You are currently viewing 6 Model Batik Lebaran Wanita Tahun 2022

6 Model Batik Lebaran Wanita Tahun 2022

batik lebaran wanita

Halo semua, tidak terasa sudah tahun 2022 saja nih! Dengan bergantinya tahun, tidak terasa juga bahwa dalam beberapa bulan kita akan menghadapi lebaran Idul Fitri dan lebaran Idul Adha. Karena itulah pakaian baru, termasuk batik lebaran wanita jadi salah satu yang di buru untuk dikenakan nanti.

Bukan tanpa alasan, momen lebaran merupakan kesempatan yang tepat bagi Kawan Batik untuk bertemu kembali dengan saudara serta teman-teman. Itu sebabnya kamu pasti ingin terlihat menarik dan modis, bukan? Nah, pakaian yang baru adalah pilihan terbaik karena beragam modelnya sangat sesuai dengan tren terbaru.

Dengan banyaknya model baju batik akhir-akhir ini, Batik Bedjo ingin merekomendasikan baju batik lebaran wanita yang bisa kamu pilih, nih. So, tidak perlu lagi khawatir kebingungan memilih desain baju lebaran yang tidak hanya terlihat trendy tapi juga bernuansa tradisional. Berikut adalah rekomendasi kami untuk lebaran tahun 2022!

Gamis Batik

Berkat model terusan tertutupnya, gamis cukup identik dengan pakaian wanita muslim, sehingga seringkali di kenakan saat acara keagamaan. Mulai dari acara pengajian, hingga lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha.

Terlebih, pemakaian baju ini sangat simpel sekaligus tetap menonjolkan motif-motif yang cantik. Tampil lebih nyaman tanpa harus menambahkan banyak pemanis busana. Maka tak salah jika gamis batik tetap membuatnya menjadi pilihan pada lebaran tahun 2022.

Penggunaannya yang lebih sering untuk momen keagamaan, ternyata ada kaitannya dengan asal gamis itu sendiri, lho. Pakaian ini awalnya berasal dari Timur Tengah, khususnya dari negara-negara Islam. Kebanyakan model hanya memiliki warna dasar tanpa motif yang mencolok. Namun seiring era yang berkembang, kini motif gamis juga makin kaya, salah satunya motif batik.

Untuk batik lebaran wanita, gamis batik adalah pakaian modis yang cukup sering di kenakan. Motif batik yang menarik dapat di padukan dengan hijab polos sehingga menetralkan keramaian desain namun tetap terlihat menarik. Sangat cocok di gunakan untuk bertamu dan silaturahmi dengan keluarga ataupun rekan.

Abaya Batik

Mirip dengan gamis, namun abaya memiliki desain yang lebih lebar di bagian bawah. Selain itu variasi nya pun juga tergolong lebih banyak. Motif batik yang ada pada abaya berada pada bagian tengah abaya. Mulai dari sekitar leher dan pundak kemudian memanjang hingga menyentuh sisi bawah baju.

Desainnya elegan dan menarik membuatnya mudah di padukan dengan tas ataupun ornamen lain favoritmu. Kamu juga bisa tambahkan hijab dengan model sedemikian rupa agar meningkatkan rasa manis pada pakaian yang di kenakan.

Panjang baju ini jatuh hingga menutupi bagian bawah mata kaki, sehingga sangat cocok di gunakan untuk bertamu dengan keluarga ketika lebaran. Walau tampaknya hampir sama dengan gamis, sebetulnya abaya tidak menutup bagian bawah kaki. Dengan begitu kamu tetap bisa menunjukkan sepatu pilihanmu yang sesuai dengan warna abaya.

Bagi kamu yang ingin mencoba gaya lain, batik model abaya patut di coba.

Tunik Batik Lebaran Wanita

Model batik lebaran wanita selanjutnya adalah Tunik Batik. Tunik merupakan sebuah pakaian longgar yang menutupi dada, bahu serta punggung. Di Indonesia, tunik ini tidak hanya di gunakan oleh kaum muslim, tetapi juga kalangan lainnya. Hal ini berkat desainnya yang tidak begitu panjang seperti gamis ataupun abaya. Jadi tetap memiliki pilihan panjang baju dan panjang lengan.

Ada beberapa variasi panjang lengannya, seperti long sleeve, ¾ sisi, sepanjang sikut, ataupun tanpa lengan. Sedangkan untuk panjangnya sendiri kamu bisa pilih apakah memilih model yang jatuh di pinggul atau atas lutut.  Begitu juga dengan motif batiknya yang cukup beragam dari berbagai daerah, tidak selalu batik khas Jawa.

Khusus untuk lebaran, kamu bisa memilih tunik berlengan panjang dengan panjang baju sesuai kenyamananmu. Lebih cantik lagi jika di pasangkan dengan celana panjang polos ataupun bawahan bermotif sederhana agar mempercantik penampilan.

Tak ada salahnya juga untuk menggunakan tunik seperti dress dengan menjatuhkan pilihan pada tunik dengan yang jatuh di lutut. Penampilanmu pun sudah terlihat seperti dress yang menarik nan elegan. Jangan lupa pilih juga model dan panjang lengannya sesuai seleramu, ya!

Blouse Batik

Siapa bilang Blouse hanya cocok untuk bekerja atau jalan-jalan saja? Jangan takut untuk mencoba baju ini, terutama blouse batik ketika hari raya lebaran. Justru model pakaian inilah yang membuat penampilanmu lebih fresh di banding menggunakan busana lebaran pada umumnya.

Panjang lengan blouse dapat di sesuaikan sesuai keinginan. Untuk pengguna hijab, panjang lengan batik blouse biasa sekitar ¾ atau hampir sepanjang lengan. Lengkap dengan lingkar lengan yang lebar sehingga mempermudahmu dalam bergerak. Akan tetapi, ada juga pilihan blouse batik berlengan pendek jika di inginkan.

Desain blouse yang juga longgar pada bagian bawah memberikan kesan menggantung dan tidak sempit. Potongan inilah yang membantumu merasa lebih sejuk saat mengenakannya, apalagi bagi wanita berhijab.

Khusus bagi kamu yang berhijab, busana lebaran dengan blouse batik bisa membuatmu bergaya lebih kekinian, lho. Caranya dengan memasukkan hijab pada kerah blouse sehingga tidak menutupi motif dari batik.

Tidak hanya itu, blouse tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang ingin mengenakan baju panjang pada bagian dalam apabila di inginkan. Pakaian panjang tersebut dapat di kenakan dengan pola polos sehingga dapat menonjolkan motif batik.

Outer Batik 

Nah, pilihan outer batik ini juga merupakan pilihan yang banyak di pilih oleh anak muda pada saat ini. Di mana motif batik yang di gunakan berada pada outer panjang sebagai daya tarik utama dalam pemakaian batik saat lebaran.

Outer batik ini biasanya memiliki panjang yang jatuh selutut maupun hingga mata kaki, tapi tidak juga menutup desain yang jatuh tepat di pinggul. Panjang ini di ikuti dengan desain yang longgar serta bergelombang sehingga memberikan nuansa sejuk nan modis.

Tidak hanya outer batik panjang, Batik Bedjo juga memiliki pilihan untuk outer berjenis Bolero yang trendy yang memberikan kesan menarik tetapi juga masih memberikan nuansa tradisional batik.

Sisi dalam outer sendiri bisa kamu coba gunakan dress panjang polos ataupun baju dan celana. Usahakan pilih warna yang senada dengan outer dan tanpa motif agar dapat menonjolkan motif dari outer batik yang di kenakan.

batik lebaran wanita Brokat

Meski brokat seringkali di kenakan saat pesta permikahan, nyatanya pakaian ini juga bisa menjadi alternatif batik lebaran wanita. Tanpa harus aksesoris lain, kamu cuma perlu memadukannya dengan bawahan kain atau rok dan juga hijab.

Seperti blouse, kombinasi brokat ini sering di gunakan para wanita untuk sehari-hari seperti ke kantor, tidak hanya untuk acara besar seperti lebaran. Hanya saja kombinasi untuk bekerja tentunya lebih sederhana, misalnya seperti pemakaian celana agar memudahkan gerak.

Dari motifnya yang khas, brokat pas sekali untuk memberikan kesan elegan dan mewah. Bahannya yang terbuat dari sutra atau sejenisnya juga membuat pakaian ini tampak mahal. Supaya semakin cantik, baiknya pasangkan brokat dengan bawahan batik untuk menyeimbangkan tampilannya. Batik yang di gunakan pun bisa kamu sesuaikan dengan asal daerahmu.

Sampai sini, apakah kamu sudah mendapatkan inspirasi batik lebaran wanita yang akan di kenakan nanti? Bila belum juga yakin menentukan pilihan, tak perlu khawatir karena Batik Bedjo memiliki banyak pilihan batik lebaran wanita yang menarik. Jadi jangan sampai takut kehabisan.

Atau kamu juga bisa rancang sendiri baju batik lebaran impianmu dengan tentukan bahan yang cantik di  katalog bahan batik bagus dari Batik Bedjo . Terdapat banyak pilihan motif sehingga kamu bisa memilih bahan ternyaman sesuai keinginan! Semoga membantu!

Follow Instagram Kami @batik_bedjo


Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan