You are currently viewing Mengenal 9 Motif Indah Batik Pesisir.

Mengenal 9 Motif Indah Batik Pesisir.

motif batik pesisir

Sesuai namanya, batik pesisir merupakan batik yang dibuat di daerah pesisir. Berbeda dengan batik klasik, batik pesisir mempunyai lebih banyak varian motif batik. Karena menjadi pintu masuk perdagangan di pulau Jawa, sehingga motif batik pesisir biasanya terpengaruh budaya asing. 

Daerah-daerah penghasil batik ini seperti Cirebon, Pekalongan, Tuban, hingga Madura dan kota-kota lainnya. Dan dalam pembahasan ini, Rumah Batik Bedjo akan mengenalkan beberapa batik pesisir yang cukup populer.

1.Batik Cirebon

Batik ini cenderung menggunakan warna yang lebih muda. Seperti salah satu batik yang cukup populer dari Cirebon adalah Batik Mega Mendung. Motif bergambar mega mendung dengan warna yang mempunyai gradasi.

Warna biru mengartikan bahwa masyarakat yang lugas dan terbuka. Serta dapat diartikan sebagai warna langit yang luas pembawa hujan untuk membawa kesuburan dan sumber kehidupan. 

2.Batik Madura

Salah satu motif yang berasal dari Madura adalah Lancor yang merupakan nama dari menara yang berada di alun-alun Pamekasan. Dan biasanya dibuat di atas kain kondang atau premis.

Salah satu ciri khasnya adalah menggunakan warna yang tajam seperti merah, biru, atau kuning. Dengan motif bergambar bunga-bunga atau dedaunan.

motif batik pesisir

3.Batik Pekalongan

Motif batik Pekalongan banyak memasukkan unsur budaya asing seperti India dan Arab. Seperti pada motif batik Jlamprang. Motif yang berbentuk banyak titik, bintang, dan arah mata angin.

Ciri khas Batik Pekalongan adalah warna-warnanya yang senada dengan iklim tropis di Indonesia. Sehingga motifnya beraneka ragam dengan warna-warna yang cerah.

  1. Batik Tuban

Kota yang terletak di pesisir daerah Jawa Timur ini memiliki motif batik yang bernama Gedog. Diambil dari bunyi dog-dog yang berasal dari alat penenun batik. 

Motif batik Gedog mempunyai ciri khas yaitu terdapat duri-duri atau renren. Jadi pada motif yang bergambar apapun, di dalamnya pasti terdapat sulur-sulur yang seperti duri.

motif batik pesisir

5.Batik Priangan

Batik ini juga mempunyai warna cerah yang menjadi ciri khas dari batik pesisir. Seperti contohnya batik Sukapura yang memiliki warna yang kontras.

Motif batik Sukapura memiliki filosofi bahwa kita harus menjaga kelestarian alam. Ada pula corak yang memiliki nuansa khas Parahyangan yaitu gambar bunga anggrek.

6.Batik Magetan

Ciri khas batik Magetan yaitu bergambar pring atau bambu. Sebuah gambar rumpun bambu yang tegak kemudian terdapat gambar bulan di atasnya. Meskipun ada juga beberapa motif yang tidak menggunakan gambar tersebut.

Dan hingga sekarang motif bergambar bambu ini telah banyak di modifikasi untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

7.Batik Bengkulu

Karena kota ini terkenal dengan bunga raflesia, maka tak heran jika ada juga batik yang bermotif bunga raflesia. Batik ini tidak hanya di khususkan untuk bangsawan saja, tapi saat ini juga masyarakat umum bisa memakainya.

Motif yang sangat populer dari Bengkulu adalah batik Besurek. Karena terpengaruh oleh masuknya Islam pada zaman dulu, maka motif yang di gunakan adalah tulisan arab atau kaligrafi. Namun kadang juga di padukan dengan motif yang lain seperti raflesia, burung Kuau, atau kembang cengkeh.

motif batik pesisir

8.Batik Bali

Tak hanya di Pulau Jawa, Bali pun juga mempunyai batik yang cukup populer. Sebut saja batik Singo Barong yang merupakan budaya asli dari Bali. Makhluk mitos ini diimplementasikan ke dalam sebuah motif batik yang unik.

Motif batik ini dipercaya mempunyai filosofi kekuatan serta sebagai penolak hal-hal yang buruk bagi pemakainya. Sehingga motif ini cukup banyak di cari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

9.Batik Lasem

batik pesisir yang sangat khas dari daerah Lasem adalah motif burung Hong. selanjutnya Yaitu burung yang berasal dari mitologi Tiongkok atau biasa juga di kenal dengan phoenix.

Burung yang hampir mirip dengan burung Merak ini mempunyai filosofi kesetiaan, kesantunan kejujuran, keadilan, serta kemurahan hati.

motif batik pesisir

follow ig kami @batik_bedjo

Batik Yang Telah Banyak Terpengaruh Budaya Asing Adalah

batik pesisir ataupun batik dengan wujud bunga tulip yang ialah akibat corak yang berawal dari warga Eropa. tidak hanya itu pula terdapat warna merah yang ialah salah satu warna yang amat disukai oleh bangsa Tiongkok

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan