You are currently viewing Asal Usul Batik Mega Mendung Serta Filosofi

Asal Usul Batik Mega Mendung Serta Filosofi

Asal usul Serta FILOSOFI MOTIF BATIK MEGA MENDUNG- Motif batik mega mendung ialah salah satu tipe motif batik yang berawal dari Cirebon. Walaupun nampak simpel, motif ini memiliki filosofi serta arti yang lumayan mendalam. Mau ketahui lebih lanjut hal motif batik ini? Ikuti postingan selanjutnya.

asal usul batik mega mendung

Arti Serta Filosofi

Motif batik mega mendung mempunyai corak berupa awan yang terkumpul di atas langit. Bagi sejarahnya, ilham motif ini timbul kala terdapat seorang yang tanpa terencana memandang pantulan wujud awan lewat kubangan air kala cuaca mendung.

Baca Juga : Batik Tulis Mega Mendung Dari Kota Cirebon

Dengan cara literal, motif batik mega mendung melukiskan wujud awan pada di kala cuaca mendung. Bila di telusuri lebih dalam, motif mega mendung mempunyai arti yang lebih dari itu.

Mega mendung memiliki arti kalau tiap orang wajib meredam marah serta kemarahan dalam situasi apapun. Cuaca mendung melukiskan atmosfer batin seorang yang senantiasa” sejuk”( dingin) walaupun lagi marah. Perihal itu searah dengan cuaca mendung yang bawa atmosfer adem.

asal usul batik mega mendung

Tidak cuma wujudnya saja, warna motif mega mendung pula mempunyai arti yang mendalam. Warna biru menandakan watak atasan yang mengayomi rakyatnya. Nuansa pada bunga motif awan menandakan 7 susunan langit, 7 susunan tanah, dan jumlah hari dalam satu pekan.

Walaupun pada awal mulanya mempunyai nuansa warna yang sudah di detetapkan, saat ini motif mega mendung sudah bertumbuh dengan menawarkan bermacam warna lain. Perihal ini di pengaruhi oleh permohonan pasar yang lalu berganti. Kreator batik tulis senantiasa menjaga arti motif mega mendung walaupun warna yang terbuat berubah- ubah – asal usul batik mega mendung

canting batik tulis

Kenyataan Menarik

  • Maksud yang Menenangkan

Motif mega mendung mempunyai maksud kalau tiap orang wajib senantiasa hening dalam mengalami seluruh situasi. Perihal ini cocok dengan deskripsi awan yang tiba di kala hendak turun hujan( mendung). Mendung mempunyai temperatur adem yang menandakan kenyamanan batin seorang.

  • Termotivasi dari Langit

Karakteristik lain dari motif ini merupakan inspirasinya yang tiba dari langit. Ternyata memandang langit dengan mendongak ke atas, pencipta batik malah memandang langit lewat kubangan air di tanah. Dalam kubangan itu, beliau memandang sekumpulan awan yang setelah itu di jadikan gagasan pembuatan motif batik.

  • Mempunyai 9 Aransemen Warna

Dalam pembuatannya, motif batik ini senantiasa memiliki 9 aransemen warna yang di tunjukkan dalam nuansa. Tetapi, di kala ini 9 aransemen warna ini dapat berganti terkait permohonan pasar. Walaupun aransemen rupanya berganti, arti motif batik ini senantiasa serupa semacam awal kali beliau di lahirkan.

  • Rancangan Ketuhanan

Arti yang berkaitan dengan langit pula membuktikan rancangan Ketuhanan yang di anut pemeluk orang. Langit di tafsirkan selaku tempat yang bersih serta kekal, tempat bermukim Tuhan buat memantau umat- Nya.

Kita wajib besar hati mempunyai motif batik istimewa dengan arti mendalam yang di milikinya. Karakteristik motif batik mega mendung wajib kita piket serta lestarikan selaku salah satu adat wilayah.