You are currently viewing Kelihatan Elegan, Ini Dia Beberapa Jenis Bahan Batik Licin

Kelihatan Elegan, Ini Dia Beberapa Jenis Bahan Batik Licin

Halo Kawan Batik! Setelah membahas batik-batik lokal Indonesia, kali ini BATIK BEDJO akan membahas mengenai jenis kain, terutama jenis bahan batik licin! Tapi, sebelum itu apakah kawan batik sudah tahu apa itu batik licin?

Sederhananya, batik licin merupakan kain batik yang terbuat dari bahan yang sangat halus. Inilah yang membuat batik memiliki permukaan licin ketika menyentuh kulit. Dengan teksturnya yang spesial ini, Kawan batik bisa dengan mudah mengenali mana yang merupakan jenis kain batik licin.

Selain memiliki tekstur yang halus, batik yang terbuat dari jenis kain licin juga memiliki permukaan yang mengkilap. Nah, dengan ciri-ciri inilah kawan batik pasti bisa memahami jenis kain batik licin seperti apa yang akan kita bahas.

Jika menyebut jenis kain batik licin, tak salah lagi kain sutra pasti menjadi yang pertama kali terpikirkan. Dan benar sekali, kita kali ini akan membahas tentang kain sutra. Bahkan tidak hanya kain sutra, tetapi juga jenis kain sutra dari Thailand yaitu Thai Silk dan juga jenis kain batik licin lainnya.

Kain sutra, kain Thai Silk sudah menjadi bahan yang umum digunakan saat membuat batik. Kawan batik pasti mengenali kain-kain ini karena harganya cukup tinggi dan penampilannya yang mencolok, bukan? Tanpa berlama-lama, yuk simak informasi berikut ini.

Kain Batik Sutra

Kain sutra tergolong bahan yang sering sekali disulap menjadi pakaian di Indonesia setelah kain katun. Secara sifat, kain sutra memiliki sifat yang sangat fleksibel dengan serat yang tidak mudah sobek. Teksturnya sangat lembut dan halus sekali serta nyaman saat bersentuhan dengan kulit. Selain itu, batik dengan bahan sutra juga tidak menghalangi sirkulasi udara alias adem.

jenis bahan batik licin

Keistimewaannya inilah yang membuat batik sutra mempunyai nilai tersendiri dibandingkan dengan jenis bahan batik licin lainnya. Maka tentu tak salah jika kain sutra cocok disebut sebagai bahan batik yang ekslusif dengan kualitas yang juga tinggi.

Keistimewaan dari kain sutra sebagai kain batik dapat dijabarkan sebagai berikut :

  • Kain sutra memiliki sifat kain yang kuat, bahkan kekuatannya ini bisa disamakan dengan kawat halus yang terbuat dari baja.
  • Kemampuan kain sutra dalam menyerap keringat sangat baik sehingga cocok untuk digunakan pada udara yang panas atau hangat.
  • Tekstur kain yang sangat lembut ketika berkenaan dengan kulit dan nyaman karena mengandung banyak asam amino.
  • Selain nyaman dan terlihat indah, kain sutra juga menampilkan kesan yang modis dan elegan pada batik yang digunakan sehingga memberikan nilai tambah tersendiri.
  • Kain sutra menyerap lembap dan cairan dengan sangat baik membuatnya bisa lebih cepat kering ketika basah.
  • Permukaan kain sutra terlihat berkilau terutama saat terkena pantulan cahaya atau matahari karena memiliki lapisan-lapisan prisma yang dihasilkan ulat sutra.
  • Mampu menahan sinar ultraviolet langsung mengenai kulit sehingga efektif melindungi kulit.

Kain Batik Thaisilk

Jenis bahan batik licin lainnya datang dari kain batik Thaisilk. Kain ini merupakan jenis kain yang dihasilkan dari ulat sutra, sama seperti kain sutra pada umumnya. Namun perbedaannya terletak pada jenis ulat sutra yang menghasilkan benangnya. Pada kain thaisilk, yang jenis ulat sutra yang digunakan adalah ulat sutra Thailand. Jenis ulat sutra tersebut adalah Eri Silk dan Bombyx Mori.

Menariknya, Bombyx Mori memiliki benang sutra yang memiliki berbagai warna. Mulai dari warna emas hingga warna-warna terang pun terbentuk dari kepompong ulat sutra ini. Variasi panjangnya pun bervariasi dari 500 hingga 1.500 yard per kepompong.

Berbeda dari Bombyx Mori, Eri Silk menghasilkan warna yang lebih gelap dan berat daripada sutra lainnya. Tekstur sutra yang dihasilkan dari Eri Silk ini bisa beragam dari kasar, halus, pada, tahan lama, hingga elastis.

Untuk mendapatkan serat yang lebih tebal dari sutra lainnya, wanita Thailand biasanya menggabungkan filamen-filamen benang yang memiliki ukuran sangat tipis. Caranya adalah menggulung benang menggunakan gulungan kayu yang kemudian akan menghasilkan sehelai benang sutra yang seragam.

Hasilnya kain kemudian direndam dalam air panas dan dikelantan sebelum kemudian melewati proses pewarnaan. Setelah siap benang pun dikeringkan dan siap untuk ditenun.

Lebih mudahnya, kain Thaisilk memiliki karakteristis sebagai berikut :

  • Permukaan kain memiliki kilau yang unik dengan campuran warna lungsin dan warna pakan. Warna ini dapat berubah sesuai sudut pandang kita melihatnya.
  • Ada bau yang khas, seperti bau rambut dan kuku manusia yang dibakar.
  • Berdaya serap baik sehingga terasa nyaman
  • Fleksibilitas yang tinggi terhadap suhu dan cuaca. Thaisilk terasa hangat pada musim dingin dan sejuk menjadi busana pada musim panas.
  • Cenderung mudah kusut karena mengikuti alur tubuh manusia.
  • Tahan terhadap panas.
  • Kuat dengan daya tahan lebih besar dari baja. Namun lebih elastis hingga dapat diregangkan hingga 20% panjang aslinya dan dapat kembali ke ukuran semula.
  • Memiliki sifat awet dan tahan lama.

Kain Batik Rayon

Bila membandingkan kain ini dengan dua jenis kain sebelumnya, jenis bahan batik licin yang satu ini tentu saja punya karakteristik yang berbeda. Bahan rayon merupakan jenis kain hasil regenerasi serat selulosa yang memiliki sifat seperti kapas. Hanya saja kekuatan kain ini cenderung lebih rendah daripada kain yang terbuat dari kapas. Kelemahan kain ini terutama terlihat apabila terkena zat alkali.

Meski begitu jenis bahan batik licin ini menyimpan keistimewaannya sendiri, lho. Keistimewaan dari kain rayon beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Daya serap keringat bahan rayon tinggi seperti kain katun membuatnya nyaman sekali untuk digunakan.
  • Tekstur dari kain rayon ini termasuk sangat halus dan lembut saat bersentuhan dengan kulit.
  • Rayon merupakan kain yang mudah untuk diwarnai sehingga hasil batik terlihat bagus.
  • Karena sifatnya yang mudah menyerap warna, tampilan batik pada kain rayon tampak memiliki warna yang cerah.
  • Menghasilkan kilau alami yang cukup tinggi saat terpantul cahaya, tidak mudah kusut dan memiliki permukaan yang licin seperti sutra.
  • Walaupun kain rayon memiliki tektur yang licin dan juga lebih berkilau, kain tergolong ke dalam kain yang menggantung.
  • Sering sekali menjadi bahan dasar busana sehingga tidak sulit menemukannya di pasaran.

Nah, bagaimana Kawan Batik? Sekarang sudah semakin kenal berbagai jenis bahan batik licin, kan?

Follow ig @batik_bedjo

Ternyata ada banyak jenis bahan batik licin selain kain sutra. Selain ketiga jenis bahan tersebut, kain satin juga termasuk dalam jenis bahan batik licin yang mungkin kamu cari.

Semoga informasi ini bisa membantu Kawan Batik saat mencari-cari tentang batik yang akan kamu pilih Kalau belum juga menemukan batik yang tepat, Kawan Batik bisa mampir ke katalog kami dan temukan berbagai pilihan kain batik sutra thaisilk spesial dari Batik Bedjo.  Hanya cukup sekali klik, kamu sudah bisa dapatkan batik favorit. Yuk segera cek ketersediaan barang batik pilihanmu dan pesan lebih mudah!

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan