You are currently viewing 6 Inspirasi Sarung Batik Pekalongan.

6 Inspirasi Sarung Batik Pekalongan.

Lebaran sebentar lagi! Tak terasa bulan Ramadhan akan segera berakhir dalam hitungan hari. Artinya ini dia saatnya hunting baju lebaran untuk mereka yang tersayang. Bagi Kawan Batik pria, sarung biasanya menjadi salah satu outfit khas menyambut lebaran.Lalu bagaimana dengan sarung Batik Pekalongan, sudah pernah coba?

Jangan heran dulu kalau ternyata Batik Pekalongan bukan Cuma bisa jadi kemeja atau busana wanita saja. Tapi juga siap disulap menjadi sarunguntuk anda kenakan saat bersilaturahmi.

Model sarung memang tak seperti busana lainnya yang variatif dan mudah dikreasikan. Paling tidak hanya ada 2 macam yang bisa anda temukan, yaitu model original dan sarung celana. Meski begitu bukan berarti anda kekurangan pilihan. Kawan Batik tetap bisa memilih sarung favorit menurut motifnya, ya.

Bukan Cuma Wanita, Mix and Match Batik Pria Ini Juga Wajib Dicoba!

Nah, untuk memudahkan Kawan Batik memilih sarung yang pas, berikut ini telah kami rangkum 6 inspirasi motifnya. Dari yang bergaya elegan sampai etnik semuanya bisa anda sesuaikan dengan karakter diri. Apa saja daftarnya, ini dia!

Sarung Batik Pekalongan

1.Sarung Batik Pekalongan Kawung Modern

Tinggalkan gaya sarung kotak-kotak saat hari raya nanti. Sebaliknya anda bisa tampil prima dengan sarung batik kawung yang kaya akan motif geometris. Motif kawung yang tergambar di bagian belakang tidak akan tampak monoton lewat sentuhan kawung yang beda.

Agar menambah kesan elegan, sisi tengah depan sarung menggunakan ragam hias kompleks. Paduan warnanya pun seragam dengan sisi belakang yang hanya menggunakan putih buram dan merah.

Meskipun hiasannya tidak memenuhi seluruh kain, justru inilah yang membuat sarung tampil modern. Apalagi bahannya yang warna hitam memudahkan anda memadu madan sarung bersama atasan koko senada atau putih, bahkan merah.

5 Model Batik Sarimbit Populer Untuk Momen Resmi.

Untukhari raya lebaran yang rapi dan khidmat, jangan ragu untuk gunakan koko lengan panjang, ya.

2.Sarung Batik Pekalongan Wayang

Sarung Batik Pekalongan

Bagi anda yang ingin mencoba look semi modern, sarung batik pekalongan ini boleh jadi pilihan tepat. Karena dalam sekali pakai, sarung sudah lengkap memberikan anda kesan etnik sekaligus stylish tanpa berlebihan.

Anda bisa lihat dari ragam hias wayang dalam satu warna dan diletakkan berjarak. Bukan Cuma itu, ciri batik jadi lebih terlihat dari hiasan tepian sarung. Sementara hiasan bintang-bintang adalah ornamen pengimbang agar tidak terlalu terkesan tradisional.

Dengan kombinasi warna monokrom saja, anda sudah bisa tampil menawan sambil memadukan sarung dengan atasan koko senada. Dan akan jauh lebih bagus jika atasan hanya bermotif polos atau sedikit ornamen pemanis.

Batik Parang Yang Punya 7 Macam Berbeda, Khas Sekali!

Selain nuansa hitam putih, anda juga bisa temukan warna yang lebih klasik seperti cokelat keemasan atau sejenisnya. Semakin klasik warna tentu akanterlihat semakin mewah

3.Sarung Batik Pekalongan Parang

Sarung Batik Pekalongan

Sarung Batik Pekalongan satu ini cocok sekali buat anda yang ingin mendapatkan nuansa full batik tanpa harus kelihatan kuno. Motif parangnya tersusun simetris dan besar memenuhi permukaan kain. Hanya saja tepat bagian belakang diisi dengan motif batik lain supaya tetap ada variasi lain.

Permainan warna hitam-putih yang berseling pada setiap salurnya pasti tidak akan membuat penampilan membosankan. Sarung bisa langsung anda pasangkan dengan kemeja koko putih agar aura positif di hari suci makin terpancar.

Bila anda kurang berminat dengan nuansa monokrom, kombinasi putih dan merah atau warna cerah lainnya juga bisa anda pilih. Kuncinya sesuaikan saja dengan selera dan pakai dengan penuh percaya diri.

Sarung Batik Pekalongan

4.Sarung Batik Pekalongan Gunungan

Bingung pilih motif sarung klasik atau kontemporer? Ambil saja keduanya dalam satu pilihan batik bermotif gunungan. Ragam hias khas keratonan ini nyatanya juga bisa anda dapatkan dalam bentuk sarung batik kekinian, lho.

Hanya dengan meng-highlight gunungan pada tengah kain non-motif, anda tak perlu lagi kesulitan mix and match sarung agar terkesan modern. Meski begitu, ornamen khas batik masih tetap ada pada lingkar sarung sehingga menambah kesan etnik yang pas.

6 Alasan Batik Kontemporer Lebih Disukai Millenial.

Dari potretnya saja, anda pasti setuju sarung ini sangat ciamik bergaya mewah. Ini berkat latar kainnya yang hitam berkombinasi dengan corak cokelat keemasan dan sedikit guratan putih. Pasangan atasan berwarna hitam untuk sarung gunungan ini memang sangat mendukung look anda. Namun, tak ada salahnya juga mencoba alternatif padanan warna lain untuk tampil beda

5.Sarung Batik Pekalongan (Batik Tulis)

Sarung Batik Pekalongan

Pecinta batik tulis tak boleh melewatkan busana berhiaskan ornamen cantik, seperti sarung ini. Ragam hiasnya yang luwes sekaligus menggambarkan selera yang bebas dan terikat pakem-pakem tertentu. Selain tampil apik di hari fitri, mengenakan sarung favorit juga bisa sambil menunjukkan karakter pribadi, bukan?

Berbeda dari motif-motif sebelumnya, kali ini tak perlu takut menggunakan corak-corak warna kontras. Justru dengan gaya begini, barangkali tidak akan ada yang menyamai busana anda saat waktu berkumpul tiba.

Meskipun batik tulis, namun kesan yang ditonjolkan sarung betul-betul modern. Cocok sekali bagi anda pria muda yang dinamis. Tetap terlihat stylish namun tak kehilangan esensi etnik khas batik.

6.Sarung Batik Pekalongan Kombinasi

Sarung Batik Pekalongan

Setelah deretan sarung sebelumnya dominan dengan warna-warna gelap, sekarang waktunya coba nuansa yang lebih segar lewat batik seperti ini. Lewat sentuhan corak-corak terang pastinya membuat penampilan optimal dan bersemangat. Apalagi latar kainnya yang putih jadi kelebihan utama sarung ini dibandingkan sarung lainnya.

Sama Cantiknya! 7 Motif Batik Jawa Barat Ini Pas Untuk Berbagai Acara

Selain itu, motifnya pun tak kalah menarik. Dalam satu kainnya terlihat motif batik yang menggabungkan dua macam teknik, yaitu batik tulis dan batik cap. Lebih tepatnya, batik cap bisa anda temukan pada pola yang kelihatan seragam, seperti ornamen memanjang ke bawah di sisi belakang. Sementara batik tulis akan lebih banyak mengisi detail isian ataupun hiasan tambahan.

Bagaimana dengan padanan koko yang tepat? Baju koko maroon yang senada dengan sarung akan menjadi pilihan yang sangat harmonis. Sebaliknya, ada baiknya hindari busana koko putih daat menggunakan sarung seperti ini agar ornamen dalam sarung tetap tersorot.

Rata-Rata Harga Sarung Batik Pekalongan

Motif sarung Batik Pekalongan memang menjadi pertimbangan utama ketika membeli. Tetapi, bagi sebagian orangharga tetap menjadi penentu apakah akan betul-betul membelinya atau tidak. Khusus untuk sarung batik, harga yang tersedia di pasaran cukup bervariasi. Mulai dari yang paling terjangkau sebesar Rp 60.000 sampai yang paling berkualitas sekitar Rp 450.000.

Sama seperti busana batik lainnya. Mahal murahnya harga masih tergantung kerumitan dan keindahan motif, kualitas bahan sarung, hingga teknik pembuatannya. Umumnya semakin tinggi harga, semakin bagus juga kualitasnya. Akan tetapi, terkadang harga tak melulu menentukan standar barang. Boleh jadi harga yang sangat terjangkau justrumemberikan kualitas jempolan.

Sarung Batik Pekalongan

Pilihan Batik Pekalongan Lebih Banyak di Batik Bedjo

Menyambut hari raya yang semarak, sebaiknya persiapkan beberapa busana selain mengenakan pakaian koko dan sarung batik khas lebaran. Salah satunya dengan kemeja batik pria. Nah, apakah baju batik anda cukup pas untuk suasana hangat silaturahmi?

Jangan khawatir, karena kini anda bisa langsung cek koleksi kemeja Batik Bedjo cukup dalam genggaman smartphone. Ada banyak motif pilihan yang tak hanya indah, tapi juga nyaman dipakai.  Khusus untuk anda, motif-motifnya kami desain eksklusif yang sulit ditemukan pada toko lainnya.

Menarik sekali, bukan? Yuk, klik sekarang dan temukan batik idaman anda!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan