You are currently viewing 7 Model Batik Wanita Kantor Untuk Tampil Muda

7 Model Batik Wanita Kantor Untuk Tampil Muda

Sudahkah menyiapkan baju batik yang sesuai untuk kerja besok? Atau jangan-jangan masih bingung memilih yang mana? Jangan sampai model batik malah membuat penampilan kuno dan terlihat tua. Itulah mengapa penting sekali untuk perhatikan bagaimana model batik wanita kantor setiap waktunya.

Tak perlu khawatir dengan variasi model batik anda hanya itu-itu saja. Anda bisa modifikasi kain batik menjadi pakaian yang stylish sekaligus profesional dengan 7 model batik wanita kantor ini. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi baru untuk batik-batik kerja anda ke depannya. Pasti sudah tidak sabar, bukan? Yuk, cek daftarnya sekarang!

Model Batik Kombinasi Kain Polos

Bagi anda yang senang dengan padu padan warna, tak ada salahnya mencoba memadukan motif batik pilihan anda dengan bahan polos. Warna bahannya pun bisa menyesuaikan selera, asalkan terlihat menyatu saat kedua kain bersamaan. Contohnya seperti batik dalam dominasi warna biru dongker dikombinasikan dengan kain polos berwarna biru yang sedikit lebih muda. Atau padu padan lainnya.

Lalu bagaimana dengan motif batiknya sendiri? Karena pasangan kombinasi adalah kain polos, batik sebaiknya bermotif kompleks. Sehingga tampak keseluruhan model batik seimbang dan cantik.

Bahkan untuk batik berwarna klasik coklat sogan sekalipun, tidak masalah mengkombinasikannya dengan kain berwarna cerah. Cara seperti ini tentu akan membuat model pakaian kerja otentik sekaligus trendy.

Model Kombinasi 2 Kain Batik

Model kombinasi tidak hanya dapat anda lakukan pada batik dengan kain polos saja. Mix and match antara 2 motif batik pun juga menjadi tren model batik wanita kantor yang berkembang saat ini. Jika dibayangkan mungkin paduannya akan kurang harmonis. Namun bukan hal yang tidak mungkin.

Untuk itu, membentuk model kombinasi ini cukup memerlukan kemampuan menyesuaikan kedua motif batik. Yaitu dengan memilih kain batik bermotif kompleks dengan batik bermotif renggang. Umumnya, model ini akan menggabungkan batik motif non-geometris dengan motif geometris. Dan tak lupa menyerasikan warna setiap batik.

Posisi masing-masing kain juga dapat anda letakkan sesuai keinginan. Baik itu dengan model tumpuk layer atau menjadikan batik non-geometris sebagai ornamen pemanis di beberapa bagian. Nah, supaya penampilan tetap terkini, sangat baik jika panjang baju hanya mencapai setengah pinggul dan potongan lengan pendek atas siku. Lalu bagian pinggang sedikit mneceruk ke dalam tanpa menghilangkan ruang untuk bergerak.

Model Batik Kantor Blazer

Ini dia model batik wanita kantor yang paling fleksibel anda gunakan. Menyulap batik menjadi model blazer membuat anda tak kesulitan mengenakan pakaian di bagian dalam. Jadi tidak harus selalu memakai kemeja berkerah. Atasan berbahan kain tanpa lengan pun juga tak masalah anda gunakan.

Blazer batik memiliki 2 macam gaya, yaitu tanpa lengan dan lengan panjang. Masing-masingnya tentu harus disesuaikan lagi dengan aturan berpakaian kantor anda. Jika memang diperbolehkan untuk mengenakan model tanpa lengan, pilihlah blazer dengan panjang hingga mencapai lutut. Ini akan membuat penampilan tetap rapi dan tidak terlihat seperti rompi.

Sementara bagi blazer dengan gaya lengan panjang, akan lebih cantik menerapkan ukuran 7/8. Lalu perhatikan juga bagian kerah. Meskipun tidak masalah menggunakan kerah polos, namun balzer batik akan tampak lebih profesional dengan kerah yang sedikit tinggi ke bagian leher.

Dress Batik

Bosan dengan model batik kantor atasan? Saatnya lakukan penyegaran dengan model dress batik. Model ini tergolong lebih mudah dalam mengaplikasikan motif batik. Baik itu motif dengan warna coklat khas batik ataupun yang kaya warna, semuanya cocok.

Agar tidak terkesan monoton, perlu untuk menambahkan beberapa aksen pelengkap pada beberapa bagian. Misalnya pada bagian kerah yang menggunakan bahan berwarna polos. Atau justru menjadi pita pemanis yang melingkari pinggang.

Aksen tersebut juga harus memperhatikan kesepadanan warna dengan motif batik. Tidak harus dengan warna yang sama, anda bisa mengaplikasikan warna yang masih satu tone. Dengan begitu, tentunya dress akan lebih menarik. Atau jika anda lebih menyukai gaya simple namun tetap berkarakter, berikan penekanan pada motif batik. Pilihlah corak motif yang terlihat elegan sehingga anda tidak perlu menambahkan ornamen lain. Busana batik batik siap menunjang produktivitas!

Model Batik Cheongsam

Bukan hanya untuk merayakan imlek, baju cheongsam juga bisa anda gunakan saat bekerja, lho. Tapi ingat bukan model cheongsam untuk pesta. Ambil saja ide sebagian model baju ini lalu sesuaikan dengan model batik wanita kantoran yang umum.

Cheongsam identik dengan kancing samping atau ornamen kancing pita yang melintang diagonal pada bagian dada. Tak lupa kerah shanghai yang melengkapi ciri khasnya. Nah, konsep inilah yang bisa anda terapkan pada baju batik kerja. Setelah itu tentukan apakah akan dibuat sebagai atasan atau dress batik cheongsam. Pada aplikasi motif batik, tidak harus selalu terpaku pada warna merah dengan motif kembang saja. Baju batik cheongsam akan sangat pas jika menggunakan corak batik yang cerah, baik dengan motif beragam atau serupa. Seperti batik khas Pekalongan dan Cirebonan.

Model Batik Kantor Tunik

Selain blus, model batik wanita kantoran lainnya yang pas untuk fashion berkerudung adalah tunik. Dengan model khas yang panjang menutupi hingga ke lutut, anda masih bisa mengenakan bawahan celana bahan slim fit untuk membuat tampilan lebih langsing.

Meski begitu, memakai model tunik kadang sedikit tricky. Karena jika ukuran baju lebih longgar dari pada tubuh, bisa-bisa anda terlihat lebih berisi dan tentunya kurang proporsional. Bukan cuma itu saja. Pemilihan motif batik pada model ini juga cukup berpengaruh.

Ada baiknya untuk memilih motif dengan ragam hias berukuran sedang dan tidak terlalu kompleks. Ini akan membantu penampilan anda tidak terlihat penuh sehingga sesuai dengan ukuran tubuh anda. Namun, untuk soal warna, tunik cenderung lebih mudah beradaptasi dengan warna batik apapun. Tak perlu khawatir untuk kreasikan tunik kantor anda, bahkan jika memang ingin mengkombinasikan 2 motif batik.  Asalkan warna motif senada dan ukurannya berbeda. Misalnya batik motif parang pada bagian utama tunik dengan batik jumputan di bagian lengan.

Model Bolero Rompi Batik

Beberapa kantor perusahaan memperbolehkan pegawai wanita mengenakan style bolero rompi tanpa lengan untuk bekerja. Apabila anda adalah salah satunya, jangan takut untuk menyulap batik menjadi model bolero rompi yang cocok bagi lingkungan kerja.

Soal motif, apapun bentuk dan warnanya bebas anda pilih dengan catatan bukan motif yang terlalu sederhana atau renggang. Mengapa? Umumnya bolero rompi digunakan sebagai fashion pemanis yang akan menyeimbangkan atasan dan bawahan polos. Sehingga jika bolero bercorak batik, sangat baik untuk memilih model dengan motif yang cukup kompleks.

Lalu akan lebih cantik lagi dengan gaya kerah reverse yang besar. Nah, pada bagian kerah yang terlipat inilah posisi yang tepat untuk meletakkan motif batik berbeda. Dengan begitu, bolero tampak jauh lebih unik dan menarik.

“Baca juga : model baju batik kerja pria

Itulah dia 7 alternatif model batik wanita kantoran yang bisa anda terapkan. Agar tampil sempurna, memodifikasi menjadi ide yang cemerlang. Tapi jangan lupa untuk hightlight batik sehingga menjadi bagian utama dari pakaian. Dan ingat selalu, apapun modelnya, batik kerja wajib untuk terlihat rapi, sopan, dan mencerminkan profesionalitas diri. Selamat mencoba!

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan