You are currently viewing Yang Mana Kain Batik Premium? Ini Cara Mengeceknya!

Yang Mana Kain Batik Premium? Ini Cara Mengeceknya!

Halo kawan batik! Kembali lagi nih Batik Bedjo ingin memberikan pengetahuan baru mengenai batik. Kali ini Batik Bedjo akan membahas tentang bagaimana cara menentukan kain batik premium. Pasti sulit ya apabila kita tidak tahu apa-apa tentang batik tapi tetap ingin mendapatkan kain batik berkualitas tinggi.

Berbicara tentang batik, untuk menghasilkannya tentu menggunakan teknik khusus. Teknik membuat batik sebenarnya sudah ada sejak lama sekali, kurang lebih sejak 4 SM. Salah satu medianya adalah menggunakan malam agar memberikan motif pada batik. Hal ini ditemukan pada mumi di Mesir yang memiliki malam dan juga pola pada petinya.

Sedangkan di Indonesia, banyak kalangan percaya batik telah ada sejak zaman Majapahit. Batik menjadi populer sekitar abad 18 dan abad 19 dengan berbagai teknik yang berkembang. Seiring berjalannya waktu, teknik cap mulai meluas sekitar abad 20. Jadi bisa dipastikan batik memiliki sejarah yang sangat panjang.

Oleh karena itu, terdapat berbagai macam batik dengan berbagai teknik, bahan serta warna. Jangan khawatir, sesaat lagi Kawan Batik akan mengetahui cara mengenali kualitas batik. Semoga bisa menjadi pertimbanganmu saat memilih kain batik berkualitas tinggi dengan harga yang sesuai dengan budget. Yuk, simak selengkapnya!

kain batik premium

Ketahui Jenis Kain batik premium yang akan di beli.

Sebelum membeli, kamu dapat mengenali jenis batik yang akan dibeli. Terdapat tiga jenis batik tergantung dari cara membuatnya yaitu batik tulis, batik cap dan batik cetak. Tentu antara ketiga jenis batik tersebut batik tulis memiliki kualitas yang lebih tinggi sehingga memiliki harga yang lebih mahal.

Proses dan waktu pembuatan menjadi dua hal penting yang menentukan nilai suatu jenis batik. Sementara dari segi motif, masing-masing jenisnya memiliki ciri kerumitannya tersendiri. Untuk membedakannya bisa kamu temukan pada detailnya, antara model kompleks atau repetitif.

Dari ketiga batik tersebut, kamu bisa mendapatkan kain batik premium dari jenis batik tulis. Mengapa? Batik tulis memiliki sejarah yang lebih panjang daripada batik cap dan juga batik cetak. Dengan begitu nilai historisnya pun tinggi, termasuk nilai estetisnya.

Tidak hanya itu, batik tulis biasanya merupakan batik yang terbuat secara satuan oleh tangan. Hasilnya motif batik setiap helainya pun original. Inilah mengapa batik tulis seringkali dianggap premium karena berbeda dari satu batik ke batik lainnya. Sedangkan batik cap dan batik cetak cenderung untuk produksi massal yang lebih cocok untuk menjadi batik seragam.

Kenyamanan Batik Dapat Terlihat Dari Bahan Batik

Ada banyak sekali jenis-jenis bahan kain yang cocok untuk membuat batik. Oleh karena itu, kamu dapat menyesuaikan kebutuhan batikmu dengan bahan pilihan. Contohnya seperti kain katun, kain bamboo, kain nanas, kain dobby, kain sutra, kain viscose, dan lain sebagainya.

Misalnya apabila kamu ingin mengenakan batik untuk keseharian, maka kain katun yang lembut dan mudah menyerap keringat jadi pilihan yang tepat. Bukan Cuma itu saja, kain katun juga mudah kamu temukan di pasaran sehingga harganya pun cukup terjangkau dan memiliki kualitas yang sepadan.

Namun jika kamu ingin memakai batik untuk acara resmi dan formal, kamu dapat memilih kain batik yang terbuat dari kain sutra. Kain sutra merupakan kain dengan kualitas sangat baik karena proses pembuatannya. Tak heran jadinya bila kain ini memiliki harga yang tinggi. Harganya yang tinggi ini juga memberikan nilai kualitas yang lebih daripada kain batik lainnya.

Atau cobalah pilih kain batik premium dari bahan berjenis dobby. Kain dengan cetakan berpola yang unik ini memberikan kesan lebih mewah untuk busana elegan. Pas sekali untuk busana hem batik pria, blazer wanita, atau dress formal.

Kerumitan Motif Kain Batik Premium Menentukan Kualitas

Indonesia dengan berbagai macam budaya dari berbagai daerah memiliki motif batiknya masing-masing. Seperti misalnya Batik Mega Mendung, Batik Kawung, Batik Tujuh Rupa Pekalongan, Batik Bali, dan masih ada banyak lagi batik lainnya. Tiap daerah memiliki kerumitan motifnya masing-masing, dari yang termasuk sederhana sampai yang cukup kompleks.

Semakin rumit motif, maka batik tersebut cenderung semakin berkualitas lebih. Hal ini memperhitungkan waktu dan juga keterampilan sang pengrajin dalam membuat batik tersebut. Kerumitan motif yang tinggi membuat batik cukup langka kamu temukan di pasaran umum. Ini membuatnya memiliki nilai yang tinggi.

kain batik premium

Lihat Katalog Batik

Teknik pembuatan batik juga dapat terlihat dari gaya motif batik. Motif batik yang rumit dan beragam biasanya merupakan hasil dari batik tulis, sehingga memiliki nilai kualitas yang tinggi karena sulit untuk teraplikasi tanpa keterampilan tertentu.

Sedangkan motif yang memiliki pola berulang bisa menjadi hasil dari teknik batik cap dan batik cetak. Kamu dapat melihat sendiri bedanya dengan memperhatikan motif batik saat hendak akan membeli.

Cek Kedua Sisi kain batik premium

Apakah kamu memperhatikan pakaian batikmu luar dan dalam? Terkadang ini menjadi hal yang luput dari perhatian. Akan tetapi, hati-hati hal ini bisa menjadi sesuatu yang penting apabila ingin menentukan kualitas batik yang kamu inginkan. Idealnya kualitas batik yang baik memiliki kualitas warna yang sama pada motif batik sisi luar dan dalam.

Apabila memiliki kualitas yang sama pada sisi luar dan dalam, hal ini berarti bahwa proses yang dilalui dalam membuat batik tersebut adalah proses yang sangat mendetail. Pengrajin tidak hanya memperhatikan bagian luar dari kain batik tapi juga bagian dalam.

Kualitas batik yang baik memiliki warna bagian luar dan dalam yang tidak mudah luntur, terutama pada bagian dalam. Sehingga kamu bisa membedakan mana yang memiliki kualitas baik dan tidak, kan? Ayo sekarang coba cek kain batik yang kamu miliki!

Luntur atau Tidak? Ini Menentukan Kualitas Kain Batik Premium

Hal ini sama seperti saat kamu mengecek kualitas bagian luar dan bagian dalam dari batik. Kain batik yang memiliki kualitas baik bukanlah batik yang luntur dengan mudah dan membuatnya pudar dengan cepat. Tidak hanya pudar, tapi juga menjadikan motifnya pudar dan tampak kurang menarik.

Mungkin ini sulit kamu ketahui saat membeli kain batik untuk pertama kalinya. Tapi kamu bisa mengecek tingkat kelunturan batik dengan mencoba menempelkan kain batik ke kulit. Apabila motif batik tertinggal di kulit, maka itu berarti kain batik tersebut memiliki kualitas yang kurang baik.

Motif batik yang dapat tertinggal di kulit mengartikan bahwa kain batik tersebut mudah sekali luntur saat dicuci. Jadi pastikan untuk berhati-hati saat membeli kain batik.

Nah bagaimana Kawan Batik? Sekarang sudah mengetahui bagaimana cara menentukan kualitas kain batik premium yang diinginkan, bukan? Cara-cara ini bisa Kawan Batik terapkan pada saat kamu berbelanja kain atau busana batik! Semoga informasi ini dapat membantu Kawan Batik, ya!

Yuk segera cari batik favorit Kawan Batik dengan mengecek batik berkualitas prima dari Batik Bedjo. Jangan khawatir, karena Batik Bedjo punya banyak pilihan kain batik premium. Jadi tak perlu bingung untuk memilih batik dengan kualitas terbaik!

Mampir Ig kami Ya @batik_bedjo

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan