You are currently viewing Motif Batik Tulis Klasik Parang Barong .

Motif Batik Tulis Klasik Parang Barong .

Motif Batik Tulis Klasik Parang Barong Yogyakarta, Motif Batik Tulis Konvensional Parang Barong. Batik Tulis di kala ini jadi pusat nya pengrajin batik tulis. Negara Indonesia memanglah banyak hendak adat serta adat- istiadat yang memiliki angka seni, asal usul serta filosofi, di antara peninggalan adat kakek moyang bangsa Indonesia merupakan kerjinan batik tulis, bermacam berbagai motif serta tipe ada di Indonesia selaku sesuatu peninggalan adat, seni serta pula wejangan filosofi- filosofi kehidupan yang tidak berharga biayanya.

Baca Juga : Batik Tulis Sogan Kirim Eropa

Salah satu tempat nya pengrajin batik tulis yang populer dalam rasio Nasional hingga hingga manca negeri merupakan Yogyakarta, pekalongan serta solo nah di antara bermacam berbagai motif batik tulis yogyakarta salah satunya merupakan motif” Parang Barong“. Selanjutnya hendak sedikit aku bahas hal asal usul serta angka filosofi yang tercantum dalam motif batik tulis konvensional Barong khas yogyakarta.

batik tulis parang

Motif batik tulis klasik Parang Barong Khas Yogyakarta

ini berawal dari tutur“ batu karang” serta“ barong”( raja hutan). Parang Barong ialah parang yang sangat besar serta agung, serta sebab kesucian filosofinya motif ini pada era dahulu

cuma bisa dipakai buat Raja, paling utama dikenakan pada dikala ritual keimanan serta khalwat. Motif ini dilahirkan Baginda Agung Hanyakrakusuma yang mau mengekspresikan pengalaman jiwanya selaku raja dengan seluruh kewajiban kewajibannya, serta pemahaman selaku seseorang orang yang kecil di hadapan Si Maha Inventor.

batik tulis
sumber tinaandrean

Follow Ig @batik_bedjo

Tutur barong berarti suatu yang besar, serta ini terlihat pada besarnya dimensi motif itu pada kain. Motif Parang Rusak Barong ini ialah benih dari seluruh motif parang. Motif ini memiliki arti supaya seseorang raja senantiasa hati- hati serta bisa mengatur diri, berkarisma serta bijak. Motif Parang Barong amat sesuai di pakai oleh seorang yang berprofesi selaku arahan di golongan warga ataupun negeri.

Pengrajin Batik Tulis lebih persisnya di sentra kerajinan batik tulis Yogyakarta sediakan bermacam berbagai motif batik tulis yang aman kemurnian serta mutunya, yang terbuat oleh parang pengrajin batik tulis yang ahli serta profesional dengan cara turun temurun dari nenek moyang yang pakar dalam membuat Motif Klasik Barong Khas Yogyakarta

batik tulis parang
motif parang barong
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan