You are currently viewing 14 Motif Batik Cirebon Bersama Gambar serta Penjelasannya
Motif Batik Cirebon

14 Motif Batik Cirebon Bersama Gambar serta Penjelasannya

14 Motif Batik Cirebon Bersama Gambar serta Penjelasannya – Motif batik Cirebon ialah salah satu perihal yang menarik buat di pelajari. Kemajuan kerajinan batik di wilayah Cirebon tidak dapat di lepaskan dari kedudukan anak didik Sunan Gunung Asli yang bernama Ki Besar Trusmi, yang d ikala ini di jadikan julukan salah satu dusun yang terdapat di Kota Cirebon.

Ki Gede Trusmi ialah badan dari golongan tarekat dari Sunan Gunung Asli kala era dahulu. Motif yang sangat populer dari wilayah Cirebon merupakan batik mega mendung yang jadi kebanggan serta simbol kota ini.

Baca Juga : 7 Motif Batik Cirebonan Yang Perlu Anda Tahu dan Cirinya

Lalu gimana narasi asal usul mengenai dini mula kerajinan batik mulai bertumbuh di Cirebon yang di bawa oleh Ki Gede Trusmi? Apakah terdapat filosofi arti yang tercantum di dalam tiap maknanya?

Nah, buat menanggapi seluruh persoalan serta rasa penasaran Kamu, langsung saja ikuti data mengenai motif batik Cirebon serta uraiannya di dasar ini.

Asal usul Batik Cirebon

Memo asal usul mengenai batik Cirebon berasal kala era dahulu banyak di gunakan oleh baginda istana, setelah itu bertumbuh di golongan warga biasa. Awal mulanya macam motif yang terhambur di Cirebon berawal dari area aku dalem istana Cirebon.

Tetapi sesungguhnya penyebaran batik di wilayah Cirebon serupa saja dengan penyebaran kerajinan batik di wilayah Solo serta Jogja.

Saat sebelum populer, batik di Kota Cirebon cuma di pelajari buat gadis istana saja selaku alat buat memuat durasi senggang mereka. Pembuatan kerajinan batik kala era itu sedang memakai ornamen- ornamen semacam, siti inggil, paksi dragon liman, kanoman, halaman kasepuluh serta halaman sunyaragi. Seluruh bunga di atas oleh warga Cirebon biasa di ucap dengan batik style istana.

Pada dini mulanya warga Cirebon menekuni kerajinan batik buat aktivitas berbisnis dalam bagan menaikkan pemasukan. Tetapi bersamaan bertumbuhnya era, batik terus menjadi populer serta menghasilkan salah satu motif batik dari Cirebon selaku simbol kultur warga Cirebon tertentu.

Kerajinan batik dari Cirebon ialah tipe batik yang mengenakan motif istimewa serta khas, yang tercantum golongan batik pesisiran. Hendak namun, terdapat sebagian tipe batik Cirebon yang terkategori selaku golongan batik istana, istana kasepuhan serta istana kanoman.

Arti Filosofi Batik Cirebon

Arti filosofi dari macam motif batik dari Cirebon tidak bebas dari narasi sejarahnya. Banyak narasi yang berkata kalau dini mula timbulnya batik di Cirebon dipengaruhi oleh andil Ki Gede Trusmi yang ialah pengikut loyal Sunan Gunung Jati.

Salah satu tata cara ajakan penyebaran agama Islam yang di coba oleh Sunan Gunung Asli merupakan lewat keelokan membatik.

Kala era itu, aktivitas membatik pula di coba oleh badan tarekat yang berbakti di istana Cirebon, dan para badan ini bermukim di Dusun Trusmi serta sekelilingnya.

Kerajinan membatik di pakai selaku pangkal pemasukan golongan tarekat itu kala era itu terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bagi bermacam narasi yang tersebar, kemajuan motif batik Cirebon mempunyai hubungan akrab dengan kemajuan golongan tarekat itu.

Macam Motif Batik Cirebon

Macam motif batik yang bertumbuh di Kota Cirebon pada dasarnya mempunyai 10 motif yang kerap di temukan. Tetapi butuh di kenal pula kalau sedang banyak lagi tipe motif tidak hanya yang aku sebutkan di bawah ini, seluruhnya di akibatkan oleh akibat kemajuan era menimbulkan banyak motif terkini.

Selanjutnya ini motif- motif batik Cirebon yang biasa berkembang di warga, antara lain:

Motif Batik Mega Mendung

Motif batik mega mendung ialah salah satu dari demikian banyak tipe batik di kota Cirebon yang sangat populer. Batik mega mendung ini memiliki karakteristik khas yang berlainan dengan wilayah lain, ialah motifnya berbentuk gambar yang mendekati dengan awan dengan warna terang.

Nilai- nilai filosofi yang tercantum di dalamnya berhubungan akrab dengan asal usul lahirnya batik Cirebon dengan cara totalitas.

Motif batik Cirebon satu ini memperoleh gagasan dari garis- garis awan dengan wujud lancip, bulat panjang serta segitiga. Seluruh wujud ini pula dipengaruhi oleh unsur- unsur Cina, tetapi senantiasa yang jadi pembeda merupakan pada wujud Cina awannya bundar, sebaliknya mega mendung wujudnya lancip serta bulat panjang.

Motif sangat populer dari Cirebon ini di daftarkan ke UNESCO buat mendapatkan pengakuan selaku salah satu peninggalan adat bumi. Tidak hanya itu, motif awan berawan luang di gunakan jadi cover novel yang bertajuk“ Batik Design” cetakan dari luar negara.

Novel itu di tulis oleh Pepin Van Roojen, masyarakat asli negeri Belanda. Setelah itu ayah H. Komarudin Kudiya S. IP berlaku seperti pimpinan setiap hari yayasan batik Jawa Barat( YBJB) membagikan opini kalau motif mega mendung merupakan buatan sangat terhormat serta penuh arti. Oleh sebab itu, pemakaian motif mega mendung hendaknya di lindungi dengan bagus serta ditempatkan sebaiknya.

Motif Batik Paksi Naga Liman

Motif batik Cirebon paksi Naga liman

ini ialah motif asli Cirebon yang mempunyai gambar sepur emas paksinagaliman. Wujud dari paksi dragon liman merupakan kombinasi antara 3 fauna, ialah paksi( garuda), dragon( ular) serta liman( gajah). Faktor warna yang di pakai pada motif ini mengarah berlatar putih serta warna coklat amat istana sekali.

Paksi Naga liman sendiri ialah ikon dari daya istana ataupun kerajaan Cirebon, ialah paksi( hawa), naga( laut) serta liman( bumi). Apalagi buat motif yang satu ini kerap sekali d ipesan oleh wisatawan mancanegara( spesialnya Jepang) buat di jadikan materi kimono.

Motif Batik Raja hutan Payung

Motif batik Cirebon berbentuk raja hutan parasut tidak dapat di lepaskan dari akibat style istana di wilayah Cirebon. Karena motif raja hutan parasut merupakan salah satu tipe batik yang gagasan pembuatannya dari area Istana Kanoman. Di dalam batik tipe ini mempunyai sebagian maksud serta arti yang tercantum di dalamnya, antara lain:

  • Wit- Wit, merupakan wujud motif garis lembut serta pipih yang jadi karakteristik khas batik Cirebonan. Tutur waktu indonesia timur(WIT) sendiri memiliki arti ketabahan dari para pengrajin kala cara membatik.
  • Gunungan, mempunyai maksud ekspedisi ataupun cerita para raja dari dini sampai akhir hidupnya. Gapura Kraton, memiliki arti keterbukaannya istana untuk warga Cirebon.
  • Rucuk Bung, ialah wujud akhir bambu yang jadi motif perias pinggiran yang terdapat pada batik raja hutan parasut.
  • Wadasan, ialah batu cadas yang memiliki maksud kekokohan istana selaku pusat kerajaan yang kekokohannya ditafsirkan seperti batu cadas.
  • Daun Pandan, mempunyai maksud kewangian julukan istana ataupun kerajaan di golongan warga.
  • Tumbuhan Beringin, memiliki maksud kalau istana jadi tempat berlindungnya warga dari bahaya ataupun ancaman.
  • Raja hutan, memiliki maksud raja selaku atasan serta kewenangan.
  • Paksi Naga Liman, buat maksudnya serupa semacam yang telah aku jelaskan di bagian lebih dahulu.
  • Parasut Baginda, memiliki maksud kalau istana ataupun kerajaan jadi pengayom buat merupakan.
  • Bata Tumpukan, merupakan karakteristik khas gedung yang terdapat di wilayah Cirebon. Pada biasanya bata tumpukan hendak sering ditemui pada gerbang ataupun gerbang- gerbang pusat pemerintahan kabupaten Cirebon serta di keraton- keraton yang terdapat di wilayah Cirebon.

Motif Batik Patran Keris

Wujud motif batik Cirebon patran keris merupakan motif yang terkategori klasik, tetapi kerap dipesan oleh banyak orang Jepang seperti motif paksi naga liman yang dipakai selaku materi pembuatan kimono.

Perihal ini pula jadi fakta kalau batik Cirebon sudah diketahui serta disukai oleh warga global.

Motif Batik Kompeni

Motif batik Cirebon yang satu ini mempunyai sedikit perbandingan dengan motif- motif lebih dahulu. Pada motif batik wilayah Cirebon biasanya memakai bunga flora fauna serta bermacam ikon khusus, tetapi pada motif kompeni ini ialah motif berfoto narasi.

Cerminan yang ada pada motif batik ini merupakan atmosfer perang pada era kolonial Belanda yang motifnya terdiri dari bedil pekatu, tank, truck, bambu tajam serta senapan.

Karakteristik penting dari motif kompeni merupakan melukiskan angkatan VOC serta situasi masyarakat Cirebon kala era kerajaan. Buat angkatan VOC umumnya hendak di tafsirkan dengan senapan keselarasan jauh serta bedil pekatu, sedangkan masyarakat hendak di tafsirkan lewat kehidupan orang tani, nelayan serta orang dagang.

Faktor warna kerangka buat motif batik kompeni ini umumnya hendak di di amkan bercorak putih, serta jadi karakteristik khas dari motif ini. Tetapi hendak di temui pula motif batik kompeni yang mempunyai kerangka yang bagikan warna.

Motif Batik Singo Barong

Mobil ialah salah satu tipe alat transportasi ataupun perlengkapan pemindahan era saat ini yang kerap di pakai oleh warga. Tetapi kala era dulu, Kerajaan Cirebon mempunyai alat transportasi yang wujudnya nyaris mendekati dengan mobil canggih.

Alat transportasi itu sering di ucap dengan julukan sepur singo barong. Karena sepur ini di tarik oleh 4 akhir kerbau serta di gunakan jadi alat transportasi baginda ataupun raja. Buat saat ini ini, alat transportasi sepur singo barong sudah di taruh di museum Kerajaan Kasepuhan Cirebon.

Perihal ini pula yang mengilhami para pengrajin batik buat mengabadikannya dalam motif batik Cirebon dengan julukan batik singo barong, di mana bunga penting motifnya melukiskan sepur singo barong.

Motif Batik Naga Silam

Motif batik Cirebon naga dahulu ialah kombinasi dengan kerangka motif mega mendung serta terdapat naga dahulu di dalamnya. Dengan kombinasi keduanya, kesimpulannya terwujud motif ini yang memiliki keelokan tertentu pada ornamennya.

Wujud gambar naga di sini mendapatkan gagasan dari negara Cina dengan kombinasi India yang mempunyai filosofi bagus melawan kesalahan.

Motif Batik Halaman Teratai

Motif batik tumbuhan lotus dari Cirebon ini pada awal mulanya memperoleh gagasan dari bunga lotus yang bagus dengan daun yang menjulang. Arti filosofi yang tercantum dalam motif ini membuktikan keelokan dari Kota Cirebon dengan bunga- bunga.

Motif Batik Wedasan

Motif Batik Cirebon

Motif batik wedasan ialah motif yang memperoleh gagasan dari cabang daun yang lebih mengarah berwarna alam. Tipe motif ini sedang terkategori gerakan gradasi istana sekali dengan corak coklat dengan kerangka putih.

Motif Batik Sawat Pengantin

Motif Batik Cirebon

Julukan sawat sendiri mempunyai maksud kapak ataupun di dalam bahasa Cirebon di ucap dengan julukan lar. Ada suatu opini kalau julukan sawat berawal dari tutur syahwat.

Motif sawat ini merupakan salah satu motif batik khas Dusun Trusmi yang kerap di pakai oleh pendamping mempelai dalam prosesi kegiatan perkawinan. Perihal ini diakibatkan sebab terdapat arti filosofi di dalamnya berbentuk di yakini bisa mencegah kehidupan konsumennya.

Lebih mudahnya kita ucap saja dengan motif batik mempelai yang bersumber pada sejarahnya merupakan motif yang kerap di pakai oleh para keluarga istana. Ilustrasinya semacam Istana Kanoman, Istana Kacirebonan, Istana Kaprabonan, hingga menghasilkan motif ini tercantum tipe batik pantangan ataupun cuma di pakai kala kegiatan oleh golongan khusus.

Motif Batik Banjar Balong

Motif batik Cirebon satu ini mempunyai cerminan suatu tumbuhan hidup duit di bagian kanan serta kirinya di apit oleh kukila garuda. Batik alur balong ini memantulkan mengenai tumbuhan hidup yang jadi ikon dari suatu susunan kehidupan, di mana terciptanya keserasian serta penyeimbang selaku bayangan kehidupan di bumi.

Motif Batik 3 Negeri

Motif Batik Cirebon

Motif batik Cirebon satu ini telah banyak di dominasi dengan bunga floral di dalamnya. Batik motif ini hendak kerap di temui di wilayah Indramayu, hendak namun di Cirebon pula mempunyai cirinya tertentu.

Batik kliwed yang terdapat di Cirebon lebih banyak memakai warna gelap, tetapi senantiasa nampak kira- kira jelas.

Motif Batik Cirebon Kliwed

Motif Batik Cirebon

Motif batik Cirebon satu ini telah banyak didominasi dengan bunga floral di dalamnya. Batik motif ini hendak kerap ditemui di wilayah Indrmayu, hendak namun di Cirebon pula mempunyai cirinya tertentu.

Batik kliwed yang terdapat di Cirebon lebih banyak memakai warna gelap, tetapi senantiasa nampak kira- kira jelas.

Motif Batik Cirebon Putri

Motif batik asal Cirebon satu ini memanglah betul melukiskan seseorang gadis pada kain batik yang terbuat. Walaupun gadis yang di tafsirkan tidaklah gadis dari istana yang terdapat di Kota Cirebon.

Perihal ini jadi tanda- tanda akulturasi adat yang di peroleh oleh warga Cirebon dari sebagian wilayah lain yang masuk ke Cirebon. Walaupun adat yang berlainan, tetapi senantiasa dapat hidup damai berdampingan.