You are currently viewing Tips Memilih Kain Sutra Untuk Batik

Tips Memilih Kain Sutra Untuk Batik

kain sutra

Jika kamu merupakan pecinta batik dan ingin mencari batik berbahan sutra, tentu pemilihan kain sutra batik menjadi sangat penting sebelum memutuskan untuk membeli. Karena kualitas kain nanti akan berpengaruh pada kenyamanan ketika memakainya. Dan untuk memilih kain sutra batik yang kualitasnya baik, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu kamu ketahui.

1. Pahami Jenis Batik

Sebelum memutuskan untuk membeli, pahami terlebih dahulu jenis-jenis batik. Umumnya kain sutra menggunakan 2 jenis batik yaitu batik tulis dan batik cap. Keduanya memiliki perbedaan dari segi harga dan motifnya.

Batik tulis mempunyai bandrol harga yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan batik cap. Karena proses pembuatan batik tulis lebih rumit dan memakan waktu yang lebih lama. Sedangkan batik cap menggunakan alat cap untuk membuat motif batik sehingga proses pembuatannya tidak terlalu susah dan lebih cepat.

Jika ingin tampil lebih elegan dan lebih berkelas, batik tulis merupakan pilihan yang tepat. Meskipun harganya lebih mahal tapi lebih memiliki nilai eksklusif. Karena di buat dengan alat batik tradisional. Jadi goresan motif batiknya akan berbeda dengan batik lainnya.

Nah sampai di sini kamu pasti sudah paham antara batik tulis dan batik cap. Sehingga kamu bisa menentukan batik mana yang cocok dan bisa menyesuaikan dengan budget yang kamu siapkan untuk membeli kain sutra batik.

2. Bahan Kain Sutra

Kain sutra merupakan kain yang paling mahal di antara jenis kain lainnya. Oleh karena itu tidak banyak orang mampu untuk memilikinya. Sehingga saat ini para pakar teknologi telah mampu menciptakan kain sutra yang lebih ekonomis dan dapat di jangkau oleh banyak kalangan.

Akan tetapi kain sutra dengan bahan kimia ini kualitasnya masih di bawah dari bahan asli. Namun bukan berarti pilihan yang buruk. Karena kembali lagi kepada selera dan kebutuhan yang kamu inginkan.

kain sutra

Dan yang paling penting adalah pastikan kamu tidak akan terkecoh ketika ingin mencari kain sutra asli. Pahami betul perbedaan kain sutra asli dengan tiruan. Karena meskipun hampir sama, tapi kualitasnya masih berbeda jauh.

3. Motif Batik

Banyak sekali motif batik yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari batik Parang, Mega Mendung, Sidomukti, dan sebagainya. Atau jika kamu ingin motif yang lebih modern, bisa memilih jenis batik pesisir yang motifnya lebih beragam.

Pemilihan motif ini mengacu pada kebutuhan penggunaan kain batiknya. Jika tujuannya untuk menghadiri acara resmi atau formal, batik yang motifnya rumit bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena akan terlihat lebih eksklusif. Apalagi kamu merupakan orang yang memegang jabatan atau peranan penting di acara tersebut.

Penting sekali untuk diketahui bahwa batik klasik mempunyai kesan yang lebih elegan yang cocok sekali untuk acara formal. Biasanya batik klasik memiliki warna latar yang gelap seperti coklat, hitam, atau putih kecoklatan. Dan juga ada yang namanya batik pesisir yang memiliki warna lebih cerah. Sehingga lebih cocok untuk acara-acara casual dan santai.

4. Periksa Kualitas Kain

Ketika memeriksa kualitas kain sutra batik, pertama kali adalah dengan menyentuhnya. Tempelkan pada kulit, yang asli memiliki tekstur yang lembut dan sejuk. Dan tidak menimbulkan rasa sedikit gatal saat kain bersentuhan dengan kulit.

Berikutnya, lihatlah bagian depan dan belakang kain. bahan batik  yang bagus memiliki motif yang sama jika di lihat dari bagian luar maupun bagian dalam. Perhatikan juga dengan seksama setiap goresan motif batik. Umumnya batik yang berkualitas bagus mempunyai motif yang lebih rapi dan presisi.

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan