You are currently viewing Toko Batik Online Atau Marketplace? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Toko Batik Online Atau Marketplace? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Toko Batik Online

Berbelanja kini terasa mudah, cepat, sekaligus nyaman tanpa harus mengunjungi tokonya langsung. Hanya bermodalkan smartphone dalam genggaman dan koneksi internet, Kawan Batik sudah bisa mendapatkan semua barang yang anda mau.Termasuk ketika berbelanja di toko batik online.

Atau alternatif lain juga bisa anda coba dengan berbelanja melalui beberapa marketplace ternama. Tapi, tahukah anda ternyata masing-masingnya memiliki kelebihan dan kekurangan, lho.

Pada artikel kali ini Batik Bedjo akan membahas kedua hal tersebut agar Kawan Batik bisa mempertimbangkan mana yang lebih baik. Yuk simak selengkapnya!

Kelebihan Toko Batik Online

Toko Batik Online

1.Kualitas Batik Lebih Terjamin

Toko batik online umumnya memang dikelola oleh pemilik toko fisik itu sendiri. Dengan konsep seperti ini sudah pasti pemilik akan memastikan segala produk yang dipasang berkualitas sangat baik.

6 Alasan Batik Kontemporer Lebih Disukai Millenial.

Terlebih produk-produk dalam toko batik online adalah penjual tangan pertama yang langsung menyimpan produk batik setelah selesai produksi. Sehingga hampir bisa dipastikan batik pesanan anda akan datang dalam bentuk yang sama dengan apa yang terpajang dalam katalog web.

2.Kebanyakan Menyediakan Batik Buatan Sendiri

Walau tidak semua, sebagian besar toko batik online juga berperan sebagai produsen batik asli. Alias memproduksi batiknya sendiri. Itulah mengapa motif-motifnya seringkali sulit anda temukan pada toko lainnya.

Bukan hanya motif. Setiap toko batik juga punya padu padan warna, detail hingga ornamen batik yang khas satu sama lain. Boleh dianggap pelanggan akan merasa cukup spesial karena mampu mendapatkan ciri khas tersendiri.

3.Pengantaran Cenderung Lebih Aman

Selain menjamin kualitas batik luar dalam, pelayanan yang disediakan juga meliputi bagaimana pesanan anda sampai dengan aman. Maka tak heran jika toko juga memberikan alternatif pengiriman yang tiba dalam sehari.

Tidak cukup hanya kecepatan pengirimannya saja, pesanan anda pun juga dikemas dalam bentuk yang cenderung lebih aman dan rapi. Baik itu berlapis bubble wrap, dalam kotak khusus, ataupun bungkusan aman lainnya.

6 Inspirasi Sarung Batik Pekalongan.

Kelebihan Belanja Batik Di Marketplace

Toko Batik Online

1.Menyediakan Pilihan Yang Lebih Banyak

Dibandingkan toko batik online, marketplace memang menawarkan pilihan batik yang jauh lebih beragam. Hal ini karena konsep marketplacesendirisangat berbeda dari toko batik yang seringkali menjual produk buatan sendiri.

Marketplace merupakan wadah yang mengumpulkan banyak penjual dan toko batik untuk menawarkan produk di satu tempat yang sama. Tak heran jadinya jika opsi yang ditawarkan terbilang lebih bervariasi karena banyaknya penjual yang tergabung.

2.Mudah Menemukan Batik Menurut Harga

Bagi anda yang tidak begitu memperhatikan detail motif batik, inilah platform yang pas untuk berbelanja. Di sini anda akan sangat mudah mencari batik yang terjangkau hingga paling mahal sekalipun.

Untuk kualitasnya sendiri kebanyakan tergolong sepadan dengan harga yang tertera. Namun, bukan tidak mungkin anda juga bisa menemukan batik ideal dengan harga yang ramah di kantong.

Maka tak salah jika secara umum pangsa pasar marketplace cenderung lebih besar dari pada toko batik online. Karena itulah harga sebagian besar batik yang tersedia pun cukup bersaing.

3.Banyak Promo dan Diskon

Sudah bukan rahasia lagi kalau marketplace selalu memberikan banyak promo dan potongan harga untuk pembeli secara berkala. Tak terkecuali pada produk batik.

Melalui penawaran ini anda jadi bisa lebih menghemat pengeluaran sambil tetap memiliki batik favorit. Berbeda jika membeli secara offline, tentunya anda perlu membayar dengan harga utuh.

Produk dengan promo dan diskon biasanya akan cepat diserbu. Nah, pada titik inilah anda perlu waspada, karena semakin ramai peminat seringkali kualitas batik justru menurun.

Kekurangan Toko Batik Online

Toko Batik

A.Pilihan Batik Terbatas Produk Yang Toko Sediakan

Bila memang ingin berbelanja di toko batik online, artinya anda memang sudah menentukan secara pasti batik apa yang akan dibeli. Mengapa demikian? Tak lain ini karena variasi batik pada toko tidak sebanyak marketplace, sehingga pilihan tidak begitu luas.

Boleh jadi ini adalah efek lanjutan dari konsep toko yang memproduksi sekaligus langsung menjualnya tanpa perantaraan pihak lain. Atau juga tak menutup kemungkinan karena toko hanya ingin menonjolkan karakter utama yang tercermin dalam produk tertentu.

B.Harga Cenderung Lebih Tinggi

Meskipun tangan pertama, tak jarang harga produk pada toko batik online melampaui jauh produk-produk dalam marketplace. Hal ini tak mengherankan karena produk batiknya hanya dibuat dalam jumlah tertentu untuk satu macam motif. Namun demikian, ada beberapa faktor lainnya yang menentukan harga batik sehingga nilainya sepadan dengan kualitas. Seperti kualitas bahan yang mumpuni, jahitan yang sangat halus dan rapihingga potongan baju yang nyaman dipakai.

C.Alternatif Membayar Terbatas

Walaupun bukan menjadi kekurangan utama, akan tetapi hal ini terkadang bahkan membuat pembeli enggan memilih batik. Bagi pemilik toko batik online tentu akan merasa cukup sulit menangani semua jenis pembayaran secara mandiri. Baik itu beragam bank ataupun beragam platform media alat bayar.

Lain halnya dengan marketplace yang sengaja memiliki bagian tersendiri untuk mengurusi hal tersebut. Sehingga sama sekali tidak masalah untuk mengakomodir banyak saluran pembayaran yang nyaman bagi pelanggan.

Kekurangan Belanja Batik Di Marketplace

Batik online

1.Kualitas Barang Bisa Jadi Tidak Sesuai

Sampai saat ini sudah banyak orang yang menjadi korban beda kualitas dari belanja online di marketplace. Apa yang terpampang dalam foto produk seringkali terlihat lebih bagus tanpa cela berkat polesan aplikasi edit gambar. Hingga akhirnya inilah kunci utama penjual memikat keinginan anda untuk membeli.

Oleh karena itu, penting sekali membaca ulasan terlebih dahulu agar anda kemudian tidak merugi. Periksa apakah lapak online yang anda tuju memiliki reputasi kualitas barang yang baik atau tidak. Dan bila perlu, cobalah bandingkan berapa banyak penilaian positif dan negatif toko.

2.Batik Berstandar Printing

Dengan harga yang jauh lebih terjangkau tentu sulit membayangkan batik yang dijual adalah batik asli. Baik itu batik tulis, cap, ataupun kombinasi yang dibuat secara manual. Dan bagi pecinta batik justru hal inilah yang terasa kurang.

Sebaliknya, kemungkinan besar anda akan mendapatkan batik printing yang tak jarang disebut-sebut hanyalah kain bermotif batik. Tentu ini bukan masalah besar untuk anda yang sekadar ingin memakai baju batik. Akan tetapi, kualitasnya terbilang masih belum mampu menyamai batik asli

3.Harus Membayar Bukan Dengan Harga Asli

Meski harga batik di marketplace lebih terjangkau, namun sebetulnya anda tidak membayar harga aslinya, lho. Apabila membandingkannya dengan langsung membeli batik ke toko fisiknya, anda akan melihat perbedaan harga yang cukup berarti.

Perbedaan harga tersebut sejatinya merupakan biaya administrasi atau biaya beriklan penjual yang harus pembeli bayarkan. Itulah mengapa belanja secara langsung terasa lebih hemat dari pada melalui marketplace.

Kurang lebih itulah beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing platform. Jika masih bingung apa itu toko batik online, Batik Bedjo adalah salah satu bukti yang telah memproduksi berbagai jenis batik. Mulai dari kain batik tulis dan cap pilihan, kemeja eksklusif, hingga syal batik. Lengkap sekali, bukan?

Tak ada salahnya cek dulu koleksi produk kami dan dapatkan yang sesuai selera anda. Tanpa biaya, tanpa butuh waktu banyak. Yuk klik sekarang

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan