You are currently viewing Mengintip Pembuatan Batik Tulis Danar Hadi Di Solo

Mengintip Pembuatan Batik Tulis Danar Hadi Di Solo

Mengintip pembuatan batik tulis Danar Hadi di Solo – Siapa yang tidak ketahui batik Indonesia berlabel Danar Hadi, yang sudah mendunia serta mempunyai outlet di sebagian kota besar di tanah air. Harga yang dibanderol juga bervariatif dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

berpeluang buat memandang cara pembuatan batik itu yang terletak di Museum Batik, Jalur Slamet Riyadi nomor 261, Solo, Jawa Tengah. Di Museum itu ada galeri batik dari bermacam negeri serta buatan Danar Hadi, bagus tulis atau cetak.

Tempat pembuatan batik Danar Hadi terletak di balik museum. Tempat itu menyamai pabrik yang lumayan besar. Cara pembuatan batik tulis itu bukanlah gampang serta membutuhkan durasi yang lama.

Langkah awal merupakan melukis coretan di kain putih polos. Coretan itu di coba oleh orang yang pakar serta pada umumnya kalangan laki- laki.

Baca Juga : Ciri – Ciri Dan Perbedaan Dari Batik Tulis Tegalan.

Jika terdapat konsep terkini dari para juru coretan harus di setujui dahulu oleh ayah. Jika ayah sepakat terkini di proses,” ucap pembimbing museum.

Merambah langkah kedua, batik tulis danar hadi kain yang sudah di gambar coretan kemudian ditulis ataupun istilahnya di canting. Cara pencatingan juga dapat menyantap durasi sampai 2 pekan.

” Satu kain bolak balik lama. Sebab memerlukan akurasi supaya tidak salah,” ucap salah satu juru canting yang sudah 30 tahun jadi pembatik.

Para pencanting biasanya perempuan. Tidak terdapat laki- laki yang ikut serta di proses itu.

Apabila penyusunan motif batik berakhir masuklah langkah pewarnaan. Cara pewarnaannya juga terhitung kompleks sebab wajib perinci motif serta warna bawah.

Bila cara itu berakhir kemudian kain batik itu jahit di konveksi yang pula terletak di sekitaran museum. Sehabis jadi pakaian ataupun kain yang lain, terkini diberi merek merk serta mulai di promosikan.

Follow Ig : @batik_bedjo

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan