You are currently viewing 7+ Model Batik Kondangan Wanita Paling Rekomendasi

7+ Model Batik Kondangan Wanita Paling Rekomendasi

Datang ke pesta pernikahan alias kondangan mungkin adalah momen yang begitu ditunggu. Terlebih bagi kaum wanita, pesta seperti ini wajib ditemani balutan fashion yang ciamik. Jadi, tak heran jika baju batik kondangan punya jenis dan model yang terus berkembang.

Kawan Batik sendiri sudah tahu belum tren baju kondangan wanita saat ini? Jangan khawatir, karena kali ini Batik Bedjo akan membagikan beberapa rekomendasi baju kondangan bertema batik.

Setidaknya ada lebih dari 7 macam model yang ramah untuk Anda wanita berhijab, maupun non-hijab. Agar tak penasaran, berikut adalah list-nya.

Kebaya Kutu Baru

Akhir-akhir ini kebaya kutu baru menjadi outfit pilihan selebriti Indonesia untuk memeriahkan pernikahan. Dari segi desain, busana ini cenderung memberikan kesan anggun lewat gaya body fit klasik.

Sementara untuk bawahannya, kebaya sangat pas dipadukan rok jarit Batik Solo ataupun Batik Jogja. Ini karena motif dan kombinasi warna antara cokelat, putih, dan hitam mampu mendukung nuansa pernikahan yang sakral.

Jangan ketinggalan juga stagen yang merupakan ciri khas kebaya kutu baru. Warna dan motifnya pun bisa disesuaikan dengan atasan atau bawahan. Atau Anda juga bisa membuatnya sebagai center point busana lewat pemilihan stagen berwarna kontras, lho.

Terakhir, sematkan bros atau kalung agar semakin sempurna!

Kebaya Modern

Sedikit berbeda dari kebaya sebelumnya, busana kali ini direkomendasikan bagi Anda yang ingin tampil berkarakter tanpa terlihat kuno. Potongannya terbilang serupa kebaya basic, hanya saja model ini memiliki beragam aksen terkini.

Misalnya saja kebaya non-stagen atau kebaya dengan sisi bawah lebih panjang dibanding kebaya klasik. Selain itu, Anda juga bisa menemukan kebaya beraksen ruffle atau tambahan selendang dan pita yang mempermanis kebaya.

Nuansa fleksibel juga sampai pada pemilihan rok batik bawahan. Biasanya batik yang digunakan untuk mendukung kebaya ini tak selalu harus bergaya tradisional. Motif-motif luwes dari Batik Pekalongan atau batik bergaya modern sekalipun sama cantiknya.

Kaftan Batik

Bila dua deretan sebelumnya tepat untuk pesta bertema adat, batik kondangan wanita yang kali ini pas sekali dalam tema pernikahan modern. Ini karena kaftan batik memiliki desain kekinian meski motif batik terkadang cukup tradisional.

Sederhananya baju ini memanfaatkandesain basic terusan menggunakan satu macam motif batik. Namun, hal ini justru tidak membuat kaftan monoton berkat modifikasi potongan pada beberapa bagian. Misalnya bagian lengan, sisi bawah, dan sisi tertentu lainnya.  

Kaftan batik juga cocok untuk memberikan look yang atraktif bagi Anda wanita berhijab maupun non hijab. Tinggal lengkapi dengan sedikit aksesoris, pusat perhatian akan tetap tertuju pada busanamu yang unik.

Gamis Batik

Kaftan batik bukan yang Anda cari? Gamis batik mungkin adalah alternatif yang Anda cari. Selain gamis full batik, ada beberapa variasi lainnya yang tepat menjadi batik kondangan.

Untuk kesan yang stylish, gamis kombinasi antara batik dan kain polos berwarna senada dapat menjadi pilihan. Atau bila ingin mempertahankan sentuhan model kebaya, Anda juga bisa memilih kombinasi brokat-batik.

Sama halnya jika konsep pernikahannya cukup classy. Akan lebih baik kenakan gamis batik dengan base batik tulis agar menunjukkan gaya yang berkelas. Pesta semacam ini juga tepat jika Anda memakai batik prada yang begitu istimewa, karena kainnya yang mengkilap.

Baju Kurung

Masih seputar batik kondangan muslimah, baju kurung bisa jadi merupakan jawaban cemerlang agar tetap terlihat maksimal. Busana yang satu ini terkenal lewat gaya setelan sederhana. Meski begitu, pakaian ini unggul dengan porsi motif batik lebih banyak.

Biasanya motif yang digunakan antara atasan dan bawahan cenderung seragam. Baju kurung ini cocok sekali bagi Anda yang ingin menonjolkan nuansa etnik kental tanpa banyak aksesoris tambahan.

Namun jika ingin suasana lebih modern, ada baiknya gunakan model polos-batik. Pilihan ini punya sisi atasan berwarna non-motif dan bawahan batik senada. Selebihnya, tambahkan saja aksesoris kalung yang sesuai untuk mempermanis penampilan.

Blouse Khusus Pesta

Kesan yang lebih santai namun tetap formal bisa sama-sama Anda hadirkan dalam balutan blouse khusus untuk pesta. Baju ini sedikit berbeda dari blouse yang biasa menjadi pakaian kerja. 

Umumnya blouse ini miliki paduan cutting dan desain yang lebih luwes dibanding blouse kantoran. Beberapa modelnya yaitu blouse bergaya asimetris hingga blouse selutut dengan bahan yang terasa ringan dan jatuh.

Blouse juga sangat mudah dipadu padan bersama bawahan apapun. Mulai dari rok batik, kain batik lilit, sampai celana yang senada dengan atasan. Tentunya melalui pilihan busana ini Anda bebas mengkreasikan style.

Bawahan Rok Batik atau Celana

Atasan sering kali lebih menarik atensi, namun jangan sampai abaikan pemilihan sisi bawahannya. Ada sederet jenis bawahan, baik itu rok ataupun celana.

Agar citra anggun semakin nampak, bawahan rok sangat serasi dipadankan bersama atasan favorit. Jenis rok seperti rok batik panjang, rok batik pendek, hingga rok batik lilit adalah beberapa bentuk yang masih tren sampai saat ini. Nah, untuk model rok batik yang lebih lengkap bisa Anda lihat di 9 Macam Rok Batik Stylish , ya!

Sementara itu, bawahan celana akan lebih baik bagi Anda yang ingin bebas bergerak. Bukan hanya leluasa, celana juga membuat look modis dan tetap sopan. Beberapa jenis yang boleh menjadi opsi yaitu celana kulot, celana lilit batik, harem pants, sampai straight pants.

Setelan Batik Kondangan

Praktis dan cantik. Bermodal setelan batik, tidak perlu lagi bingung memasangkan busana antara atasan dan bawahan. Khusunya bagi busana wanita, set batik ini sudah lengkap hadir dalam tone warna yang padu. 

Biasanya setelan batik mengkombinasikan motif batik bersama variasi kain lainnya. Contohnya kain brokat, kain polos, atau sejenisnya. Alternatif lain juga boleh Anda jatuhkan pada setelan full batik. Setelan semacam ini banyak hadir dalam varian motif yang seragam, maupun motif berlawanan antar atasan-bawahan.

Khusus untuk acara pesta ada baiknya manfaatkan setelan dengan bawahan rok atau kain batik agar sesuai dengan suasana yang berkelas. Lengkapi juga sentuhan aksesoris untuk membuat look lebih hidup.

Outer Batik Panjang

Belum juga menemukan yang pas? Boleh jadi Outer adalah batik kondangan yang nyaman untuk Anda yang punya selera fashion simpel namun tetap rapi.

Baju bergaya terusan ini tergolong mudah sekali dipakai. Hanya perlu kenakan baju tanpa corak sebagai lapisan pertama, lalu kemudian lapisi dengan outer batik panjang. Ini karena motif batik yang mengisi penuh di sepanjang sisi outer mampu menghadirkan nuansa formal sekaligus trendy.

Sudah Menentukan Mana Yang Cocok?

Lewat beragam variasi pakaian batik di atas, semoga kini Anda lebih mudah lagi menentukan outfit yang tepat. Semuanya bisa disesuaikan dengan selera dan gaya busana favorit. Terakhir, tetap perhatikan aspek motif batik.

Suasana pesta pernikahan yang berbeda dari momen-momen lainnya tentu menuntut motif batik yang dikenakan pun tak sembarangan. Disamping rapi, batik untuk kondangan juga perlu tampak menarik. Untungnya, pilihan batik seperti ini sama sekali tak sulit Anda temukan, apalagi di Batik Bedjo.

Koleksi batik kondangan dengan motif yang mendukung tersedia lengkap. Kain batik, atasan, bawahan, dan terusan bisa Anda dapatkan langsung di toko kami atau pesan sekarang via online.

Masih mencari yang sesuai? Yuk cek dulu katalog kami untuk pilihan yang lebih lengkap!