You are currently viewing 10 Motif Batik Banyumas Purwokerto Yang Paling Populer

10 Motif Batik Banyumas Purwokerto Yang Paling Populer

atik Banyumas Purwokerto

Jawa Tengah merupakan salah satu Provinsi yang banyak terdapat kota penghasil batik yang sangat terkenal. Salah satunya adalah batik Banyumas Purwokerto yang popularitasnya tak kalah dengan batik Jogja maupun batik Pekalongan. Dan hingga kini batik ini telah banyak di pakai oleh kalangan pecinta batik sebenarnya selanjutnya .

Batik Banyumas mempunyai motif sangat khas yang membedakan dengan batik dari daerah lainnya. Masih di pengaruhi gaya batik keraton namun dengan corak yang inspirasinya di ambil dari kondisi di Banyumas faktanya . Warna lebih cenderung gelap seperti merah soga atau gading kemerahan.

Perkembangan batik di Banyumas bermula dari daerah Sokaraja. Dan hingga saat ini masih menjadi sentra pembuatan batik. Di antara motif batik Banyumas yang populer adalah sebagai berikut :

1.Motif batik Banyumas Purwokerto Alas Roban

Nama motif batik ini diambil dari nama hutan di Jawa Tengah yang cukup terkenal yaitu Alas Roban. Di hutan tersebut terdapat jalur transportasi yang banyak berupa tanjakan curam. Dan konon pada zaman penjajahan Belanda, hutan tersebut dijadikan tempat pembuangan mayat-mayat korban penyiksaan. Sehingga di tempat tersebut seringkali muncul cerita-cerita horor.

Baca Juga ; 5 Ciri Khas dan Motif Batik Banyumas, Beda Dari Batik Lainnya!

2.Motif batik Banyumas Purwokerto Merak Buketan

Motif ini bergambar merak dengan ornamen bunga-bunga. Kemudian terdapat lingkaran-lingkaran kecil yang membentuk garis sejajar secara menyilang. Menggunakan warna latar putih kecoklatan dan warna motif yang gelap. Burung merak yang menjadi motif utama mempunyai makna lambang keagungan, keindahan, serta pelindung dari bahaya.

3.Motif batik Banyumas Purwokerto Sapu Jagad

Berisi beragam corak berupa dedaunan dan bunga. Keragaman motif batik sapu jagad mencerminkan masyarakat yang harmonis. Penggunaan warna hitam pada latar kain membuat batik ini cocok untuk dibuat kemeja lengan panjang. selanjutnya Maka tak heran batik ini selalu jadi pilihan untuk menghadiri acara-acara resmi.

4.batik Banyumas Purwokerto Motif Sekar Tirta

Ciri khas batik ini terletak pada penggunaan warna sogan yang gelap dan pekat. Berisi gambar yang berbentuk tanaman air. Mempunyai filosofi air sebagai sumber kehidupan.

5.Motif Serayuan Biru

Berbeda dengan motif batik Banyumas sebelumnya, batik ini menggunakan warna yang cerah dan kontras selain itu . Penggunaan warna biru sebagai simbol warna sungai terbesar yang terletak di Kota Banyumas. Diisi dengan motif bergambar ikan serta dihiasi dengan aneka tumbuhan. Motif ini menggambarkan kondisi geografis di kota tersebut.

6.Motif Udan Liris

Motif batik ini mempunyai filosofi kesabaran dalam menghadapi berbagai rintangan hidup. Berisi gambar bunga serta dedaunan sebagai ornamen yang hampir merata di setiap kain batik. Dengan menggunakan batik ini, dipercaya mampu menghadirkan semangat baru dalam menjalani kehidupan.

Follow Instagram Di sini @batik_bedjo

7.Motif Bawor Kembar Merah

Pada batik Banyumas yang satu ini mengambil inspirasi dari tokoh pewayangan Banyumas. Di tambah dengan ornamen dedaunan dan parang yang menambah kesan mewahnya.

8.Motif Kawung Jenggot

Hampir setiap darah memiliki motif Kawung. Bedanya terdapat corak seperti jenggot di dalamnya. Sebuah motif yang  di buat pertama kali oleh salah satu sultan dari kerajaan Mataram selanjutnya Memiliki corak yang sederhana dan simpel. sehingga Dengan pemilihan warna yang sedikit lebih cerah namun tetap be rnilai klasik.

9.Motif Sawung Alit

Motif ini menggunakan gambar burung-burung yang dihiasi dengan bunga-bunga. Seolah burung tersebut beterbangan diantara bunga-bunga. Mempunyai filosofi yang bermakna kebebasan.

10.Motif Pasukan Kelelawar

Inilah satu-satunya motif batik Banyumas  yang terkesan mistis. maka dari itu Karena berisi motif berupa gambar kelelawar yang berjajar rapi dan di hiasi dedaunan pada bagian tepi. Dengan warna orange kemerahan yang mengesankan karakter yang kuat. 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan