You are currently viewing 3 Tips Memilih Outer Batik Untuk Wanita

3 Tips Memilih Outer Batik Untuk Wanita

Outer Batik Untuk Wanita

Saat ini baju batik bukanlah pakaian yang ketinggalan zaman. Model dan motif batik yang yang sangat beragam menjadikannya cocok untuk dikenakan oleh siapa pun. Salah satu busana yang cukup banyak di gunakan adalah outer batik wanita.

Banyak sekali model outer yang sering kita lihat mulai dari outer lengan pendek, lengan panjang, tanpa lengan, dan lain-lain. Tiap model pasti mempunyai style yang berbeda-beda. Tinggal bagaimana menyesuaikannya dengan suatu acara yang akan di hadiri.

Untuk memilih outer batik wanita, Rumah Batik Bedjo mempunyai beberapa tips. Semoga tips ini dapat membantumu dalam memilih outer yang cocok.

1.Mengenali Jenis Batik

Jika di lihat dari teknik pembuatannya, kain batik terdiri dari tiga jenis. Yaitu batik tulis, batik cap, dan batik yang di buat dengan mesin yaitu batik printing. Ketiganya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Batik tulis menggunakan teknik pembuatan yang masih tradisional. Oleh karena itu pembuatannya lebih lama dan lebih rumit. Namun justru di situlah letak keistimewaannya. Goresan motif batik yang di hasilkan mempunyai ciri khas yang unik dan tidak akan sama dengan batik lainnya.

Sedangkan batik cap menggunakan alat tradisional yang dapat mempercepat proses pembuatan batik. Sehingga hasilnya lebih rapi dan presisi. Dan juga gambar motif yang di hasilkan mempunyai kesamaan di setiap bagian kain.

Berbeda dengan teknik pembuatan batik tulis dan batik cap, batik printing di buat menggunakan mesin. Sehingga selain prosesnya lebih cepat, motif yang di hasilkan pun lebih beragam. Ciri-ciri batik printing adalah motifnya hanya tampak pada satu sisi permukaan kain saja.

2.Memilih Motif Outer Batik

Setiap daerah penghasil batik mempunyai ciri khasnya masing-masing. Namun secara garis besar, motif batik di bedakan menjadi dua yaitu batik pedalaman dan batik pesisir. Dan kedua motif tersebut mempunyai kesan yang berbeda.

Batik pedalaman lebih cocok di gunakan untuk acara yang resmi dan formal. Karena biasanya memiliki warna yang lebih gelap dan motifnya yang tergolong rumit. Sehingga kesan yang muncul ketika menggunakan outer batik dengan motif batik pedalaman adalah lebih anggun dan elegan.

Untuk penampilan yang lebih modern dan di gunakan untuk acara yang kasual, akan lebih cocok menggunakan outer yang menggunakan bahan kain batik pesisir. Karena kebanyakan menggunakan warna yang cerah dan lebih variatif. Sehingga memberi kesan yang modern, feminim, dan trendy.

3.Memilih Model

Tak semua model cocok di gunakan untuk sebuah acara. Karena harus mempertimbangkan kenyamanan, jenis acara, serta kesan yang ingin di tampilkan. Sehingga perlu kejelian dalam memilih model outer yang cocok.

1.Outer Model Blazer

Umumnya memiliki kerah leher dan bahu yang tegak atau kaku. Kamu bisa memilih model ini jika ingin tampil lebih profesional tapi masih santai. Selain untuk acara casual, outer batik ini juga cocok di gunakan untuk acara semi formal.

2.Outer Model Cardigan

Mungkin inilah model yang paling banyak di gunakan karena lebih stylish dan trendy. Cocok di gunakan untuk berbagai acara yang santai. Panjang bajunya pun beragam. Ada yang sepinggang, tiga seperempat, dan ada juga yang panjangnya sampai kaki.

Koleksi Lengkapnya di sini

Outer Batik Untuk Wanita

3.Outer Model Kimono

Jika di lihat dari namanya, model outer ini memang terinspirasi dari baju tradisional negara Jepang. Memiliki ciri khas yaitu lengan yang lebih lebar sehingga lebih flowy. Kalau outer yang satu ini, sangat cocok untuk acara santai.

Outer Batik Untuk Wanita

4.Outer Model Vest

Untuk tampil lebih trendy, outer batik model vest mungkin adalah pilihan yang paling cocok. Apalagi sebagai pelengkap baju gamis. Karena tidak mempunyai lengan, sehingga memberikan kesan yang simpel dan sederhana.

Follow instagram kami di @batik_bedjo

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan