You are currently viewing Yuk Kenali Batik Sablon Malam Lebih Dekat!

Yuk Kenali Batik Sablon Malam Lebih Dekat!

Batik Sablon Malam

Seiring berkembangnya model dan jenis batik, kini pun hadir juga varian Batik Sablon Malam. Batik ini memang tak sepopuler batik tulis ataupun batik cap. Namun, bukan berarti tidak mudah anda temukan pada berbagai toko dan pusat grosir.

Bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh, untungnya kali ini Batik Bedjo sudah merangkum informasi lengkap seputar Batik Sablon Malam. Simak selengkapnya, ya.

Apa itu Batik Sablon Malam?

Anda pasti kenal dengan sablonan. Konsep tersebut memang sama apabila diaplikasikan dalam produksi batik sehingga menghasilkan Batik Sablon. Atau dengan kata lain batik ini juga punya proses yang sama seperti sablon pada umumnya. Yaitu mencetak motif batik ke atas kain dengan bantuan peralatan khasnya.

Hanya saja ada yang berbeda antara Batik Sablon dan Batik Sablon Malam. Ketika batik sablon memanfaatkan pasta pewarna buatan yang biasa digunakan untuk kebutuhan sablon pada umumnya, tidak dengan versi Sablon Malam. Karena seperti namanya, batik ini menggunakan tinta malam untuk mewarnai motif.

Produksi Batik Sablon Malam sendiri kebanyakan manual. Sehingga jenis batik ini bukanlah batik printing. Hal tersebut sangat terlihat dari media pembuatannya yang sama sekali berbeda.

Namun, sebaliknya batik ini sekilas cukup mirip dengan gaya batik cap. Sama-sama memiliki motif geometris dan sama-sama berbasis pewarnaan malam. Lalu apa perbedaan antara keduaya?

Perbedaan Batik Sablon Malam dengan Batik Cap

Batik Sablon Malam

Salah satu elemen yang membuat keduanya berbeda ada pada media atau peralatan pembuatannya. Anda tentu paham sekali peralatan utama untuk membuat batik cap. Media batik cap punya bentuk layaknya stempel. Ukurannya pun besar serta bagian dasar diukir dengan motif batik geometris.

Melalui bagian inilah perajin mencelupkan tinta malam dan kemudian ditempelkan ke atas permukaan kain polos. Proses pengecapannya pun bertahap sebidang demi sebidang sehingga tidak sekali jadi. Dan tentunya ini membutuhkan ketelitian perajin agar posisi cap dengan motif sebelumnya sama lurus.

Lain halnya dengan peralatan ketika membuat Batik Sablon Malam, seperti kayu screen sablon yang berukuran sama dengan lebar kain. Alat ini akan menjadi akan menjadi wadahnya desain motif batik.

Nah, jika batik cap memiliki alat cap ukir, batik ini menggunakan Rakel yang berfungsi sama. Yaitu mendorong tinta ke seluruh screen sehingga tercetak motif pada kain. Berbeda dengan batik cap yang sekaligus menyatukan fungsi bentuk desain dan pencetakan dalam satu alat yang sama.

Dari segi pencetakan kurang lebih tidak terlalu kontras. Hanya saja, batik ini bisa jauh lebih cepat selesai berkat tekniknya yang langsung memotifkan kain dalam satu blok luasan screen. Sehingga tidak perlu secara satu demi satu motif.

Ciri-Ciri Batik Sablon Malam

Batik Sablon Malam

Agar dapat mengenal batik ini saat hendak membeli, ada baiknya perhatikan ciri-ciri berikut ini :

  1. Motif Yang Berulang

Dengan motif dalam satu screen yang perajin gunakan untuk menyablon seluruh bagian kain tentu bisa anda bayangkan bagaimana hasilnya. Ya, blok demi blok memiliki motif yang sama persis, apalagi jika memang modelnya geometris.

Adapun motif non geometris yang tampak seperti corak ala batik tulis luwes juga bisa dihasilkan melalui metode batik sablon. Akan tetapi, penggunaan screen yang sama tentu saja tetap membuat seluruh bagian kain bermotif seragam.

2.Motif Yang Lebih Detail

Apabila membandingkannya dengan batik cap, batik ini memang mampu perajina buat lebih detail melalui screen sablon. Lewat media bidang datar mendesain ornamen rumit memang jauh lebih mudah. Menambah detail yang kurang pada screen sablon juga tak akan terlalu sulit.

Beda halnya dengan batik cap yang memerlukan proses pengukiran jika ingin membentuk ornamen terperinci. Belum lagi canting capnya yang menggunakan bahan tembaga. Sehingga seluruh detail sudah harus terencana bahkan saat akan membuat alat canting.

3.Warna Yang Sama Pada Kedua Sisinya

Untuk ciri yang satu ini anda bisa bandingkan dengan batik printing yang seringkali disebut-sebut kembarannya batik sablon. Pada batik printing yang memang lahir dari bantuan berteknologi mesin hanya mampu memberikan warna pada satu sisi saja.

Tidak seperti metode batik sablon malam yang menghasilkan warna sama pada kedua sisi. Berkat pewarnaan seperti ini, batik lebih fleksibel anda sulap menjadi berbagai busana favorit.

4.Berbahan Kain Mori

Satu hal lain yang berlawanan dengan ciri batik printing adalah bahan kainnya. Batik Sablon Malam hanya akan menggunakan kain mori yang sangat mendukung penyerapan tinta malam pada serat kain. Inilah juga yang membuat batik cenderung lebih sulit luntur karena tinta malam tidak sekedar menempel.

Sebaliknya, batik printing justru hanya mampu memanfaatkan bahan sejenis semi polyester untuk membuat tinta menempel sempurna. Karena itulah kemungkinan luntur jadi lebih besar.

Bagaimana Proses Pembuatannya?

Batik Sablon Malam

Setelah memahami alat-alat apa saja yang batik ini butuhkan pada bagian sebelumnya, tak ada salahnya untuk ketahui juga bagaimana pembuatannya.

Hal pertama yang harus ada tentunya kain mori sebesar 2 x 1 meter. Kain perlu ada pada bagian atas bidang datar yang juga seluas kain. Agar proses penyablonan tercetak sempurna, perajin perlu meragangkan seluruh bagian kain hingga terbentang maksimal.

Sembari menyiapkan, perajin juga perlu membuat desain motif pada screen sablon khusus tinta malam. Langkah selanjutnya kemudian meletakkan screen sablon yang telah siap ke atas kain untuk mulai ditimpa dengan malam.

Gunakan rakel untuk meratakan malam ke seluruh sudut screen dan pastikan seluruh sisinya terbalut malam agar motifnya bisa tercetak. Tinggal bagian kain yang sudah berwarna supaya kering dan malam merekat.

Rangkaian langkah tersebut hanya berlaku bagi satu desain hiasan saja. Jika memang ingin memilikii motif yang kaya akan warna dan ornamen, maka screnn-nya pun berbeda. Dan otomatis tahapan-tahapan tersebut juga perlu berulang sampai semua motifnya sempurna.

Pada setiap warna dan motif berbeda yang telah selesai, maka selanjutnya kain harus melalui proses perebusan. Ini bertujuan untuk melunturkan bekas malam sehingga kain tidak kaku dan lebih nyaman menjadi banyak jenis pakaian.

Batik Sablon Malam Prada

Batik Sablon Malam

Kain batik yang telah seutuhnya siap sebetulnya bisa langsung digunakan. Akan tetapi, membuat varian prada pasti membuat batik tampak lebih menarik. Batik prada terkenal memberikan kesan mewah untuk pemakainya berkat aksen berwwarna emas yang tersebar di seluruh motif.

Dengan begitu, bagi anda yang memang bosan dengan motif berulang, varian prada batik ini jadi alternatif yang tepat. Anda bisa tampil lebih memukau sekaligus berkarisma pada saat yang sama meski tanpa aksesoris pemanis lainnya.

Kesimpulan

Baik antara batik sablon biasa, sablon malam, dengan batik cap ternyata memiliki kaitan secara tidak langsung. Untuk itu ada baiknya pahami bagaimana ciri batik ini agar tidak mudah tertukar saat memilih batik. Tapi, bila anda memang ingin mengenakan batik cap ataupun batik tulis, artinya anda perlu lihat-lihat koleksi dari Batik Bedjo.

Cukup klik melalui smartphone, anda bahkan sudah bisa memilih dan berbelanja, lho. Bebas khawatir dengan jaminan batik asli 100% sampai ke tangan anda. Menarik, bukan? Yuk, belanja sekarang!