutra mempunyai kualitas yang bagus. Tidak mudah putus ketika masih menjadi benang sekalipun. Sehingga pakaian yang di hasilkan akan awet selama bertahun-tahun.

2.Nyaman Di pakai

Kelebihan berikutnya adalah dapat menyerap keringat dengan sangat baik. Sehingga akan terasa adem ketika memakainya meskipun cuaca sangat panas. Karena sifat kain ini pula, untuk merawat kain sutra harus segera mencucinya begitu selesai di pakai. Untuk mencegah bakteri dan bau yang tidak sedap.

3.Kelebihan dan Kekurangan Batik Sutra Cocok Untuk Semua Jenis Kulit

Kain sutra terbuat dari bahan yang alami, bukan dari bahan kimia. Sehingga selain teksturnya yang lembut, juga tidak mudah menyebabkan alergi pada kulit. Bahkan jarang sekali di temukan orang yang mendapatkan masalah setelah mengenakan batik sutra.

Baca Juga ; 5 Hal Tentang Batik Sutra yang Perlu Kamu Tahu

4.Kelebihan dan Kekurangan Batik Sutra Tampil Elegan

Dari sekian banyak bahan kain, sutra menjadi kain yang paling istimewa. Selain lembut, batik sutra mempunyai efek yang berkilau layaknya perhiasan. Kilauan tersebut  timbul karena di dalam serat benang sutra mengandung fibroin. Yaitu protein yang di hasilkan oleh ulat sutra ketika masih menjadi kepompong. Oleh karena kilauan itulah yang akan membuat penampilan kian elegan.  

5.Melindungi Kulit

Batik sutra menjadi pilihan terbaik bagi yang sering melakukan aktifitas di luar ruangan atau sering terpapar sinar matahari langsung. Selain membuat penampilan menjadi elegan, juga dapat melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Karena di dalam serat sutra terdapat senyawa yang dapat melindungi kulit.

6.Harga Yang Kurang Bersahabat 

Karena proses pembuatannya yang rumit dan lama serta bahannya yang tidak mudah di dapatkan, harga yang di bandrol cenderung lebih tinggi di banding bahan kain lainnya. Sehingga tak banyak orang yang mampu mengenakannya. 

7.Perawatan Khusus

Agar batik sutra tetap awet dan tahan lama, maka harus di lakukan perawatan khusus yang berbeda dengan yang lainnya. Salah satunya adalah dengan segera mencuci ketika sudah selesai memakainya. Kemudian menyimpannya dengan cara di gantung di tempat yang kering agar tidak mudah berjamur.

8.Banyak Tiruannya

Banyak pakar berusaha untuk dapat membuat kain yang memiliki kualitas seperti sutra namun dengan harga yang terjangkau. Dan terciptalah kain sutra berbahan sintetis yang harganya lebih bersahabat. Oleh karena itu ketika ingin memiliki batik sutra, kamu harus jeli dalam membedakan kain sutra asli dengan kain sutra tiruan.

Follow Instagram Kami Di @batik_bedjo

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 1]

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan