You are currently viewing Batik Tulis Gringsing

Batik Tulis Gringsing

Batik Tulis Gringsing

Pendahuluan

Makna Batik Tuliss Gringsing. Nusantra memiliki ragam warisan dan budaya yang begitu kaya, Salah satunya batik gringsing. Mungkin bagi beberapa masyarakat awan Batik gringsing masih asing. Namun jika di uraikan di dalamnya Memiliki nilai histori dan filosofi secara fisik maupun sepiritual. Kemudian batik Tulis Gringsing mejadi salah satu batik nusantara yang mengandung syarat dan makna yang dalam di setiap goresan motifnya.

Penjelasan Batik Tulis Secara Lengkap

Sejarah Batik Tulis

Makna dan Nilai Sejarah Batik Tulis Gringsing

Kemudian di jelaskan dalam Serat atau Babat pararaton,. Selain motif-motif yang ada di surakarta maupun jogja Batik Gringsing menjadi salah satu batik tertua yang ada di nusantara. Memiliki makna dan filosofi yang berhubungan dengan kehidupan manusia secara fisik maupun sepiritual. Di dalam motif batik gringsing terdapat corak yang menjadi pusat keseimbangan.// Makna Batik Tulis Gringsing.

Hal ini menjelaskan bahwa dalam hidup manusia membutuhkan keseimbangan dalam setiap sendi. Motifnya yang mudah di kenali dengan ditandai dengan motif utama berupa bunga, Kemudian kupu-kupu, Ataupun hewan lainnya. Kemudian Dengan di perindah dengan tambahan yang di sebut motif tanahan berupa motif blok seperti mata ikan, sisik ikan, ataupun titik-titik. Tersebar di berbagai daerah khusunya pulau jawa, Batik gringsing memiliki detail yang berbeda di setiap kota ataupun daerah sesuai makna dan kondisi masyarakatnya.

Batik Tulis Gringsing
batik tulis gringsing

Terdapat 3 Jenis Model Batik Gringsing, Dan masing-masing memiliki detail dan Filosofi yang berbeda-beda. Antara lain :

1. Motif Ceplok Bintang

Berkembang sekitar tahun 1930 Batik Motif ceplok bintang di dalamnya terdapat corak burung prenjak, kemudian kupu-kupu, buketan, lalu daun kapas, dan terakhir kopi pecah. di dalam ya yang penuh keragaman dan keharmonisan di harapkan manusia juga dapat melakukan hal demikian. Selain itu filosofi lainnya yang terkandung ialah keseimbangan satu sama lain dalam satu wadah yaitu kehidupan.

2. Motif Gringsing Ceplok Kembang

Didalamnya berisi Bunga kuncup, kemudian burung perkutut, dan bunga. Biasanya motif gringsing ceplok kembang memiliki dominasi warna merah, biru, hijau, ungu, dan orange. Adapun makna yang terkandung adalah setiap keindahan yang ada tetaplah membutuhkan keragaman dan keharmonisan meskipun berbeda satu sama lain. dan maksud lainnya yang terkandung agar manusia ingat pada robny ketika melihat keindahan cipta’anya yang tertuang di dalam kain.

3. Motif Gringsing Lung Kembang ataupun Lung Talas

Motif lung kembang biasanya motif utama yang terdapat didalam kainya yaitu berupa untaian bunga-bunga, Sedangkan Lung talas berisi untaian Pohon ataupun daun Talas. Namun dua-duanya memiliki makna yang hampir serupa yang berisi kebahagia’an bagi pemakainya dan keindahannya.

Batik Gringsing

Tinggalkan Balasan