You are currently viewing Kelebihan Menggunakan Batik Furing Pada Beragam Jenis Pakaian

Kelebihan Menggunakan Batik Furing Pada Beragam Jenis Pakaian

Batik Furing

Menggunakan baju batik seringkali hanya mempertimbangkanl motif dan warnanya saja yang harus menarik. Padahal selain itu, kenyamanan ketika memakainya juga perlu anda perhatikan. Khusus untuk soal ini, nampaknya batik furing adalah solusi yang anda cari.

Lalu kenapa harus batik furing? Supaya semakin menjawab pertanyaan tersebut, maka pada berikut ini Batik Bedjo  rangkum semua kelebihannya. Tapi sebelum itu, pahami dulu perbedannya dengan batik biasa ya.

Apa itu Batik Furing .

Batik Furing

Batik Furing sebetulnya tidak lebih dari dua jenis kain yang saling berlapis di dalam bentuk satu pakaian. Apalagi kalau bukan kain batik dan kain furing. Melalui dua lapisan ini, batik tentunya berada pada posisi luar sementara furing di sisi dalam.

Penggabungan kedua kain ini tergolong opsional, terutama pada kain furing yang melapisi batik. Atau dengan kata lain penambahan furing pada kain batik pun bukanlah hal yang esensial. Hanya saja lewat furing, nilai estetik dan kenyamanan batik lebih maksimal. Mengapa bisa begitu?

Boleh jadi anda belum begitu mengenal kain furing walaupun pernah menggunakannya dalam busana batik. Kain furing sendiri pada dasarnya merupakan kain non motif yang biasa diaplikasikan menjadi dalaman lapisan pakaian. Sifatnya tipis sehingga tidak semakin menambah volume busana.

Selain itu, kain ini juga sangat lentur yang membuatnya mudah dibentuk dan diarahkan saat menjahit. Meski begitu, karakter ini justru tidak akan membuat busana jadi demikian. Dan hal ini hanyalah satu dari beberapa kelebihannya. Untuk itu berikut ini adalah alasan lain anda perlu memilih batik furing.

Arti Furing Baju.

Kain furing ataupun lining ialah selembar kain ekstra yang lazim dipakai selaku pelapis pakaian bagian dalam. Dimana kain furing yang umum dijahit jadi satu dengan pakaian ini bakal langsung bersinggungan dengan kulit serta dengan cara otomatis jadi bagian dari busana itu.

Mengapa Perlu Menggunakan Furing Pada Busana Batik?

Setidaknya terdapat 6 alasan utama batik dengan lapisan furing perlu anda miliki dibandingkan tanpa lapisan ini sama sekali. Apa saja?

Batik Furing

1. Menjadi Pelapis Dalam Batik

Memang tak ada salahnya untuk mengenakan batik tanpa lapisan dalam furing. Akan tetapi ada baiknya pertimbangkan kembali pilihan anda ini. Karena nyatanya furing mampu menahan kain batik kontak langsung dengan kulit, lho. Mengapa?

Kondisi kulit yang mudah berkeringat di saat cuaca panas tak menutup kemungkinan mempengaruhi kualitas batik. Itulah sebabnya pada poin ini kain jadi solusi yang pas untuk menjaga batik tanpa harus memprosesnya kembali.

2. Menyerap Keringat

Bukan hanya mencegah keringat atau partikel basah lainnya, kain ini juga sangat bisa diandalkan dalam menunjang kenyamanan berpakaian. Salah satunya adalah kemampuan menyerap keringat yang efektif memberikan rasa adem pada sisi dalam baju.

Makin tepat lagi jika anda menggunakan lapisan furing pada jenis bahan batik yang cukup panas di kulit. Kain akan menetralkan hawa panas sehingga tidak meninggalkan kesan gerah dan lengket saat beraktivitas.

Berkat keunggulannya inilah batik furing jadi pilihan jitu bagi anda yang punya mobilitas tinggi. Ramah sekali dikenakan pada suhu udara apapun, termasuk suasana sejuk yang mendukung furing memberikan kesan dingin untuk anda.

Batik Furing

3. Mencegah Alergi Kulit .

Masalah kulit memang satu hal yang cukup penting untuk sebagian orang saat berpakaian. Terutama bagi anda dengan karakter kulit sensitif. Beberapa pemicu munculnya alergi biasanya disebabkan jenis bahan batik atau pewarna yang non alami. Pastinya hal seperti ini membuat anda kurang nyaman, bukan?

Nah, untuk mengurangi kemungkinan alergi, pilihlah batik furing dengan lapisan dalam yang lembut. Tentunya kain akan melindungi kulit dari menempel langsung dengan kain batik. Selain itu, kain juga dapat meminimalisir kulit menjadi kasar akibat seringnya gesekan saat bergerak.

Itulah mengapa ada baiknya periksa dulu baju batik pilihan dengan cara membalikkan bahan. Kemudian cobalah raba sisi dalam untuk mengetahui seberapa nyaman tekstur furing dengan kulit anda.

4. Memberi Tegap Pada Batik

Setelah mendapatkan kualitas yang sesuai, jangan lupa perhatikan juga desain potongan baju. Biasanya baju batik dengan lapisan furing akan membentuk model tegap. Sehingga tubuh terlihat proporsional baik dari bentuk bahu sampai kesan postur badan. Tak heran jika furing sering diaplikasikan pada kemeja batik formal pria, khususnya pada desain eksklusif. Pakaian batik wanita pun juga banyak menggunakan lapisan ini supaya kain batik lebih tegap. Misalnya saja seperti blazer atau blus batik kerja .

Batik Furing

5. Membuat Potongan Baju Lebih Lurus

Bagi anda yang lebih senang dengan busana longgar, jangan lupa pastikan batik pilihan memang menggunakan furing. Fungsinya tak lain untuk membuat potongan baju lebih lurus. Oleh karenanya, tepat juga untuk menghilangkan lekuk-lekuk yang mungkin tercetak saat mengenakan batik.

Khususnya bahan-bahan batik yang jatuh seperti sutra atau satin, tergolong cukup mudah membentuk lekuk pada pakaian. Nah, pada titik ini lapisan dalam membuat bahan batik mengikuti karakter furing yang sedikit lebih kaku. Hasilnya batik pun tidak akan mudah rapat dengan kulit.

Inilah juga salah satu alasannya mengapa lapisan furing hampir selalu ada bersama busana batik formal pria maupun wanita. Dan lebih lengkapnya akan kami bahas pada bagian berikut ini.

6. Batik Terlihat Lebih Rapi

Kesan terakhir yang paling penting akan sangat terasa ketika baju anda kenakan. Pada saat ini apapun jenis bahan batiknya, baju akan sangat minim terlihat lecek. Mendorong penampilan anda tampak lebih rapi dan siap untuk berbagai momen lainnya.

Meski begitu, bukan berarti baju batik akan selalu tampil prima tanpa perubahan sedikit pun. Anda tetap harus perhatikan tampilan batik setelah beberapa jam digunakan. Terutama pada bagian-bagian yang rentan menimbulkan lipatan, seperti lingkar pinggang.

Untuk menyamarkan lipatan, ada baiknya pilihlah motif batik yang cukup rumit semacam motif batik tulis. Sehingga fokus utama batik cukup teralihkan ke variasi motif daripada kekurangannya.

Jenis Pakaian Batik Yang Cocok Menggunakan Furing

Batik Furing

Sejauh ini anda pasti sudah lebih memahami apa saja keunggulan batik furing untuk mendukung aktivitas anda, ya. Kini giliran waktunya untuk mengetahui apa saja pakaian-pakaian yang pas bersama lapisan furing. Paling tidak ada 3 macam busana yang wajib anda coba, seperti :

Kemeja Batik Pria

Bukan rahasia lagi kalau kemeja batik pria punya potongan yang apik mendukung penampilan. Terlebih dengan model lengan panjang, batik furing memberikan kenyamanan lebih supaya anda tidak terasa begitu gerah.

Blazer Batik

Bagi wanita kerja, sangat baik untuk memilih blazer batik furing agar tetap nyaman menemani aktivitas kantor yang padat. Walaupun bermodel lengan panjang, baju tidak akan membuat kulit kepanasan dan tentunya membantu anda tampil selalu siap.

Blus Batik

Sama seperti blazer, sangat baik untuk memilih blus batik furing agar baju terasa nyaman saat anda kenakan. Bukan Cuma itu saja, citra anda pun juga akan tampak profesional berkat potongannya yang lurus dan rapi.

Kesimpulan

Hanya dengan tambahan pelapis pada bagian dalam kain batik ternyata membawa perbedaan yang cukup banyak, ya. Bukan cuma terlihat semakin menarik, batik pun jadi terasa lebih nyaman. Jadi sebaiknya jangan ragu lagi untuk jatuhkan pilihan anda pada batik furing ini.

Namun, bagi anda yang masih ingin mencari batik dengan motif teratas, koleksi batik dari Batik Bedjo  bisa menjadi alternatif tepat. Cukup dengan mengakses katalog kami, lalu tentukan model batik apa yang anda inginkan. Pilih dan bayar secara cepat lalu tunggu pesanan tiba hanya di rumah saja.

Praktis kan? Yuk check out produk favorit sekarang juga!

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan