You are currently viewing Bersih Maksimal! Ini Dia Cara Menghilangkan Noda Pada Batik

Bersih Maksimal! Ini Dia Cara Menghilangkan Noda Pada Batik

Cara Menghilangkan Noda Pada Batik

Mengenakan batik adalah kebanggan tersendiri bagi warga negara Indonesia. Kawan batik pasti juga merasakan hal yang sama. Batik memang begitu memancarkan karakter diri sampai akhirnya tampak kurang maksimal lagi karena terkena noda. Kalau sudah begini artinya anda perlu penanganan dengan beberapa cara menghilangkan noda pada batik, nih.

Untungnya, Batik Bedjo punya solusinya. Pada artikel kali ini anda akan memahami bahan-bahan apa saja yang tepat untuk menghilangkan noda. Tak hanya itu, setiap bagiannya juga akan lengkap dengan cara pembersihannya. Tapi, sebelum itu pahami dulu penyebab noda yang bisa anda bersihkan, ya.

Apa Penyebab Noda Pada Batik?

Ada banyak sumber noda yang membuat batik anda tidak lagi tampil prima. Meski tidak semuanya tergolong berat, namun anda tetap harus perhatikan semua karakteristik noda. Penyebabnya antara lain :

  1. Noda makanan
Cara Menghilangkan Noda Pada Batik

Walaupun kain batik punya banyak motif, tetap saja tidak bisa menyembunyikan tumpahan noda makanan. Jenis noda ini memang paling banyak mengorbankan baju batik dari pada jenis lainnya. Terkadang mudah dibersihkan, tapi juga seringkali sulit.

Jika tumpahan tergolong kuah bening, tentu tidak akan terlalu terlihat meski telah beberapa jam lamanya. Memang mudah dibersihkan, namun tetap saja meninggalkan kesan yang kurang nyaman.

Beda halnya dengan bekas noda kuah berwarna pekat, sisa nodanya cenderung lebih tahan lama. Apalagi jika baru anda sadari setelah beberapa lama, sudah pasti noda sulit hilang dalam seketika.

2.Jamur Yang Tumbuh

Cara Menghilangkan Noda Pada Batik

Untuk penyebab yang satu ini sangat mungkin terjadi apabila batik cukup lama tersimpan dalam ruang tertutup. Terlebih wadah atau ruang penyimpanan batik terbuat dari kayu tanpa ada sirkulasi udara.

Tingkat kelembapan pun jadi meningkat yang kemudian membuat bahan-bahan katun berpori besar mudah menyerap kadar uap air. Dari sinilah timbul jamur berwarna putih atau justru hitam.

Bukan hanya itu, baju batik juga ikut berbau tak sedap. Masalah lengkap seperti ini perlu sekali anda tangani secara telaten agar betul-betul hilang.

3.Noda Cat

Siapapun pastinya tak ada yang ingin baju favorit sampai terkena cat basah. Noda ini termasuk salah satu yang cukup sulit untuk dibasmi menyeluruh, terlebih ketika sudah mengering. Namun, terkadang sulit sekali menghindari kemungkinan-kemungkinan bagian baju tak terkena hal-hal asing lain.

4.Hasil Penyemprotan Parfum

Inilah mengapa menggunakan parfum selalu disarankan agar tidak secara langsung. Penyemprotan parfum tanpa melapisnya dengan kain lain terbukti meninggalkan noda khas yang sulit hilang. Alasannya kandungan kimia pada parfum setidaknya cukup keras bagi serat kain yang lembut.

Meskipun noda tidak langsung muncul dalam sekali pemakaian parfum, namun lama kelamaan ini dapat membahayakan ketahanan kualitas warna batik anda. Lebih-lebih pada batik tulis, penggunaan parfum harus menjadi ekstra hati-hati.

Cara Menghilangkan Noda Pada Batik Berbagai Bahan

Sabun atau detergen memang selalu menjadi andalan untuk menghilangkan noda. Tapi, pada batik yang punya karakter spesial, ada baiknya gunakan bahan-bahan alternatif lainnya. Tidak hanya akan membuat batik terlihat kembali baru, cara seperti ini juga ikut menjaga kualitas kain tetap maksimal. Apa saja, ya?

1.Vetsin

Cara Menghilangkan Noda Pada Batik

Selain terkenal sebagai penyedap masakan, vetsin atau MSG juga ampuh melunturkan noda membandel pada batik. Kuncinya, anda pelu mencampur vetsin ini dengan detergen ramah batik atau sabun khusus untuk batik agar bersih bersamaan.

Takaran vetsin harus lebih banyak dari pada sabun agar berkerja lebih optimal. Kemudian larutkan semuanya menggunakan air hangat supaya campuran kedua bahan efektif meluruhkan kerak noda.

Mengucek baju langsung setelah masuk ke dalam larutan memang diperbolehkan. Akan tetapi, ada baiknya untuk rendam baju terlebih dahulu sehingga kandungan pembersih bisa lebih meresap ke serat kain. Dengan begitu pengucekan juga jadi semakin mudah dan cepat.

Setelah itu barulah anda dapat membilasnya berulang kali untuk menghilangkan larutan vetsin yang menempel lama.

2.Bedak Tabur

Cara Menghilangkan Noda Pada Batik

Bila butuh pertolongan pertama menghilangkan noda tanpa harus merendam bersama sabun, bedak tabur menjadi solusi yang tepat. Anda bahkan bisa selalu sedia bedak tabur kemanapun untuk kebutuhan darurat.

Caranya cukup mudah. Hanya dengan menaburkan bedak yang cukup ke atas noda lalu biarkan hingga melembap. Supaya lembap lebih baik, anda juga dapat percikkan sedikit saja air. Ingat, jangan sampai basah. Hanya cukup daerah bedak lembap saja.

Tunggu beberapa saat lalu usap perlahan untuk memberikan efek tergosok pada noda agar mudah terangkat. Setelah beberapa kali usapan, bilas bekas beda dengan sedikit air asalkan mampu menghilangkan yang tersisa. Pertolongan noda darurat pun selesai!

4.Air Jeruk Lemon

Cara Menghilangkan Noda Pada Batik

Alternatif alami lain yang bisa anda coba adalah melalui air perasan jeruk lemon. Bagi baju jenis lain, kandungan asam dari air perasan ini seringkali dianggap sebagai pengganti pemutih yang efektif. Sementara untuk baju batik sendiri, efeknya kurang lebih tidak sampai merusak serat kain dan memudarkan warna asli.

Anda hanya memerlukan air perasannya dan garam. Campurkan kedua bahan tersebut sambil larutkan bersama dengan air hangat. Setelah itu, pastikan rendam terlebih dahulu baju batik selama beberapa saat agar kandungan larutan bekerja lebih baik.

Kucek seperti biasa terutama pada bagian noda dengan kekuatan sedang agar serat kain tetap utuh. Bilas dengan air bersih dan keringkan cukup menggunakan angin.

5.Kulit Jeruk

Cara Menghilangkan Noda Pada Batik

Bukan Cuma air perasannya. Kulit jeruknya juga bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan noda batik, lho. Kalau sebelumnya anda perlu merendam baju ke dalam larutan campuran, kali ini rendam saja baju pada air hangat.

Sambil menunggu, siapkan juga kulit jeruk yang bulir dalamnya sudah diperas. Angkat rendaman lalu gosokkan bagian dalam kulit jeruk pada noda. Gosok hingga noda menghilang namun jangan sampai terlalu keras.

Usahakan agar noda tidak melebar ke bagian lainnya sembari sesekali celup kain ke dalam air rendaman. Lakukan berulang kali dan baju batik pun siap. Dengan begitu, noda terangkat dan kualitas kain tetap terjaga.

6.Cuka

Cara Menghilangkan Noda Pada Batik

Perawatan batik dari noda selanjutnya bisa anda coba dengan menggunakan kandungan asam dari cuka. Karena asamnya cukup pekat, maka sebelum membersihkan batik larutakan terlebih dahulu bersama air. Akan lebih baik menggunakan air hangat.

Setelah tercampur, rendam kain beberapa saat lalu kucek perlahan bagian noda. Pembersihan bisa anda lakukan sambil mencelup-angkat kain. Selanjutnya bilas berkali-kali agar menghilangkan cuka yang melekat.

Selain melunturkan noda, menggunakan cuka pada fase ini juga sekaligus menjaga warna batik tetap awet. Sekali cuci, dua manfaat langsung anda dapat, kan?

Cara Menghilangkan Noda Pada Batik

Kesimpulan

Nyatanya tak sulit mengaplikasikan cara menghilangkan noda pada batik lewat berbagai bahan alami. Bukan hanya efektif mengangkat noda, kandungannya juga sangat aman menjaga kualitas kain batik dan warnanya. Karena bagaimanapun warna uniknya adalah salah satu sisi estetik yang membuat batik itu sendiri berkarakter.

Dan untuk mencari batik yang berkarakter kuat baik dari sisi warna maupun motif sama sekali tidak sulit, lho. Sekarang juga anda bisa langsung akses berbagai pilihan batik dari Batik Bedjo yang siap memberikan anda banyak alternatif. Langsung pilih, langsung bayar secara online, dan tinggal tunggu pesanan anda tiba dengan aman.

Praktis, kan? Kapan lagi belanja batik asli semudah ini. Yuk, cek keranjang anda sekarang!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan