You are currently viewing Pengertian Batik Mega Mendung
pengertian batik

Pengertian Batik Mega Mendung

Pengertian Batik Mega Mendung- Batik megamendung merupakan motig kain batik yang berawal dari wilayah Cirebon. Wujud motif batik khas kota udang ini menyamai wujud awan- awan. Motif batik mega berawan terlah jadi suatu simbol buatan seni kota Cirebon. Motif batik megamendung memiliki karakteristik khas tertentu yang tidak di punyai oleh motif batik di wilayah penghasil batik yang lain.

pengertian batik

Kain batik mega mendung yang telah semenjak lama serta turun menyusut di buat oleh warga Cirebon tidak cuma populer di golongan penggemar batik di Indonesia saja. Motif batik mega berawan pula di apresiasi dengan bagus oleh warga di luar negara. Ini teruji dengan di jadikanya motif batik megamendung sebgai cover salah satu novel yang mangulas mengenai batik yang bertajuk“ Batik Design” buatan Pepin Van Roojen seseorang kebangsaan Belanda.

Baca Juga : Pengertian Batik Semi Tulis, Batik Tulis Asli Dan Batik Tiruan

Tidak hanya besar hati kalau motif kain batik mega mendung memperoleh penghargaan yang bagus di dalam serta di luar negara, kita pula pantas buat ketahui penafsiran batik mega mendung dari bidang asal usul serta filosofi motif batik yang tertuang di atas kain.

Terdapat sebagian opini mengenai asal motif batik mega mendung. Terdapat yang berkata bahawa motif mega mendung merupakan hasil dari akibat pendatang dari negara Cina. Yang pada dahulu kerap mampir di dermaga Ambang Asli, Cirebon serta dikira bawa mengerti Taoisme di mana wujud awan menandakan bumi atas ataupun bumi besar, leluasa serta memiliki arti transidental( Ketuhanan).

pengertian batik
pengertian batik

Terdapat pula yang berkata motif batik mega mendung di adopsi oleh warga Cirebon yang di dapat dari bermacam berbagai novel serta literature senantiasa membidik pada asal usul kehadiran bangsa Cina yang tiba ke area Cirebon. Terdaftar dengan nyata dalam asal usul kalau Sunan Gunungjati menikahi Istri raja Ong Tien dari negara Cina. Sebagian barang seni yang di bawa dari negara Cina antara lain merupakan keramik, piring, kain yang berhiasan wujud awan. Wujud awan dalam beraneka ragam adat menandakan bumi atas pada saat di dapat dari faham Taoisme. Penafsiran batik mega mendung

ialah cerminan bumi besar, leluasa serta memiliki arti transidental( Ketuhanan). Rancangan hal awan ini pula terdapat pada bumi kesenirupaan Islam pada era 16 yang di pakai oleh kalangan Sufi buat pernyataan bumi besar ataupun alam leluasa.