You are currently viewing Penuh Kilau! Inilah Batik Prada Berikut Cara Merawatnya

Penuh Kilau! Inilah Batik Prada Berikut Cara Merawatnya

Sebagai pecinta batik sungguhan, seberapa banyak anda kenal batik-batik Indonesia? Batik klasik, Batik Pekalongan, Batik Megamendung, hingga Batik Malang pasti sudah hilir mudik mengisi pilihan-pilihan berbelanja. Tapi, bagaimana dengan Batik Prada?

Ini dia salah satu jenis batik dengan nama unik tanpa titel nama kota penghasil. Usut punya usut batik ini juga tak kalah banyak peminatnya dibanding batik-batik daerah, lho. Meski begitu, masih ada beberapa orang dan mungkin anda yang masih awam dengan nama batik ini.

Pas sekali, karena artikel kali ini akan mengupas tuntas semua hal tentang Batik Prada yang perlu anda ketahui. Baik itu bagaimana batik ini sebenarnya, karakter khas batik, busana-busana apa saja, dan tips merawatnya agar selalu awet. Jangan lewatkan sedikit pun agar betul-betul mengenalinya saat hendak membeli, ya. Yuk, simak selengkapnya!

Baca juga ; 7 Batik Pengantin Untuk Pernikahan Yang Penuh Makna

Asal Mula Batik Prada

Mungkin nama batik ini sedikit membuat anda tergelitik karena terdengar sama persis dengan salah satu brand fashion kenamaan. Namun, tentu bukan merk itu yang memproduksi Batik Prada.

Awal munculnya batik ini bermula dari kota Yogyakarta yang masih terbatas digunakan oleh beberapa kalangan saja. Yaitu busana bagi keluarga keraton dan juga untuk kalangan keraton Surakarta.

Dengan motifnya yang cantik dengan keunikan tersendiri, lambat laun batik ini pun mulai diminati lebih banyak kalangan. Hingga kini tak ada batasan bagi siapapun untuk mengenakan berbagai bentuknya.

Pusat produksi dan jangkauan pasarnya pun bukan lagi hanya kedua daerah keraton itu saja. Anda yang ingin tahu bagaimana cantiknya batik ini secara langsung juga bisa hunting di pusat grosir atau toko batik terdekat. Meski bukan dari sentra asli, tak perlu khawatir karena kualitasnya kini tak berbeda jauh pada semua tempat.

Baca Juga ; Batik Pekalongan Yang Paling Populer

Motif Batik Prada

Tidak seperti batik-batik lainnya, umumnya batik ini hadir dalam satu macam motif utama. Yakni berupa gambaran kembang dan daun yang dilukis sangat khas. Ukurannya bisa dibilang cukup besar pada sebagian besar komposisi kain. Sedangkan untuk guratan yang lebih detail dapat anda temukan pada sisi tepian kain.

Berkat motif inilah Batik Prada begitu berbeda dengan motif batik biasanya sehingga tak akan sulit untuk mencari di manapun. Dari kedua motif utama tersebut, kebanyakan kain tersedia dalam bentuk tanaman kembang yang menjalar memenuhi kain.

Tapi, tak jarang juga akan menemukan batik ini dalam motif-motif populer lain. Seperti Parang, Sidoasih, Sidomulyo, berbagai motif batik tulis maupun geometris, dan beberapa lainnya yang menyesuaikan kreativitas setiap perajin.

Mungkin anda sedikit bertanya-tanya dimana letak kekhasan batik ini jika pada akhirnya motif kain tak berbeda jauh dengan batik umumnya. Nah, pertanyaan ini akan langsung terjawab pada ulasan bagian selanjutnya yang akan menjelaskan karakter khusus Batik Prada.

Baca Juga ; Sudah Tau Asal Batik Tulis? Yuk Kenali Sejarah dan Motifnya

Karakter Khas Batik Prada

Mengapa Batik Prada disebut demikian? Nama batik ini berakar dari bahasa Jawa yang mengartikan Prada sebagai emas dalam bahasa Indonesia. Dan emas yang dimaksud betul-betul emas berkilauan yang dilapis ke atas permukaan batik, lho. Inilah yang menjadi satu-satunya ciri khas batik ini meskipun dalam berbagai macam motif.

Emas yang digunakan berbentuk serbuk yang bertaburan pada seluruh permukaan kain sampai terlihat cukup mengisi lekuk-lekuk motif. Memang, bukan lapisan serbuk emas asli yang kini perajin gunakan. Namun, sewaktu awal mula batik ini diciptakan, konon hanya taburan emas betulan yang perajin gunakan untuk memberikan kesan mewah.

Meskipun hanya menggunakan emas sintetis, akan tetapi kesan glamor batik tak boleh dipandang sebelah mata. Pada busana pria, Batik Prada akan membawa citra penggunanya tampak lebih gagah dan berkelas. Sedangkan bagi wanita, ini adalah batik pilihan utama untuk membuat look anggun maksimal tanpa harus menambahkan aksesoris sekalipun.

Bukan hanya model batik bertabur serbuk. Anda pun juga bisa mendapatkannya dalam bentuk lapisan cat keemasan. Atau bahkan dalam variasi warna yang lebih beragam, misalnya merah, biru, oranye, bahkan hijau terang. Tentunya tetap dengan ciri khasnya yang bersinar-sinar.

Maka tak salah jadinya kalau model batik ini berkembang semakin banyak untuk segala jenis kebutuhan fashion.

Silahkan Lihat Batik Terbaru Disini [ klik ]

Macam-macam Busana Dari Batik Prada

Permukaan kain yang sangat menarik memang sangat pas menjadi bahan utama busana pesta. Berkat kemilau yang melekat pada seluruh bagian kain inilah yang bisa semakin memeriahkan suasana. Untuk itu lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa macam busana yang mungkin menarik perhatian :

1.Gaun Malam

Gaun adalah salah satu jenis yang paling banyak memanfaatkan Batik Prada. Tak jarang nantinya anda akanlebih sering menemukannya dalam bentuk gaun malam atau gaun panjang wanita berhijab khusus pesta.

2.Hem atau Kemeja Pria

Fashion pria pun tak mau kalah dengan berbagai macam gaya busana wanita. Untuk pria, batik hadir dalam model kemeja hem formal yang begitu proporsional agar semakin menunjang penampilan.

3.Sarimbit

Bagi anda yang tak ingin ribet alias praktis dalam sekali beli, pilihan batik sarimbit Prada juga banyak tersedia. Beragam motif dan model yang seragam antara busana pria dan wanita bisa anda pilih.

3.Tunik dan Blouse

Walaupun kental dengan kesan yang mewah, nyatanya tetap cocok untuk busana sehari-hari maupun bekerja. Contohnya seperti tunik dan blouse wanita. Sedikit berbeda dengan busana pesta, kilauan pada pakaian-pakaian ini tentu tetap menyesuaikan sehingga tampak nyaman dilihat.

4.Rok Batik

Kemudian imbangi penampilan anda dengan menggunakan bawahan rok, baik saat bekerja maupun menghadiri acara keluarga. Karakternya yang kuat terlebih berpadu dengan atasan polos tanpa motif memberikan highlight pada look etnik sambil tetap modern.

5.Aksesoris

Salah satu produk yang juga cukup banyak mengaplikasikan Batik Prada adalah aksesoris pelengkap wanita. Mulai dari tas tangan, selendang, hingga kipas tangan.

5.Seragam Batik

Untuk memberikan citra yang lebih terpercaya dan profesional, seringkali seragam batik memberikan sentuhan Batik Prada.

Baca Juga ; Sudah Tau Asal Batik Tulis? Yuk Kenali Sejarah dan Motifnya

Cara Merawat Batik Prada

Dengan cirinya yang cukup mencolok ini bisa dibayangkan perawatannya pun juga memerlukan teknik khusus. Salah-salah, yang ada malah merusak keindahan batik. Oleh karenanya, beberapa hal yang harus anda perhatikan agar kain batik awet lebih lama, antara lain :

1.Hindari Penggunaan Detergen

Tak hanya warna asli dan motif batik yang terancam, serbuk-serbuk emas yang melekat juga sangat rentan dengan kerasnya bahan detergen. Sebisa mungkin hindari mencuci menggunakan detergen agar kain tetap utuh dan tak ada yang rontok.

2.Gunakan Suhu Rendah Saat Menyetrika

Suhu panas juga bisa menjadi musuh besar kain batik terutama Batik Prada ini. Maka dari itu cukup gunakan suhu yang rendah untuk melindungi semua elemen yang melekat serta menjaga keutuhan serat benang.

Baca Juga ; Ini Dia 8 Cara Merawat Kain Batik Tulis Anti Luntur dan Awet

Batik Prada

Kini sudah jauh lebih kenal dengan Batik Prada, bukan? Beberapa informasi tersebut setidaknya cukup menjadi bahan bagi anda sebelum yakin berburu batik. Pastikan untuk selalu cek kualitas secara menyeluruh apapun produk yang anda pilih. Selamat berbelanja!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan