You are currently viewing Tampil Maksimal Dengan 6 Tips Memilih Baju Batik Untuk Pesta

Tampil Maksimal Dengan 6 Tips Memilih Baju Batik Untuk Pesta

Tips Memilih Baju Batik Untuk Pesta

Siapapun pasti ingin tampil memukau di tengah-tengah suasana pesta. Mulai dari memakai busana spesial dengan aksesoris pilihan hingga menyematkan sepatu terbaik. Khususnya saat memilih baju batik untuk pesta, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar penampilan anda maksimal.

Jangan khawatir karena kali ini Batik Bedjo telah merangkum 6 tips yang bisa anda coba aplikasikan. Tanpa harus beli baju batik baru, anda cukup manfaatkan koleksi batik saja. Penasaran? Yuk Simak informasi berikut.

1.Sesuaikan Motif Batik Dengan Tema Pesta

Tips Memilih Baju Batik Untuk Pesta

Suasana pesta di manapun memang selalu meriah. Tapi hal ini tidak selalu menuntut anda untuk tampil heboh dengan banyak ornamen pada busana. Oleh karena itu, cari tahu dulu apa tema pesta untuk memilih model busana yang tepat.

Cara paling mudah yang adalah dengan melihat ketentuan dresscode yang diminta dalam keterangan undangan. Atau jika sama sekali tidak tertera, setidaknya anda bisa lihat bagaimana konsep undangan itu sendiri. Perhatikan apakah bertema klasik atau justru modern.

Momen acara yang kental menggunakan nuansa adat pastinya tepat sekali anda hadiri dengan mengenakan motif batik tradisional. Namun, ada baiknya tambahkan sedikit aksen modern pada ornamen baju atau aksesoris agar tetap seimbang.

Begitu pula dengan motif batik bergaya modern yang perlu anda padu dengan sedikit sentuhan klasik batik Jawa. Gaya seperti ini akan membuat tampilan anda berbeda dari yang lain.

2.Hindari Pemakaian Aksesoris Terlalu Banyak

Tips Memilih Baju Batik Untuk Pesta

Bagi wanita, belum lengkap rasanya kalau tidak menambahkan aksesoris. Cara ini biasanya merupakan jalan pintas menutupi kekurangan baju batik dan menyulapnya ke look yang lebih baik.

Walau jadi penyelamat, aksesoris terkadang juga menjadi jebakan ketika terlalu banyak memakainya. Seperti menggunakan kalung hias dan gelang unik bertumpuk. Belum lagi sepatu yang sangat menarik perhatian.

Tampilanseperti ini hanya akan membuat anda tampak penuh sekaligus kurang elegan dilihat. Untuk itu sebaiknya tentukan satu atau dua aksesoris yang sudah cukup memberikan highlight. Misalnya kalung unik dengan tas tangan, gelang dan anting yang senada, atau anting dengan tas tangan.

Namun demikian, penambahan aksesoris masih mungkin membuat batik pesta kurang menarik. Jika begini artinya anda perlu menyesuaikannya kembali dengan motif batik.

Apabila motif batik memang sederhana, maka seimbangkan dengan corak aksesoris yang sedikit lebih mencolok agar tidak monoton. Sebaliknya, apabila motif batik cukup rumit dan penuh, pilihlah model aksesoris simpel namun tetap cantik.

3.Pastikan Warna Batik Senada Dengan Tema Pesta

Baju Batik Pesta

Tips memilih baju untuk pesta selanjutnya adalah memastikan batik yang akan anda pakai punya warna senada dengan pesta. Anda juga bisa menentukan bagian ini setelah melihat bagaimana dresscode ataupun hiasan undangan.

Pesta yang condong ke arah nuansa klasik Jawa pastinya pas sekali bagi anda mengenakan batik berwarna sogan. Contohnya seperti cokelat, cokelat putih, cokelat hitam putih, dan kombinasi warna sejenisnya.

Selain memberikan gaya yang anggun pada wanita dan tegas pada pria, warna-warna ini juga membuat anda semakin elegan. Dengan begitu batik juga bisa menjadi media memancarkan karakter diri yang cukup efektif.

Lain halnya dengan suasana pesta yang cukup modern dan kekinian. Akan lebih cocok untuk menggunakan warna-warna yang variatif dan cerah agar mendukung kesan pesta yang juga demikian.

Jenis-jenis batik kombinasi dari Batik Pekalongan atau Batik Cirebonan yang kaya warna bisa menjadi alternatif yang tepat. Atau tak ada salahnya juga mencoba tampilan terkini dari batik kontemporer.

4.Pilih Ukuran Yang Pas

Tips Memilih Baju Batik Untuk Pesta

Tips memilih baju batik untuk pesta selanjutnya adalah dengan memilih ukuran yang pas. Atau dengan kata lain tidak kebesaran dan tidak kekecilan agar tetap terlihat proporsional di tubuh.

Tidak hanya bagian badan saja, lihat juga apakah ukuran lingkar lengan pas bagi anda. Jangan sampai bagian lengan terasa lebih sempit sehingga membatasi gerak anda.

Begitu juga dengan panjang baju yang tak kalah penting saat mempertimbangkan ukurannya. Meskipun pesta bernuansa mewah, bukan berarti ini membuat anda terpaksa mengenakan model baju yang cukup panjang.

Kesan yang elegan dan berkelas juga bisa anda tunjukkan melalui ukuran baju yang sesuai selera dan kenyamanan anda. Misalnya memilih batik prada bertabur emas dengan model dress untuk wanita atau kemeja eksklusif bagi pria. Selain itu, tak ada salahnya untuk mencoba berbagai model lainnya asalkan tetap memudahkan anda.

5.Pilih Baju Batik Yang Membuat Anda Nyaman

Memilih Baju Batik

Bagaimanapun kenyamanan adalah nomor satu. Meskipun baju batik sudah sangat bagus, tentu tidak cukup cocok bila anda kurang nyaman mengenakannya. Bahkan boleh jadi panjangnya waktu pesta semakin memperparah keadaan anda yang terlanjur tidak nyaman dalam balutan batik sendiri.

Karena itulah penting sekali memilih baju yang mendukung anda bergerak bebas dan tidak menyulitkan. Pertama-tama perhatikan apakah jenis kain baju batik cukup bersahabat dengan kondisi cuaca saat pesta. Terutama ketika cuaca panas, bahan katun dan sutra akan terasa adem di kulit.

Setelah itu pertimbangkan juga bagaimana potongannya. Baju batik yang baik adalah baju yang memiliki potongan proporsional. Sehingga ketika ada salah satu bagian yang terasa kurang pas saja, biasanya sudah cukup membuat pemakainya tak nyaman.

Jadi utamakan selalu kenyamanan anda dalam memakai baju batik pesta. Dengan sendirinya kepercayaan diri pun akan muncul. Kalau sudah berada pada fase ini, bersiaplah citra diri anda semakin terpancar melalui batik yang anda kenakan!

6.Sesuaikan Hijab Dengan Warna Batik

Baju Batik Untuk Pesta

Bagi wanita berhijab, umumnya sulit sekali untuk menyamakan motif hijab dengan motif batik. Kecuali memang keduanya anda dapatkan dalam satu paket yang sama. Nah, apabila tidak, pastikan saja antara warna hijab dengan warna batik senada.

Jika anda khawatir hasilnya jadi kurang menarik, anda bisa sesuaikan warna hijab dengan warna motif batiknya saja. Cara seperti ini sangat efektif untuk membuat tampilan lebih dinamis namun tetap dalam satu tema yang sama.

Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan hijab berwarna emas saat menggunakan batik dengan motif berwarna cokelat keemasan dalam latar hitam. Bisa juga seperti mengenakan hijab maroon ketika batik berlatar warna yang sama.

Boleh jadi anda pun menemukan hijab bernuansa batik yang cocok dengan busana batik pesta. Biasanya hijab seperti ini banyak diproduksi dalam motif-motif geometris atau motif batik tulis sederhana.

Akan tetapi, mengenakan motif hijab yang sama dengan baju batik sebetulnya bukanlah ide yang bagus. Setelah memakainya bersamaan justru look anda terlihat penuh. Maka ada baiknya hindari perpaduan seperti ini agar outfit pas dengan suasana pesta.

Kesimpulan

Tips Memilih Baju Batik Untuk Pesta

Sama sekali tidak sulit, bukan? Pesta umumnya sangat kental dengan suasana meriah dan cukup berkelas. Oleh karenanya, perlu sekali menyeimbangkan segala elemen busana agar tetap tampak anggun.

Momen-momen seperti ini cocok sekali untuk memakai batik prada yang sudah terkesan berkelas berkat aksen emasnya. Nah, bagi anda yang ingin mencoba batik ini, Batik Bedjo punya berbagai pilihan.

Khususnya bagi pria, anda bisa pilih berbagai macam motif kemeja-kemeja batik prada berkualitas premium. Hanya dari genggaman smartphone saja, anda sudah bisa pilih dan masukkan ke keranjang belanja, lho.

Kapan lagi belanja batik berkualitas semudah ini. Yuk cek koleksi kami  sekarang

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan