You are currently viewing 5 Karakteristik Ciri Khas Batik Tulis Pekalongan Yang Terkenal
ciri khas batik tulis pekalongan

5 Karakteristik Ciri Khas Batik Tulis Pekalongan Yang Terkenal

5 Karakteristik Ciri Khas Batik Tulis Pekalongan Yang Terkenal – Batik pekalongan ialah salah satu kain batik asli Indonesia yang sangat populer. Apalagi di kala ini telah terdapat museum spesial yang memperlihatkan bermacam berbagai kain batik dari Pekalongan dari era ke era yang di buka buat warga biasa.

Batik memanglah menggambarkan salah satu adat asli Indonesia yang telah di akui oleh UNESCO. Apalagi kain ini telah di kira selaku salah satu peninggalan adat bumi yang harus di lindungi serta di lestarikan.

ciri khas batik tulis pekalongan

Walaupun Indonesia mempunyai banyak macam kain batik dari bermacam wilayah serta mempunyai karakteristik khasnya masing- masing, kain batik dari Pekalongan dikira memiliki hal yang buatnya jadi terus menjadi istimewa. Salah satunya merupakan sebab tiap kain senantiasa terbuat dengan motif yang istimewa, menarik serta penuh arti.ciri khas batik tulis pekalongan

Buat lebih jelasnya, ayo kita memahami kain batik pekalongan lebih dalam lagi dalam postingan selanjutnya ini.

Asal usul Batik Pekalongan

ciri khas batik tulis pekalongan

Di ambil dari catatan di The Jakarta Post, kain batik dari Pekalongan telah terdapat semenjak era ke 12. Meski tidak terdapat catatan asal usul sah hal bila serta siapa yang awal kali menciptakan kain tipe ini, tetapi asal usul hal kehadiran kain baik di Pekalongan pada era ke- 12 lumayan nyata.

Catatan itu tercatat dalam salah satu riwayat asal usul yang di tulis pada zaman Bangsa Song di Cina. Salah satu saudagar pada era itu awal kali mendatangi kota yang di ucap Pukalong.

Mereka mengatakan kalau warga Jawa hidup bersama raja( istana) dengan di sampul kain hasil membordir yang penuh warna serta motif.ciri khas batik tulis pekalongan

Perihal itu jadi salah satunya fakta kalau Pekalongan telah mempunyai kain batik semenjak ratusan tahun yang kemudian, apalagi tidak menutup mungkin jadi wilayah awal di Indonesia yang memakai kain batik.

Buat Kamu yang belum ketahui, pada era itu Kota Pekalongan amat populer dengan wine yang memakai kelapa selaku bahan utamanya. Oleh sebab itu, terdapat banyak saudagar dari bermacam negeri yang tiba ke Pekalongan buat berbisnis atau beralih asal usul energi yang mereka punya.

Tetapi produk coconut wine ini telah tidak di temui lagi, bagus sebab situasi alam Pekalongan yang jadi terus menjadi gersang ataupun sebab produk alkohol telah di larang di perjual- belikan di Indonesia.

Di tahun 2014, Pekalongan jadi negeri sangat inovatif awal di Asia Tenggara yang di akui oleh UNESCO. Perihal ini pula di akibatkan sebab kepopuleran serta kreatifitas warga Pekalongan dalam membuat kain batik.

Di Dirikannya Museum Batik Pekalongan

ciri khas batik tulis pekalongan

Pada tahun 1972, persisnya pada bertepatan pada 12 Juli 1972, Museum Batik Pekalongan awal kali di tetapkan oleh negara. Bersumber pada Wikipedia, gedung dari museum ini awal mulanya ialah gedung kota yang di buat semenjak dekat tahun 1906.

Cocok dengan namanya, di sini Kamu dapat memandang bermacam berbagai motif kain batik asli dari Pekalongan. Mulai dari yang desainnya sangat simpel serta banyak di amati, sampai yang sangat kompleks serta limited edition.

Karakteristik Khas Konsep Batik Pekalongan

Tiap batik yang terdapat di Indonesia memanglah mempunyai karakteristik khasnya tiap- tiap. Tercantum pula batik dari wilayah Pekalongan ini.

Oleh sebab itu, selanjutnya ini kita hendak mangulas apa saja karakteristik khas batik pekalongan yang sudah membuat banyak orang jatuh batin.

  1. Mempunyai Kombinasi Warna Cerah

Semacam yang telah di bilang lebih dahulu, kombinasi warna terang jadi perihal awal yang langsung menarik mata saudagar dari Cina kala awal kali memandang kain batik yang di pakai oleh warga Pekalongan.

Salah satu aspek kenapa banyak batik pekalongan yang bercorak terang merupakan sebab kain ini melukiskan situasi wilayah pantai yang mana senantiasa di sinari oleh mentari nyaris selama tahun.

  1. Mayoritas Mempunyai Motif Bunga
ciri khas batik tulis pekalongan
jenis batik tulis

Meski konsep serta motif di tiap kain batik senantiasa beda, tetapi batik dari Pekalongan senantiasa mempunyai bagian bunga di dalamnya. Bagus sedikit ataupun banyak, senantiasa terdapat wujud ataupun pola bunga di dataran kain itu.

Sebagian orang menyangka motif bunga pada kain batik ini dapat menolong membuat badan penggunanya jadi nampak lebih kecil. Meski cuma hanya khayalan, tetapi kenyataannya perihal ini membuat banyak orang merasa suka kala mengenakan pakaian batik dari Pekalongan.

Tidak sedikit yang betul- betul mencari pakaian batik tipe ini cuma buat nampak lebih ramping.

  1. Mempunyai Banyak Bagian Titik serta Garis

Tidak hanya mempunyai motif bunga, batik dari Pekalongan pula mempunyai banyak bagian titik serta garis di dalam desainnya. Perihal ini membuat konsep kain batik jadi nampak lebih padat, marak serta lebih hidup.

Meningkatkan banyak bagian titik serta garis pula membuat pola batik seolah silih berkaitan satu dengan yang lain.

  1. Mempunyai Bagian Fauna dari Mitologi Tiongkok

Walaupun batik pekalongan telah terdapat saat sebelum saudagar dari Bangsa Song tiba ke wilayah itu, tetapi mayoritas batik modern dari Pekalongan mempunyai bagian fauna yang umumnya berawal dari mitologi Cina. Salah satu yang sangat banyak di temui merupakan bagian kukila phoenix serta dragon di tiap konsep pakaian.

Perihal ini dapat jadi di akibatkan sebab akibat Cina buat warga Pekalongan pada era itu. Mengenang terdapat banyak sekali saudagar dari negara Cina yang berbisnis ke Indonesia, tidak lain ke Pekalongan.

  1. Kebanyakan Bermotif Jlamprang

Jlamprang ialah gelar buat suatu motif kain batik yang mempunyai titik- titik harmonis. Perihal ini membuat mayoritas kain batik dari Pekalongan nampak semacam mempunyai konsep 3 format.

Motif Jlamprang ini pula jadi salah satu alibi kenapa harga kain batik ini amat mahal. Sebab cara pembuatan motif semacam ini amat susah, terlebih bila wajib di coba dengan cara buku petunjuk tanpa teknologi modern semacam pc.

Arti Di Balik Tiap Motif Batik Pekalongan

Batik dari pekalongan mempunyai arti yang berbeda- beda buat tiap motifnya. Tetapi terdapat sebagian kain yang sangat populer serta mempunyai arti filosofis amat dalam di baliknya.

Yang awal merupakan batik jlamprang. Kain batik ini mempunyai arti yang berkaitan dengan style hidup serta kultur pemeluk Islam, yang mana wajib silih menjalakan persahabatan dengan sesama kerabat serta senantiasa hidup damai satu dengan yang yang lain.

Setelah itu terdapat batik yang mempunyai bagian kukila phoenix. Kain batik itu mempunyai arti filosofis berbentuk wujud kebesaran sekalian keelokan. Umumnya, bagian kukila phoenix ini senantiasa di temani dengan bagian liong ataupun dragon, yang mana memiliki maksud selaku simbolisasi kewenangan.

Sebagian kain batik pekalongan pula memiliki motif kapak di dalamnya. Perihal ini memaknakan suatu impian supaya siapapun pengguna kain itu dapat memperoleh bantuan dalam hidupnya ataupun dalam melaksanakan kegiatan tiap hari.

Serta yang terakhir merupakan motif 7 muka dalam kain batik dari Pekalongan. Bagian ini jadi wujud akulturasi serta alterasi adat antara Cina serta Indonesia.

Semacam seperti itu uraian hal batik pekalongan mulai dari sejarahnya, sampai karakteristik khas serta arti di balik tiap motifnya. Walaupun Kamu bukan masyarakat Pekalongan, tetapi tidak terdapat salahnya menekuni lebih jauh hal kain batik ini. Sebab batik pekalongan telah jadi adat Indonesia yang harus di lestarikan.