You are currently viewing Kenali Ciri Batik Emboss dan Berbagai Kombinasinya

Kenali Ciri Batik Emboss dan Berbagai Kombinasinya

Batik berbahan katun yang adem dan nyaman pastinya sudah biasa anda kenakan pada berbagai jenis busana. Atau mungkin batik dobby dan batik sutra yang pas sekali menampilkan sisi elegan dalam busana formal rapi. Lalu bagaimana dengan batik emboss?

Tidak seperti batik lainnya, batik emboss memiliki karakter tersendiri yang sangat khas. Yaitu ciri yang hanya dimiliki oleh kain ini dan tentunya menjadi variasi baru bagi anda untuk memilih busana batik.

Apalagi kain ini sangat memudahkan anda memadukannya dengan berbagai jenis batik lain sehingga menghasilkan kombinasi yang menarik. Bahkan bukan hanya pakaian saja, aksesoris pelengkap fashion berbahan batik emboss pun mudah anda jumpai.

Boleh jadi anda adalah salah satu dari sekian yang belum terlalu familiar dengan jenis batik ini. Untuk itu inilah saatnya mengenal lebih jauh bagaimana ciri khasnya. Tak ketinggalan dengan beberapa kombinasinya dengan batik biasa yang bisa menjadi referensi sebelum berbelanja. Bagaimana lengkapnya? Yuk simak berikut ini!

Baca Juga : Mix And Mac Batik

Ciri Khas Batik Emboss

Layaknya beberapa batik lain yang menggunakan bahan-bahan tersendiri, batik emboss juga demikian. Ada beberapa ciri yang sangat spesial melekat pada batik ini, antara lain

1.Menggunakan Kain Emboss

Emboss sendiri sebetulnya merupakan nama jenis kain yang melalui serangkaian proses khusus. Lebih spesifiknya nama tersebut didapat dari teknik pencetakan motif yang menghasilkan kain yang sangat berkarakter.

2.Memiliki Motif Yang Serupa Dengan Batik Pada Umumnya

Kain emboss pada dasarnya terdiri dari 2 macam kain, yaitu model polos dan bermotif. Khusus untuk batik emboss, kain bermotif lebih umum digunakan untuk berbagai kreasi padu padan batik.

Jika anda lihat lebih dekat, kain ini memiliki gambaran motif yang cukup mirip dengan batik biasanya. Seperti kembang khas corak Indonesia, ranting dedaunan, masih banyak lagi. Bukan hanya itu, anda pun juga bisa menjumpai batik emboss berpola geometris memanjang maupun melingkar, hingga motif kawung sekalipun, lho.

Berkat inilah kain batik emboss sangat mudah untuk anda kombinasikan dengan kain batik yang lebih kaya warna. Bila dibayangkan mungkin hasilnya akan tampak sangat ramai dan mencolok. Tapi, untungnya kain ini bukanlah kain yang lahir dengan banyak warna.

3.Hanya Memiliki Satu Warna Dasar

Bebeda dengan batik katun, dobby, ataupun batik sutra yang mengandung beberapa variasi warna di selembar kainnya. Hanya terdapat satu macam warna pada batik emboss meskipun motifnya bermacam-macam. Sehingga warna motif yang ada mengikuti warna dasar kain.

Dengan karakter kain seperti ini jangan sampai anda hanya memanfaatkan satu kain saja sebagai pakaian favorit. Tentunya cara seperti itu hanya akan membuat tampilan busana monoton dan kurang menarik.

Itulah mengapa kain batik emboss seringkali dipadukan dengan batik lainnya untuk memberikan kesan fashion yang lebih hidup. Porsinya pun beragam. Ada yang hanya memberikan porsi emboss sebagai aksen pemanis pada beberapa bagian baju. Namun, ada juga yang memisahkan penggunaannya, seperti menempatkan kain emboss untuk bawahan dan batik biasa sebagai atasan.

4.Tekstur Kain Timbul Yang Unik

Inilah salah satu karakter yang paling khas yaitu tekstur kain yang menonjol. Meskipun kain yang bersifat timbul juga dimiliki oleh jenis dobby, tentu tetap berbeda ketika mengenai kulit.

Bukan hasil sulap, tekstur tersebut adalah hasil dari kain yang telah melewati proses khusus, yaitu emboss seperti yang telah dijelaskan. Secara teknis, proses ini memberikan sedikit tekanan-tekanan pada sudut tertentu sehingga menciptakan efek timbul.

Sedangkan apabila dilihat motif akan tampak muncul lebih nyata. Tidak seperti batik kain dengan gambaran motif yang tercetak pada permukaan kain. Tak salah jadinya jika menyebut efek embos ini menambah keunikan pada motif batik, termasuk pada pakaian.

5.Batik Emboss Menggunakan Kain Katun

Bagi anda yang belum terbayang bagaimana kain emboss terasa, tak perlu khawatir akan menimbulkan gerah. Faktanya kain batik emboss menggunakan kain katun, lho. Sehingga apapun model busananya anda tetap bisa bergerak nyaman tanpa terganggu baju yang resisten terhadap keringat.

Selain ramah dalam cuaca apapun, kainnya yang mudah diarahkan dan tidak licin pastinya juga tak akan menyulitkan anda ketika menjahit.Model dan jahitan pun akan sangat minim berubah. Bisa dibilang inilah salah satu pilihan tepat bagi anda yang lebih senang membuat pakaian sendiri sehingga sesuai dengan selera.

Macam-Macam Kombinasi Batik Emboss

Dari kelima ciri tersebut, bisa disimpulkan batik ini cocok sekali menjadi busana-busana rapi untuk menghadiri pernikahan atau acara keluarga lainnya. Agar tampil lebih memukau pastinya anda tak mungkin mengenakan kain batik emboss saja. Perlu ada beberapa tambahan kombinasi kain lainnya yang menyesuaikan selera.

Untuk itu, yuk sontek sedikit beberapa ide padu padan dan model busana di bawah ini sebelum yakin membeli. Mulai dari pakaian pria siap pakai hingga busana wanita yang banyak pilihan bisa anda coba, seperti berikut ini.

1.Hem Batik Emboss

Khusus untuk pria yang ingin tampil elegan namun tetap praktis tanpa banyak melakukan mix and match, hem ini adalah solusinya. Ada cukup banyak jenis hem batik emboss yang terjual dengan berbagai model motifnya. Namun, ada baiknya memilih model yang menempatkan motif batik secara parsial saja. Otomatis akan ada bagian lain yang menunjukkan ciri khas kain hasil emboss yang sedikit mengilap.

Model hem seperti inilah yang sangat cocok menampilkan kesan busana mahal sekaligus etnik tanpa harus menambahkan aksesoris lain. Meski simple, harganya pun cenderung bervariasi tergantung kerumitan dan keindahan motif batik.

2.Setelan Kebaya Emboss

Bagi wanita, setelan kebaya emboss dengan rok batik menjadi jawaban yang sangat tepat. Pada model busana yang satu ini, anda hanya perlu mengenakan kedua pakaian tersebut sebagai atasan dan bawahan. Supaya masing-masing elemen tampak harmonis, kunci utamanya adalah memilih warna yang serasi. Anda bisa menyesuaikan warna kebaya dengan warna dasar kain rok batik atau dengan warna mayoritas motifnya. Selain itu selendang berwarna senada dengan rok batik juga mampu menambah variasi agar tak terlihat terlalu sederhana

3.Tas Batik

Setelah siap dengan pakaian, ini saatnya lengkapi penampilan dengan menggenggam tas tangan unik berlapis batik dan kain emboss. Aksesoris ini akan sangat mudah anda temukan di pusat perbelanjaan khusus batik. Pilihan warna dan motifnya pun beragam sesuai selera.

Ada baiknya untuk memilih tas berwarna yang sedikit lebih terang atau lebih gelap dari setelan pakaian. Ini bertujuan tak lain untuk memberikan highlight pada tas sehingga look anda tak tampak membosankan. Meski demikian, hal ini kembali lagi pada selera pribadi, ya.

Batik Embos
Nah, itulah beberapa ciri dan referensi jenis pakaian hingga aksesoris batik emboss yang bisa anda coba. Ingat untuk selalu utamakan kualitas barang sebelum membeli. Boleh jadi harga yang murah tak menjamin kenyamanan meskipun tampak menjanjikan sebelum digunakan. Tetap teliti memilih dan selamat berbelanja!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan