You are currently viewing 5 Alasan Setelan Batik Wanita Praktis Dikenakan

5 Alasan Setelan Batik Wanita Praktis Dikenakan

setelan batik wanita

Halo semua! Setelah membahas tentang serba serbi batik, hari ini Batik Bedjo[A1]  akan membahas praktisnya menggunakan setelan batik wanita di keseharian. Kawan batik pasti sudah tidak asing lagi dengan pakaian yang satu ini, bukan?

Ya, betul sekali! Setelan itu sendiri merupakan jenis pakaian yang memiliki atasan dan bawahan, seperti set, dengan motif yang sama ataupun senada. Sebenarnya setelan tidak hanya terbatas untuk wanita saja namun juga bisa dikenakan oleh pria.

Karena jenisnya yang sudah senada baik bagian atas dan bawah setelab, kamu tidak perlu kesulitan lagi untuk mencari padanan pakaian yang serasi. Tak heran jadinya jika wanita Indonesia cukup mempertimbangkan pakaian ini untuk digunakan dalam acara resmi ataupun bekerja.

Terlebih, model dan motifnya yang bervariasi kini membuat setelan ini punya banyak pilihan. Dan tentunya masih banyak lagi alasan mengapa setelan batik wanita praktis kamu kenakan. Penasaran dengan keuntungan-keuntungan yang bisa kamu dapat? Yuk simak selengkapnya!

Tidak Perlu Bingung Mencari Pakaian Yang Cocok

Dengan model satu set yang lengkap, pastinya kamu tidak perlu pusing padu padan pakaian yang pas. Motif batik pun juga sudah disesuaikan, baik itu dengan motif yang sama ataupun berwarna senada.

Sebagian model setelan menempatkan motif batik pada bagian atasan dan bagian polos pada celana atau rok. Atau bisa juga sebaliknya dimana bagian atasan hanya memiliki warna dasar atau pola sederhana, sedangkan bawahan diisi dengan motif batik penuh.

Nah, apabila kamu mengenakan hijab dan lebih tertarik dengan atasan bercorak batik, ada baiknya pilihlah hijab yang tidak menutupi motif dari batik. Sementara bagi kamu yang tidak mengenakannya, cobalah untuk kreasikan penampilan dengan menambahkan aksesoris kalung sederhana.

Padu padan sisi atas setelan dengan aksesoris penting sekali untuk kamu perhatikan sebab bagian inilah yang menarik perhatian. Hal ini karena area wajah dan tubuh bagian atas adalah hal pertama yang dilihat oleh seseorang ketika saling berinteraksi.

Sedangkan apabila memilih bagian bawahan yang memiliki motif batik penuh, kamu bisa gunakan hijab dengan style apapun. Gaya setelan seperti ini sangat cocok untuk pengambilan foto full body karena fokus ornamen tidak hanya terpusat di satu area saja.

Pas Untuk Busana Acara Resmi

Setelan batik wanita juga menjadi pakaian yang cocok menemanimu dalam acara-acara resmi. Meski desainnya sederhana, namun di saat bersamaan juga memberikan kesan tradisional yang khidmat. Dan tidak hanya itu, beberapa pilihan setelan memiliki kesan formal sehingga terlihat pas untuk acara resmi.

Misalnya saja seperti atasan bergaya encim dengan bawahan rok kain batik slim fit. Model setelan ini cukup populer di pasaran dan tentu saja mudah kamu temukan. Style lain yang juga bisa kamu coba yaitu blouse dengan lengan standar atau kelelawar dengan pasangan rok kain bercorak sama.

Hanya tinggal menambahkan sedikit aksesoris seperti clutch bag, sepatu, atau aksesoris lainnya, kamu pun sudah siap tampil elegan. Maka tak salah jadinya jika kedua model tersebut seringkali kamu temukan dalam acara-acara pesta.

Lewat look-nya yang tampak rapi dan anggun, setelan batik membantumu menampilkan diri tanpa terlalu mencolok. Dan tak diragukan lagi pilihan pakaian ini sangat menyimpan lebih banyak waktu ketika merias diri. Tampil cantik dalam waktu singkat, kenapa tidak?

Nyaman Menjadi Busana Kantor

Mirip dengan penggunaan setelan batik pada acara resmi, setelan batik wanita juga banyak digunakan pada keseharian seperti pergi ke kantor. Penampilan yang formal bisa kamu tunjukkan hanya dengan menggunakan batik setelan, tidak jauh berbeda dengan setelan jas.

Pasangan setelan untuk kebutuhan kerja biasanya memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari ukuran tubuh. Tujuannya agar pergerakan dapat lebih bebas dan tidak terasa sesak. Contohnya seperti atasan blouse dengan model tangan sedikit kendur dan mencapai ¾ lengan, plus celana panjang.

Tidak hanya blouse, atasan longgar seperti tunik juga patut kamu coba sebagai alternatif lain. Tetapi ingat, bukan tunik yang memiliki desain mencolok ya. Usahakan untuk gunakan tunik batik yang masih memiliki kesan formal pada potongan desain dan motifnya.

Mudah Dihias Dengan Ornamen Lain

Karena setelan batik wanita biasanya memiliki desain yang sederhana, hal ini membuat pemakaian ornamen lain untuk meningkatkan penampilan menjadi lebih mudah. Hal ini karena ornamen yang dikenakan seperti kalung, anting, ataupun tas menjadi lebih mudah untuk menjadi highlight penampilan.

Apalagi jika setelan betul-betul bermotif seragam pada seluruh sisinya, aksesoris sangat bisa kamu andalkan. Supaya penampilanmu lebih dinamis, cukup tambahkan ikat pinggang dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Dan akan lebih baik jika menggunakan warna yang serupa dengan warna motif batik.

Berkat semua sisi setelan yang serupa, ornamen yang melekat pun mudah terlihat bahkan dari kejauhan. Kalung hias, anting ataupun perhiasan lainnya dapat menjadi poin utama apabila ingin melengkapi busanamu. Jangan takut berkreasi, ya!

Banyak Varian Desain Untuk Wanita

Ya, berbeda dengan setelan laki-laki, setelan batik wanita memiliki banyak desain yang berbeda. Walaupun begitu, biasanya desain setelan ini tidak memiliki desain yang rumit.

Hal ini dikarenakan wanita memiliki lebih banyak opsi desain untuk dieksplor dari pada setelan laki-laki. Jika setelan laki-laki terpaku pada suatu aturan formalitas atasan bawahan, setelan wanita cenderung tidak memiliki aturan demikian.

Desain bagi pemakai wanita, atau bahkan pakaian wanita secara umum, memiliki varian yang lebih banyak dari laki-laki. Wanita yang pada dasarnya menyukai gaya yang berbeda-beda memiliki kecenderungan untuk menghias diri dengan lebih menarik. Semakin menarik maka semakin baik.

Hal ini berbeda dari laki-laki yang tidak terlalu mempermasalahkan varian, namun masih terlihat trendy dan juga menarik. So, itulah mengapa pakaian dan setelan laki-laki memiliki desain yang serupa namun hanya memiliki perbedaan yang sedikit dari satu desain ke desain lainnya.

Desain setelan wanita sangat banyak sehingga bagi Kawan Batik yang merasa bosan terhadap satu desain dapat mencari desain serta motif lainnya dengan banyak pilihan. Dan Batik Bedjo merupakan salah satu tempat hunting yang bisa kamu coba untuk mendapatkan batik wanita yang cocok sesuai selera.

Bagaimana? Kedengarannya praktis sekali bukan mengenakan setelan batik? Boleh dikatakan setelan batik wanita merupakan salah satu pilihan utama pada banyak kesempatan berkat kemudahannya. Jangan lupa juga perhatikan sisi motif batik agar semakin menunjukkan citra dirimu.

Baju batik ini sudah banyak tersedia di toko-toko fashion online maupun pusat grosir Indonesia, kok. Kawan Batik juga bisa coba lihat-lihat berbagai motif batik di katalog Batik Bedjo, siapa tahu ada yang menarik menurutmu. Semoga artikel ini dapat membantu pembaca untuk mencari setelan batik wanita yang cocok bagimu ya! Selamat berburu batik!

jangan lupa follow instagram kami ya @batik_bedjo

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan