You are currently viewing Sama Cantiknya! 7 Motif Batik Jawa Barat Ini Pas Untuk Berbagai Acara

Sama Cantiknya! 7 Motif Batik Jawa Barat Ini Pas Untuk Berbagai Acara

Indonesia dikenal dengan budaya yang berbeda-beda setiap daerahnya, termasuk soal batik. Siapa bilang batik khusus buatan tangan putra-putri daerah Jawa Tengah saja? Batik Jawa Barat juga tak kalah cantik dari batik Jawa Tengah yang umum kita kenal lho.

Jika batik Jawa Tengah khas dengan batik tulis yang sangat detail berwarna cenderung gelap, lain halnya dengan batik Jawa Barat. Batik ini cenderung memiliki karakter tersendiri. Tak tekecuali ragam corak dan motifnya yang hanya bisa ditemui pada batik-batik daerah ini.

Inilah saatnya anda mempertimbangkan berbagai batik hasil kebudayaan dan kreativitas warga Jawa Barat. Pas menjadi busana formal hingga kesempatan sehari-hari sekalipun. Nah, sudah siap menyelami semua jenisnya? Berikut ini kami persiapkan 7 motifnya khusus untuk anda.

1.Batik Megamendung

Urutan pertama dimulai dari batik yang paling terkenal oleh para pecinta batik Indonesia, batik megamendung asal Cirebon. Satu hal yang membuat batik ini spesial terletak pada motif utamanya. Sederhana dengan gambaran menyerupai awan atau gelombang laut yang memikat.

Intip Batik Khas Jawa Timuran Yuk!

Bukan tanpa alasan, adanya motif seperti ini lekat sekali dengan posisi geografis Cirebon yang berdekatan dengan wilayah pesisir pantai. Sehingga sedikit banyak memberikan pengaruh yang besar pada perajin menciptakan motif unik ini.

Batik megamendung cenderung memiliki warna-warna yang lebih terang tetapi tetap senada. Seperti merah, oranye, biru, hingga ungu. Maka pas sekali jika batik ini anda gunakan sebagai paduan busana yang cukup santai atau semi formal.

2.Batik Tasik

Motif utama batik tasikberupa flora dan fauna. Diantaranya adalah motif burung merak, sisit naga, dan masih banyak lagi. Selain itu, motif geometris seperti parang yang sedikit berbeda dari batik klasik juga menjadi unggulan batik tasik.

Untuk masalah warna, batik tasik membaginya ke dalam dua kategori besar. Yaitu batik Sawoan dan Sukaraja. Seperti namanya, batik Sawoan lebih banyak memberikan warna-warna layaknya buah Sawo yang cokelat. Tak hanya itu, batik juga lengkap dengan warna lainnya yang tetap senada namun tak terkesan suram.

Sedangkan jenis Sukaraja cenderung hidup dengan warna kontras dalam satu permukaan kain. Dengan kedua perbedaan inilah anda bisa menentukan busana batik yang pas sesuai suasana.

3.Batik Garut

Bagi anda yang ceria dan penuh semangat jangan lewatkan Batik Garut ini. Mengapa?Karena inilah batik Jawa Barat yang khas sekali dengan paduan warna cerah.Berbeda namun tetap senada dan cantik.

Kaitan Batik Sudagaran Dengan Batik Keraton dan Motifnya.

Urusan motif, batik ini jadi salah satu pelopor bentuk geometris. Maka jangan heran nantinya anda akan menemukan banyak batik seperti ini. Tetapi hal ini bukan berarti membuat batik garut kurang variatif.

Justru selain itu, ragam hias flora dan fauna adalah motif paling berkarakter di wilayah ini. Burung merak, buah manggis, hingga dedaunan merupakan sebagian kecil dari banyak motif lainnya. Cocok sekali menjadi bahan pakaian batik formal anda jika bosan dengan batik klasik yang gelap.

4.Batik Cianjur

Bergeser sedikit dari Garut, anda akan menemukan Batik Cianjur yang kental dengan  keindahan alam sekitar, terutama hasil tani. Beberapa motif yang paling terkenal antara lain hayam pelung, maenpo, beasan, dan masih banyak lagi.

Berbeda dari batik Jawa Barat lainnya, batik ini tampil berkarakter dalam banyak warna alami. Umumnya berwarna cokelat atau warna-warna asli yang melekat pada flora dan fauna.

Salah satunya seperti warna hijau kekuningan dengan motif padi. Atau motif dengan gambaran kembang yang tumbuh digambarkan dalam warna dasar cokelat khas tanah dan warna kembang yang cerah.

5.Batik Indramayu

Sudah pernah lihat batik Indramayu? Menurut sumber batik ini sudah hampir jarang diproduksi kembali lho. Padahal sebetulnyamotif batik menarik sekali karena mampu menghadirkan nuansa motif Lasem di dalamnya.

Posisinya yang dekat dengan daerah pantai nyatanya sangat mempengaruhi motif-motif batiknya. Maka tak heran jika nantinya anda akan menemukan motif khas maritim seperti hewan laut dan kapal mengarungi lautan. Inilah potret masyarakat Indramayu yang direpresentasikan dalam bentuk kain sehingga maknanya tersampaikan oleh para pecinta batik.

Penuh Kilau! Inilah Batik Prada Berikut Cara Merawatnya

Walaupun kental dengan nuansa perairan, bukan berarti warna kainnya serba biru. Justru warna yang bervariasi adalah pilihan utama perajin untuk membuat kain batik tampak menarik. Pas sekali nih untuk anda yang ingin suasana batik tetap tradisional namun berbeda.

6.Batik Ciamis

Batik Jawa Barat ini boleh saja mulai tergerus zaman dan mulai sedikit yang berminat. Akan tetapi siapa sangka, ternyata batik ciamis justru menjadi salah satu batik yang penuh dengan kombinasi cantik.

Ragam hias yang ada di dalamnya adalah gabungan dari pengaruh batik ala pesisir dan batik bergaya keraton dari Jawa Tengah. Inilah mengapa anda bisa menemukan kesan yang lebih harmonis pada kain batik dalam balutan warna segar nan memikat.

Macam-macam motifnya sendiri juga cukup banyak. Mulai dari Ciung Wanara, Galuh Pakuan hingga Parang Sontak. Sedangkan untuk soal warna, Batik Ciamis tak ragu mengambil banyak warna. Cocok sekali bagi anda yang akan menggunakan busana batik sehari-hari tanpa takut terasa terlalu formal.

7.Batik Sumedang

Faktanya Sumedang bukan hanya khas dengan camilan tahu saja, tapi juga memproduksi kain batik yang unik. Ya, inilah batik Sumedang yang memiliki motif berkarakter budaya sunda sangat kuat. Beberapa motifnya antara lain adalah motif daun boled, kuda renggong, lingga, hingga kereta nagapaksi.

Sama seperti batik Jawa Barat pada umumnya, batik ini tetap hadir dengan warna motif yang cerah. Baik yang berwarna senada maupun kombinasi, keduanya sangat pas untuk menjadi opsi lain busana batik anda. Terlebih bagi anda yang senang dengan gaya batik berbeda, ini dia jawabannya.

Baju-baju sejenis kemeja rapi pria, kemeja blus wanita, atau rok bisa jadi pilihan bisana yang tepat. Kesannya yang sederhana tidak akan membuat tampilan anda terlalu ramai sehingga cocok dengan paduan style busana lainnya.

Dimana Anda Bisa Mendapatkan Batik Jawa Barat?

Setiap batik tentu berasal dari daerah penghasilnya masing-masing. Akan tetapi tentu tak seluas wilayah tersebut menyediakan batik, bukan? Artinya perlu untuk cari tahu terlebih dahulu dimana tepatnya sentra masing-masing batik yang anda inginkan.

Meski boleh jadi ada pusat penghasil batik pada daerah lainnya, batik khas Cirebonan umumnya mudah anda jumpai pada kawasan Trusmi. Beda dengan batik Tasikmalaya yang banyak tersedia pada salah satu kampung yakni Kampung Ciroyom, Kelurahan Nagarasari.

Tertarik dengan batik Garutan? Mungkin inilah saatnya anda melancong ke desa wisata batik yang terletak di Kelurahan Paminggir, Kabupaten Garut. Setelah itu teruskan perjalanan sedikit ke arah Cianjur, tepatnya Kelurahan Sayang untuk menjemput oleh-oleh batik khasnya.

Selanjutnya, wilayah yang wajib anda jajal adalah Dusun Ciwahangan, Desa Imbanagara, Ciamis untuk membungkus cinderamata batik lokalnya. Lalu akhiri penjelajahan batik dengan mampir ke Sumedang, tepatnya Dusun Neglasari, Desa Sukamaju untuk membawa pulang kain batik favorit.

Batik Jawa Barat
batik jawa timur
batik jawa tengah

Tak banyak memang yang familiar dengan kehadiran Batik Jawa Barat di tengah-tengah pasar kain batik Indonesia. Bisa jadi baru kali ini anda mendengar banyaknya jenis batik-batik ini selain khas Cirebonan. Meski begitu bukan berarti deretan batik-batik di atas kalah kualitas dari pada batik keraton yang khas. Justru batik-batik inilah yang unggul dengan ciri khasnya.

Lihat Koleksi Batik Pekalongan [klik]

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

This Post Has One Comment

Tinggalkan Balasan