You are currently viewing Tanpa Jahit, Yuk Coba Kreasi Kain Jarik Batik Ini!

Tanpa Jahit, Yuk Coba Kreasi Kain Jarik Batik Ini!

Memang tidak semua orang menyimpan kain jarik batik di rumah. Namun bagi beberapa orang, kain ini justru barang cantik yang pas untuk dikoleksi. Baik hanya dalam bentuk kain biasa, maupun yang khusus dipersiapkan untuk membuat busana batik.

Siapa bilang kain jarik batik hanya bisa menjadi alat gendong bayi? Bagi anda yang memiliki banyak kain ini di rumah, tidak perlu bingung untuk menyulapnya apalagi menunggu adanya bayi. Dengan sedikit kreativitas, buktinya banyak busana ataupun aksesoris yang bisa anda buat tanpa harus membeli.

Nah, untuk memudahkan anda mendapatkan inspirasi, berikut ini adalah beberapa contohnya. Pas sekali untuk suasana santai hingga formal ataupun momen-momen lain yang mungkin tak terbayangkan. Multifungsi sekali bukan? Tunggu apa lagi, yuk simak selengkapnya berikut ini!

1.Bawahan Seragam Kebaya

Pastinya anda sudah tidak asing lagi melihat busana bawahan pasangan kebaya. Bukan rok, melainkan kain jarik batik yang dikenakan melilit menutup sepanjang kaki dan menyisakan bagian telapak.

Agar kuat alias tidak kendur, lilitan kain tentu perlu direkatkan dengan peniti bersama dalaman, berupa celana panjang atau rok. Jika mengikuti pakemnya, penggunaan bawahan jarik bagi perempuan harus dari arah kiri menutup ke kanan. Sedangkan bagi laki-laki menutup ke arah sebaliknya.

Terakhir, agar kain memiliki aksen yang cantik, anda bisa sedikit menyisakan kain pada bagian tengah depan dan biarkan menjuntai. Setelah itu hias dengan sedikit lipatan agar tidak terlalu terseret lantai.

2.Bawahan Rok Lilit

Serupa dengan model sebelumnya yang tanpa jahitan, bedanya kali ini anda bisa menggunakan kain jarik batik dengan lebih stylish. Cukup hanya dengan menarik setiap ujung kain yang horizontal ke bagian depan. Kemudian lilit keduanya secara silang pada bagian tengah.

Sisa bagian kain dapat anda tarik kebelakang untuk diikat dan menguatkan lilitan kain. Agar semakin yakin bawahan tidak kendur, lebih baik lagi perkuat dengan peniti pada simpul ikatannya. Setelah itu rapikan semua sisinya agar terlihat cantik.

Bawahan rok simple pun siap anda padukan dengan berbagai atasan. Bahkan dengan atasan model polos tanpa banyak ornamen pun juga tetap pas. Mengapa? Tentu saja sisa kain yang menjuntai pada bagian tengah depan memberikan kesan unik. Dengan begitu tampilan anda pun tak terasa kaku sehingga tetap cocok untuk menghadiri acara pernikahan.

3.Bawahan Semi Celana

Ingin melangkah lebih nyaman? Model semi celana adalah yang paling tepat! Memadukan model yang tampak seperti rok dan celana, kreasi kain jarik batik ini memberikan anda ruang semakin bebas untuk bergerak. Cara membuatnya pun tak kalah mudah dan tentunya anti jahit menjahit.

Jika kedua model sebelumnya anda perlu memposisikan kain secara melintang, kini kain harus dalam keadaan vertikal. Ingat letakan kain pada bagian depan tubuh anda lalu ikat kedua ujungnya pada pinggang belakang. Sematkan alat bantu pengait agar melekat dengan dalaman.

Kain yang tersisa luas bisa anda arahkan ke arah belakang di antara kedua kaki. Pada bagian inilah model celana akan terbentuk secara unik. Tarik tepian kain tadi ke arah atas dan ambil kedua ujung kain untuk dililitkan pada pinggang. Ikat ujungnya pada bagian depan serta usahakan lakukan dengan rapi. Atau anda juga bisa menggunakan simpul ikatan yang estetik, lho. 

4.Outer Cardingan Sleevless Etnik

Agar tampilan tampak modern, seringkali busana batik bawahan dengan atasan polos tanpa motif adalah pilihannya. Namun, anda tentu ingin sesuatu yang anti mainstream, bukan? Solusinya cobalah buat kain jarik batik menjadi outer simple yang selesai dalam sekejap. Salah satunya dengan Cardigan Sleevless.

Tak sulit membentuknya. Bentangkan saja kain secara horizontal pada bagian belakang tubuh setidaknya setengah punggung. Raih kedua ujung dari setiap sisi dan bawa ke arah depan atas untuk diikat pada belakang leher. Cukup ikat secara sederhana lalu cardigan batik anda pun siap!

Berkat model yang sederhana namun tetap menarik seperti ini akan sangat membantu anda hadir dalam setiap acara semendadak apapun. Hanya mengandalkan selembar kain batik, tanpa aksesoris tambahan pun penampilan anda sudah sangat ciamik, lho. Apalagi jika kain batik memiliki motif unik dan kompleks yang anda padukan dengan atasan dan bawahan polos berwarna senada.

Bagi anda wanita berhijab, inilah salah satu outfit yang juga bisa anda coba, ya!

5.Aksesoris Atasan

Jika busana terasa monoton, tambahkan saja dengan kain jarik batik. Tapi khusus pada model ini agak sedikit lain daripada model-model sebelumnya, karena kain hanya akan menjadi pemanis busana utama.

Langkah pertama adalah melebarkan kain jarik secara memanjang atau horizontal. Ambil dua ujung kain yang sejajar lalu cukup ikat dengan simpul sederhana saja. Setelah itu kalungkan simpul yang telah jadi ke belakang leher.

Biarkan kain jarik di bagian depan saja kemudian tambahkan ikat pinggang untuk membuat kain batik menyatu dengan baju utama. Rapikan seluruh bagiannya agar tidak terlipat berantakan. Aksesoris batik pun selesai anda buat!

Lebih cantik lagi batik berpasangan dengan dress polos berwarna sedikit kontras untuk membuat look tidak terlalu ramai. Salah satu outfit yang sangat hijab friendly, ya!

6.Semi Dress Kain Jarik Batik

Memakai kain jarik batik untuk ke pesta? Siapa takut! Kini anda bisa mengkreasikan kain anti jahit menjahit cukup dalam beberapa ikatan saja. Tapi sebelumnya anda bisa kenakan busana utama berwarna senada atau netral agar batik mempercantik penampilan. Seperti atasan dan bawahan celana, rok atau justru gaun panjang tanpa ornamen.

Mula-mula posisikan kain secara memanjang di belakang tubuh lalu ambil bagian tepian tengah pada kedua sisinya. Arahkan bagian ini ke dada lalu ikat dengan simpul mati yang kuat. Supaya tidak mudah lolos, peniti juga bisa anda tambahkan pada ikatan tersebut.

Setelah siap, saatnya ambil kedua ujung kain yang masih sejajar dengan bagian ikatan tadi dan ikat ujungnya. Ikat kuat agar selanjutnya bisa dikalungkan pada leher belakang. Dan semi dress pun bisa segera anda kenakan. Jangan lupa luruskan semua sisinya agar tampak rapi.

Untuk menambah sedikit aksen, ikat pinggang bisa jadi alternatif pilihan sekaligus membentuk sisi tubuh. Dengan begini semi dress batik tidak akan terlihat terlalu besar.

kain jarik batik

Deretan kreasi busana tersebut adalah bukti kain jarik batik sangat fleksibel menjadi bentuk apapun bahkan tanpa proses jahit sekalipun. Dengan sedikit modifikasi, anda pun bahkan dapat membuat jenis pakaian lainnya yang nyaman dan sesuai selera, lho. Baik itu atasan, bawahan, maupun terusan seperti dress dan outer.

Kesimpulan ;

Jadi keenam contoh ini bukanlah pakem yang terbatas. Semoga bisa menjadi inspiransi anda dalam menggunakan berbagai macam batik favorit, ya. Selamat mencoba!