You are currently viewing Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memakai Baju Batik Terusan Wanita

Perhatikan 4 Hal Ini Saat Memakai Baju Batik Terusan Wanita

batik terusan wanita

Halo halo! Selamat datang kembali ke blog Batik Bedjo ! Pada kesempatan kali ini, Batik Bedjo akan membahas tentang batik terusan wanita nih! Kawan Batik pasti sering sekali menggunakan pakaian terusan untuk keseharian ataupun pada acara resmi, bukan? Dan tidak sedikit juga baju terusan yang di jadikan batik terusan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, baju terusan adalah baju yang terdiri dari satu bagian yang melingkup atasan dan bawahan sekaligus. Baju terusan biasanya digunakan oleh wanita, baik untuk sehari-hari maupun acara resmi. Walau begitu masih ada beberapa baju terusan yang khusus didesain untuk laki-laki.

Di Indonesia sendiri, banyak juga baju lho terusan yang di gunakan untuk keseharian masyarakat muslim Indonesia selain dress. Batik terusan wanita sering sekali menjadi pilihan terutama untuk menghadiri acara, baik itu acara resmi ataupun acara keagamaan. Karena itulah ada beberapa hal yang patut jadi perhatian supaya penampilan tetap maksimal.

Kalau Kawan Batik sendiri bagaimana? Sudah cukup penasaran detail yang harus perlu perhatian saat memakai baju terusan batik? Berikut ulasan yang bisa Batik Bedjo berikan saat memilih batik terusan wanita yang cocok!

Perhatikan Panjang Baju

Saat memakai baju terusan, baju yang panjang merupakan hal yang pasti karena desainnya yang merangkap atasan dan bawahan. Namun apakah kamu tahu bahwa panjang baju bisa membuat pemakainya terlihat lebih tinggi?

Ada berbagai cara agar seseorang dapat terlihat lebih tinggi selain menggunakan sepatu heels berukuran tinggi. Salah satunya adalah menggunakan baju terusan dengan panjang yang pas dengan tinggi tubuh.

Panjang baju terusan yang ideal tergantung pada jenisnya, apakah dress selutut atau bergaya gamis. Untuk dress selutut panjang yang paling pas adalah sedikit di atas lutut atau beberapa senti bawah lutut. Sementara untuk terusan model gamis, hindari panjang baju yang melebihi mata kaki Baju yang terlalu panjang hanya akan membuat look menjadi kurang menarik.

Akan lebih baik lagi jika memilih potongan yang sedikit lapang, namun tidak kebesaran. Terlebih jika batik terusan yang kamu pilih memiliki potongan sisi bawah line A. Dengan begitu selain terlihat semampai, postur tubuhmu pun tidak akan tenggelam oleh baju.

Bukan cuma itu saja. Menggunakan motif vertikal juga sangat membantumu terlihat lebih tinggi. Hal ini tidak terkecuali dengan motif batik. Kamu bisa memilih motif batik yang di urutkan secara verikal atau yang memiliki motif vertikal.

Sesuaikan Motif Dengan Jenis Acara

Motif batik dapat disesuaikan sesuai dengan jenis acara yang kita datangi. Seperti halnya baju apa yang kita kenakan dapat menyesuaikan kita dengan acara yang kita hadiri. Motif batik yang berbeda-beda akan memberikan kesan yang berbeda pula dari formalitas hingga penampilan yang bebas.

Seperti motif batik tulis yang luwes sehingga lebih cocok di gunakan untuk acara pesta. Motif batik tulis yang lebih bebas dan penuh tidak memberikan motif repetatif sehingga ia mudah untuk menarik perhatian orang lain. Acara pesta di mana di tujukan untuk menonjolkan citra diri tergolong cocok sekali dengan motif batik tulis.

Sedangkan untuk motif batik cap, di mana memiliki motif yang repetitif lebih cocok di gunakan untuk kegiatan formal seperti ke kantor ataupun acara pembukaan. Hal itu karena motif memberikan kesan formal yang tidak terlalu mencolok, sekaligus memancarkan aura wibawa.

Contoh motif tulis dan juga motif batik cap tersebut merupakan dua motif batik yang dapat di gunakan pada dua acara yang berbeda. Motif tidak hanya terbagi atas motif batik per daerah saja sehingga hal ini dapat memudahkanmu saat memilih motif batik yang akan di gunakan pada saat ingin pergi ke suatu acara.

Pilih Aksesoris Yang Pas Untuk Batik Terusan Wanita

Batik terusan wanita juga bisa kamu kenakan bersamaan dengan aksesoris lainnya. Misalnya seperti perhiasan anting, kalung hias, bandana, ikat pinggang, sepatu, dan berbagai macam aksesoris lainnya. Namun, perhatikan juga apakah aksesoris yang kamu kenakan cocok dengan pakaian batik, baik dari desain maupun motif yang dipakai.

Aksesoris yang cocok pada baju batik adalah aksesoris yang tidak terlalu mencolok atau dapat di katakan sederhana. Hal ini karena motif batik sudah memiliki kesan ramai dengan motif yang memenuhi bidang bahan. Oleh karena itu, aksesoris yang sederhana lebih di sarankan.

Jika ingin menggunakan aksesoris yang lebih mencolok, dapat di sesuaikan dengan penempatan aksesoris dan pakaian yang memiliki motif batik. Jika ingin menampilkan sepatu yang di kenakan, maka celana atau rok dengan desain yang polos adalah opsi yang tepat agar fokus pandangan tertuju pada bagian kaki.

Sedangkan bila ingin memfokuskan atensi pada aksesoris seperti kalung atau gelang, tentunya perlu disesuaikan lewat pakaian batik bermotif sederhana. Begitu juga dengan baju terusan, aksesoris bisa lebih simpel hanya sebagai pemanis.

Apakah sudah terbayang aksesoris yang pas saat menggunakan batik terusan? Terutama bagi kamu penggemar batik terusan wanita nih, yang biasanya memilih untuk mengenakan aksesoris tambahan. Pilih aksesoris yang sesuai dengan batik kamu pakai, ya!

Pilih Ukuran Yang Nyaman

Kawan Batik pasti lebih memilih untuk memilih pakaian yang nyaman untuk dikenakan, kan? Seperti halnya baju tidur ataupun baju santai, baju yang kita kenakan saat keluar dapat disesuaikan kenyamanannya dengan menentukan ukuran sesuai postur.

Saat mengenakan batik terusan, ukuran yang cocok adalah terusan yang memiliki ukuran longgar supaya mempermudah pergerakan. Ukuran yang longgar ini penting kamu perhatikan, terutama pada bagian lingkar pinggang dan juga kaki agar langkah lebih leluasa.

Memang, beberapa baju terusan memiliki ukuran pas atau lebih ketat pada beberapa bagian seperti dress.  Tetapi bagi kamu yang kurang nyaman dengan desain tersebut, jangan khawatir. Kebanyakan batik terusan tidak menggunakan ukuran yang pas di tubuh, seperti contohnya gamis.

Batik gamis termasuk salah satu batik terusan wanita yang cukup sering terlihat. Dengan modelnya yang bervariasi memberikan penampilan elegan serta cantik. Ukurannya yang agak luas memberikan kebebasan bergerak dan juga tidak gerah pada saat cuaca panas.

Pakaian yang nyaman pastinya juga mampu membantu seseorang merasa lebih bahagia. Dengan begitu ekspresi yang lebih menyenangkan pun akan terpancar ke suasana sekitar. Dan bersiaplah, di rimu akan segera menjadi pusat perhartian.

Begitu pula sebaliknya apabila memaksakan diri mengenakan pakaian yang tidak nyaman demi terlihat memukau. Baik itu terlalu besar atau terlalu kecil bagi tubuh, keduanya hanya membuat penampilan menurun dan terkesan kesan lusuh atau tidak professional. Efeknya bisa jadi akan menurunkan kepercayaan diri ketika menghadiri acara tertentu.

Itulah hal-hal yang patut Kawan Batik perhatikan saat memakai baju terusan batik, tidak terkecuali batik terusan wanita. Bagaimana? Tidak sulit untuk memakainya, bukan? Semoga bermanfaat saat mempersiapkan diri menggunakan model baju ini.

Nah, bagi Kawan Batik yang masih mencari batik terusan wanita yang cocok, ini saatnya cek koleksi gamis batik khas Batik Bedjo Ya, Batik Bedjo memiliki banyak pilihan gamis batik yang sesuai untuk semua kalangan wanita dan berbagai acara. Yuk, jangan sampai kehabisan!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan