You are currently viewing 4 Model Batik Kerja Pria dan Tipsnya

4 Model Batik Kerja Pria dan Tipsnya

Anda pasti setuju, model batik kerja pria tidak bisa lepas dari kemeja rapi. Model batik pria memang cenderung lebih terbatas dari pada batik wanita yang memiliki segudang model berbeda. Terlebih aturan berpakaian di lingkungan kantor harus selalu rapi. Sehingga kadang sulit untuk berkreasi lebih dinamis agar memberikan kesan yang berbeda.

Namun bukan berarti anda sama sekali tidak bisa memodifikasinya menjadi lebih menarik. Meski masih dalam bentuk kemeja, tampilan unik tetap bisa anda hadirkan sesuai dengan karakter dan selera. Masih belum tahu bagaimana model batik yang tepat untuk busana kerja? Berikut ini sudah kami siapkan model-model batik kerja pria yang bisa anda manfaatkan sebagai referensi merancang. Tapi jangan sampai lupa perhatikan beberapa hal dalam merancang batik kerja pria modifikasi agar tampak prima.

Tips Model Batik  Kerja

Selain membuat anda terlihat rapi, batik juga mencerminkan kesiapan dan ketegasan di lingkungan kantor. Nah, apabila memodifikasi model kemeja batik, pastikan perhatikan beberapa poin ini.

Kreasikan sesuai aturan berpakaian kantor

Beberapa perusahaan memang membolehkan pemakaian busana dengan model bebas asalkan tetap sopan. Tapi sebagian perusahaan lainnya dan instansi pemerintahan mewajibkan karyawan mengenakan kemeja.

Untuk itu baiknya ambil saja jalan tengahnya. Dengan menggunakan kemeja formal yang mengkreasikan penataan motif batik pada beberapa bagian.

Ubah kerah tegak

Kemeja pasti tidak bisa jauh dari model kerah khas kemeja. Kerah seperti inilah yang membuat anda terkesan sangat serius. Maka perlu sekali untuk mengubah gaya kerah dengan bentuk yang lebih santai tanpa menghilangkan sisi formal.

Anda bisa pilih gaya kerah shanghai untuk membuat kemeja sedikit lebih luwes. Atau kerah tegak yang melingkari leher tanpa ada gulungan dan lipatan juga cocok untuk kemeja batik.

Berikan aksen berbeda di beberapa bagian 

Jika kurang nyaman mengenakan model batik kerja dengan banyak modifikasi, berikan saja sedikit aksen di beberapa bagian. Misalnya pada bagian list kantong, kerah, ujung lengan, atau list bawah baju.

Bagian-bagain tersebut bisa anda alihkan dengan penggunaan kain bukan batik, seperi kain polosan. Aksen-aksen ini akan membantu penampilan anda lebih stylish meski konsisten dengan model yang formal.

Pastikan ukuran kemeja pas dengan tubuh

Supaya tampil prima, pastikan bentuk dan ukuran kemeja sesuai dengan tubuh anda. Tapi bukan berarti mengaplikasikan model slim fit yang membuat gerak terbatas. Setidaknya pilihlah kemeja yang tidak kebesaran dari pada ukuran tubuh agar tidak tampak lesu.

Sesuaikan motif batik dengan momen aktivitas

Hal terakhir yang wajib anda perhatikan adalah momen apa yang akan mengisi aktivitas kantor. Apakah itu resmi atau masih dalam suasana yang cukup santai. Masing-masingnya memiliki motif batik yang perlu disesuaikan.

Oleh karena itu, sebaiknya pisahkan batik mana yang pas untuk acara resmi kantor dengan batik yang akan dipakai untuk bekerja.

4 Model Batik Kerja Pria

Bingung model batik kerja apa lagi yang akan anda gunakan besok? Baiknya jangan selalu bertahan dengan model kemeja batik yang itu-itu saja. Yuk, coba alternatif lain dengan sedikit mengubah gaya kemeja batik menjadi lebih menarik. Biar anda lebih mudah mendapat ide, simak 4 model ini.

Model Kemeja Motif Geometris Kombinasi

Jika lebih percaya diri menggunakan motif batik yang geometris, baiknya pilihlah yang memiliki ragam hias tambahan. Seperti kombinasi antara motif parang dengan ragam hias floral atau fauna. Pemilihan motif seperti ini akan membuat kesan kemeja tidak monoton dan lebih sesuai dengan suasana semi-formal.

Dan agar tidak membuat penampilan anda semakin kaku, kemeja berlengan pendek adalah pilihan tepat. Mengapa? Dengan corak batik geometris yang mendominasi, lengan panjang hanya akan membuat proporsi tubuh anda terlihat penuh. Apa lagi jika corak tersebut berukuran besar. Atau bila tertarik, anda pun dapat mengganti batik yang teraplikasi di bagian lengan dengan motif lain. Untuk membuat bagian ini menyatu dengan batik pada bagian lainnya, gunakan saja motif dengan ukuran lebih kecil. Tak lupa sesuaikan juga warna yang cukup senada.

Model Kemeja Batik Setengah Bagian

Mau gaya yang lebih modern? Saatnya coba model batik kerja yang satu ini! Yaitu motif batik otentik ditambah sentuhan trendy dari kain polos berwarna senada. Dari tampak depan, masing-masing kain ditempatkan bersebelahan. Sehingga terlihat penyatuan kombinasinya. Sedangkan untuk bagian belakang, kain batik tetap memenuhi punggung kemeja.

Meskipun bagian kain batik hanya mendapat setengah bagian depan, bukan berarti kedua lengan juga demikian. Bagian lengan umumnya akan tetap diseragamkan, apakah itu sama-sama menggunakan kain batik atau justru kain polos.

Sama halnya dengan kerah yang juga cukup memakai satu jenis bahan. Namun, usahakan porsi untuk kain polos tidak melebihi kain batik. Dengan begitu, kain ini hanya akan menjadi pelengkap yang membuat kemeja lebih menarik.

Model Batik Kerja Motif Diagonal

Mencari kemeja batik kerja yang juga pas untuk momen casual? Model batik diagonal ini jadi alternatif tepat. Posisi ragam hias batik hanya memenuhi bagian samping atas dan bawah secara berhadapan. Sementara bagian tengah kemeja sengaja dibiarkan kosong untuk memberikan nuansa yang lebih santai.

Motif batiknya pun beragam. Apabila anda lebih tertarik dengan sesuatu yang simple namun tetap memikat, Batik Megamendung akan sangat cocok. Selain megamendung, tentu anda dapat memilih motif tumbuhan yang membuat tampilan fresh.

Karena bagian non-batik cukup luas pada bagian depan, baiknya pilihlah kemeja yang menggunakan full batik pada bagian lengan. Sama seperti model sebelumnya, kain non-batik pada model ini hanya akan menjadi sentuhan modern bagi kemeja formal.

Model Kemeja Motif Batik Sepanjang Bagian Kancing

Model batik kerja seperti ini memang cukup jarang dijumpai. Tapi anda bisa coba temukan di beberapa toko online yang khusus menjual kemeja batik. Kemeja unik seperti ini hanya akan memberikan corak batik pada bagian depan tepatnya sepanjang sisi kancing hingga ke bawah. Lengkap dengan corak batik serupa yang memenuhi sisi bawah dan terus melingkar ke bagian belakang kemeja. Meskipun akibatnya ada banyak bagian kosong dari sentuhan batik termasuk ke sepanjang lengan, justru inilah kesan yang membuatnya elegan. Terlebih jika warna dasar kemeja adalah hitam. Maka tidak perlu lagi khawatir kemeja batik bakal terlalu sederhana. Malah model batik kerja ini cukup fleksibel anda gunakan pada waktu kerja biasa hingga kesempatan paling formal sekalipun.

“Baca juga : 4 motif batik pekalongan yang paling populer

Selain 4 alternatif model batik kerja tersebut, masih ada banyak model kreatif lainnya yang bisa anda terapkan. Agar model kemeja sesuai dengan selera memang lebih baik untuk menjahit langsung dari kain batik yang anda dapatkan. Namun, untuk model-model seperti di atas, anda bisa langsung membelinya di toko-toko batik. Karena selain tersebar luas, cara ini tentu lebih praktis dan terjangkau. Selamat berbelanja!

Lihat juga seragam pesta dan seragam kantor lainnya di www.seragampesta.com!

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 4]

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan