You are currently viewing 3 Tips Memilih Baju Batik Pria Modern Untuk Acara Formal.

3 Tips Memilih Baju Batik Pria Modern Untuk Acara Formal.

Baju Batik Pria Modern

Batik merupakan warisan budaya yang masih lestari sampai saat ini. Hampir semua kalangan memakai batik untuk acara resmi maupun santai. Termasuk bagi pria yang membutuhkan baju batik pria modern untuk menghadiri berbagai acara-acara formal. 

Dengan mengenakan baju batik, penampilan akan lebih elegan dan eksklusif. Dapat mencerminkan pribadi yang tenang dan berwibawa. Dan dari tiap motif batiknya memberi kesan tersendiri sesuai dengan makna filosofinya. Oleh karena itu batik selalu menjadi pilihan utama ketika akan menghadiri acara resmi.

Saat ini ada banyak sekali motif batik dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti batik dari Solo, Pekalongan, Kediri, Banyumas, dan sebagainya. Belum lagi jenis kain yang di pakai pada setiap jenis batik seperti kain mori, dobby, shantung, hingga sutra. 

Banyak jenis batik justru kadang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menentukan pilihan. Oleh karena itu, kali ini Rumah Batik Bedjo akan memberikan tips memilih baju batik pria untuk acara formal. 

1. Memilih Bahan Kain Batik

Pertimbangan pertama ketika memilih baju batik adalah memilih bahan kain. Karena setiap batik menggunakan bahan kain yang berbeda-beda. Jadi alangkah baiknya mengetahui beberapa bahan yang sering di pakai untuk kain batik. Tujuannya untuk mengetahui karakter dan kualitas bahan kain, serta untuk memperkirakan harganya.

Beberapa jenis kain yang sering di gunakan untuk bahan membatik antara lain :

a. Kain Mori arau Cambrics

Kain ini adalah bahan yang paling sering di gunakan untuk membatik. Terbuat dari serat kapas yang berwarna putih. Selain sifatnya yang cukup halus, kain ini juga lebih mudah menyerap pewarna dari batik. Sehingga kebanyakan para pembatik menggunakan kain ini.

b. Kain Paris

Jika ingin bahan yang lembut dan tidak kaku, kain ini bisa di jadikan pilihan. Meskipun terlihat tipis, tapi kualitas juga kuat seperti bahan lainnya. 

Baju Batik Pria Modern

c. Kain Dobby

Terbuat dari campuran katun dan polyester, sehingga lebih halus dan nyaman ketika di pakai. Kain dobby ini mempunyai tekstur garis-garis yang abstrak. Sehingga kain ini banyak di minati oleh kalangan menengah dan keatas.

Baca Juga : Bukan Cuma Wanita, Mix and Match Batik Pria Ini Juga Wajib Di coba!

d. Kain Sutra

Kain ini merupakan kain yang paling istimewa. Selain mempunyai serat yang kuat dan tidak mudah robek, kain sutra memiliki tekstur yang halus dan lembut. Tak hanya itu, kain sutra juga mempunyai daya serap yang lebih baik sehingga nyaman dan tidak mudah gerah ketika di pakai. Sehingga sangat cocok di buat baju batik pria untuk cara yang formal.

Baju Batik Pria Modern

2. Jenis Batik

Dalam pembuatannya, terdapat tiga teknik yang di gunakan. Dan masing-masing dari teknik tersebut menghasilkan kualitas batik yang berbeda-beda.

a. Batik Tulis

Batik inilah yang paling istimewa di antara batik lainnya. Karena di buat dengan cara tradisional menggunakan canting. Sehingga memerlukan waktu yang lebih lama dan membutuhkan kemampuan yang cukup tinggi. Agar menghasilkan motif batik yang benar-benar indah dan penuh dengan filosofi.

b. Batik Cap

Meskipun masih tergolong tradisional, namun teknik ini lebih cepat karena menggunakan cap sebagai alat membatiknya. Cara kerjanya hampir sama dengan stempel. Yaitu dengan menempelkan cap yang sudah mengandung pewarna ke permukaan kain.

c. Batik Printing

Seiring perkembangan teknologi, saat ini batik dapat di buat dengan waktu yang lebih cepat menggunakan mesin printing. Sehingga harganya pun relatif lebih terjangkau. Bedanya, motif batik hanya tampak dari satu sisi permukaan kain saja.

3. Memilih Motif Baju Batik Pria Modern Dan Warna Bati

Batik memang kaya akan motifnya. Namun jika ingin memilih baju batik pria untuk acara yang formal, kamu bisa memilih motif batik klasik atau batik pedalaman yang kebanyakan warnanya cenderung gelap. Seperti batik Solo atau batik Jogja yang dulunya hanya di gunakan oleh kalangan bangsawan saja. 

Baju Batik Pria Modern

follow Instagram Kami @batik_bedjo

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan