You are currently viewing Batik Primis, Kualitas Terbaik Dari Batik Kain Mori. Sudah Tahu?

Batik Primis, Kualitas Terbaik Dari Batik Kain Mori. Sudah Tahu?

batik primis

Halo Kawan Batik! batik bedjo kali ini ingin membahas tentang bahan yang sering digunakan untuk membuat batik nih. Kawan batik mungkin pernah mendengar yang namanya kain mori kan? Ya, kain ini batik primis merupakan kain yang sering sekali disulap menjadi batik, terutama untuk batik tulis.

Batik mori memiliki cukup banyak jenis dengan kualitas yang berbeda-beda. Sebut saja batik mori batu, batik mori biru, batik mori prima dan juga batik primis. Bahan baku dari kain mori ini adalah serat alam seperti katun, rayon, dan sutra. Untuk warnanya sendiri kain mori memiliki warna asli berupa putih.

Warna putihnya keluar efek dari proses pemutihan atau bleaching. Walau begitu, ada pula kain mori yang belum melewati proses pemutihan. Warna dasarnya pun bukan menjadi putih bersih, alias sedikit keruh. Kain inilah yang sering dijuluki kain belacu.

Namun, dari sekian jenis kain mori tersebut, salah satu jenisnya yang memiliki kualitas terbaik untuk membatik adalah batik primis. Kawan Batik sendiri sudah familiar dengan batik primis, belum? Nah, tak ada salahnya simak info berikut itu. Tapi sebelum itu, yuk ketahui dulu apa itu kain mori dan jenis-jenisnya.

Sejarah Kain Mori

Kain mori merupakan kain yang terbuat dari kapas. Kain mori mirip dengan kain katun karena asalnya yang memang dari satu bahan yang sama. Akan tetapi, kualitas keduanya untuk membatik cukup berbeda.

Kain yang terbuat dari kapas sendiri memiliki sejarah sejak 2500 tahun sebelum masehi. Awalnya kain sengaja ditenun masyarakat Mesir untuk membalut mumi raja. Sementara itu kain mori, terutama batik primis merupakan mori yang paling halus.

Dahulu kain ini diimpor langsung dari Belanda dan kemudian Jepang. Pada waktu itu, kain ini lebih terkenal dengan nama cap “Sent”. Dan kemudian mulai banyak terdapat jenis-jenis kain batik yang memiliki kualitas yang sama dengan cap “Sent” ini yang mendunia.

Jenis-Jenis Kain Mori

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kain mori memiliki 4 jenis berbeda. Keempatnya adalah :

  • Kain Mori Batu

Jenis mori batu memiliki kerapatan yang tidak terlalu padat. Tidak hanya itu, bahan ini cenderung memiliki tekstur yang sedikit kasar. Dari semua kain mori, kain mori batu ini memiliki kualitas paling rendah.

Secara bentuk, kain mori batu merupakan kain yang terbuat dari benang katun 20s dengan lebar kain 115 cm. Hal ini berarti mori batu menggunkan benang katun yang tebal. Benang katun 20s inilah yang paling tebal dari ukuran benang sekelasnya.

  • Kain Mori Biru

Satu tingkat di atas kain mori batu ada kain mori biru. Bedanya kain ini terbuat dari benang katun 30s. Katun 30s memiliki ketebalan yang tipis dari berbagai benang katun, sehingga tampak cukup tipis dan lunak.

  • Kain Mori Prima

Jika kamu menemukan busana batik yang cukup nyaman, itu artinya kamu telah menemukan batik berbahan mori prima. Inilah kain kelas menengah yang sering sekali menjadi bahan kain batik tulis maupun batik cap.

Batik ini sering tampil dalam bentuk seragam batik dan model busana lainnya. Mori prima sendiri sepenuhnya terbuat dari benang katun dengan ukuran benang 40s dengan lebar kain 106 serta 115 cm.

  • Kain Mori Primis

Batik dengan kualitas terbaik bisa kamu dapatkan dari kain mori primis. Bahan kain yang telah menjadi kain batik alias batik primis merupakan kain mori dengan kualitas terbaik. Kualitasnya terlihat dari tekstur kain yang sangat halus dan anyaman yang padat. Karena kualitasnya yang sangat bagus ini, biasanya digunakan untuk membuat batik tulis premium. Kain mori primis yang terkenal adalah kain mori Berkolissima, mori kereta kencana dan mori gamelan.

batik primis

Kelebihan Kain Mori

Lantas apa saja kelebihan kain mori? Dalam dunia batik, kain ini memiliki spesifikasi yang cocok untuk produksi kain batik. Daya serapnya yang tinggi dan juga ketebalannya yang pas membuat kain ini sangat baik untuk membatik.

Lihat Katalog

Dari sekian jenisnya, kain batik dengan kualitas terbaik bisa kamu dapatkan pada batik primis. Namun ini tetap perlu kamu sesuaikan lagi dengan budget yang ada. Apabila budget tidak terlalu besar untuk memilih batik mori, kamu bisa memilih batik berbahan kain mori batu, kain mori biru ataupun kain mori prima sesuai dengan kondisi.

Cara Mencuci Kain Mori Untuk Keperluan Membatik

Apakah kamu tahu bahwa kain mori harus dicuci terlebih dahulu sebelum menjadi bahan untuk membatik? Ya, tujuannya adalah untuk melunturkan tepung kanji yang melapisi kain saat masih dalam keadaan ‘mentah’. Jumlah kanjinya pun juga biasanya cukup tebal agar agar kain mori tampak berisi dan berat. Ini karena ukuran ketebalan kain mori cukup tipis

Cara menghilangkan tepung kanji ini adalah dengan merendam kain dalam larutan enzim. Atau bisa juga dengan merendamnya selama satu malam. Kemudian setelah selesai, bilas kain dengan air bersih. Beda halnya jika ingin memproduksi batik halus (yaitu batik dengan kualitas yang tinggi seperti batik prima atau batik primis). Kain mori juga harus melalui proses kloyor atau ketel.

Proses ketel ini sebenarnya bukan hanya untuk menghilangkan tepung kanji, namun juga menurunkan daya serap kain yang tinggi. Mirip sekali dengan proses merserisasi, yaitu dengan merendam bahan serat kapas dalam larutan Natrium Hidroksida 25%.

Bagaimana bila tepung kanji tetap menempel pada kain? Sudah pasti tentunya akan sangat mengganggu terserapnya warna ketika membatik atau pencetakan batik. Meski telah bersih, kain mori selanjutnya tetap ditaburi kanji yang lebih ringan.

Tapi, kini jangan khawatir. Kain mori yang telah beredar di pasaran saat ini bisa langsung digunakan, lho. Terutama untuk keperluan busana batik, kain tidak perlu lagi melewati tahap pencucian. Mori untuk membatik telah tersedia dengan lapisan tepung kanji yang lebih tipis dan sudah melewati tahap merserisasi.

batik primis

Ingat, tetap berikan sedikit kanji kain mori setelah membatik agar lilin batik atau malam tidak begitu tembus. Alasan mengapa tepung kanji hanya perlu dalam jumlah yang sedikit adalah agar proses pewarnaan tidak terganggu. Warna pun masih dapat meresap dengan baik ke kain mori.

Nah, sampai sini bagaimana Kawan Batik? Kini sudah tahu lebih banyak tentang kain mori termasuk jenis kualitas terbaiknya yaitu batik primis, bukan? Kawan batik bisa menggunakan batik primis ini sebagai pajangan dan juga bisa dikenakan walaupun saat ini sudah mulai jarang menjadi busana batik sehari-hari.

Alternatif lain bisa Kawan Batik temukan pada berbagai toko online khusus busana batik, seperti Batik Bedjo. Bukan Cuma online, Kawan Batik juga bisa cek koleksi bahan dan baju batik menarik dari Batik Bedjo secara langsung. Siapa tahu ada pilihan yang pas dengan selera kamu. Yuk, amankan stok baju batik idamanmu!

Follow Ig di @BATIK_BEDJO

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Tinggalkan Balasan