You are currently viewing Batik Tulis Lasem Ningrat

Batik Tulis Lasem Ningrat

Batik Lasem Ningrat

Pendahuluan

Batik Tulis Lasem Ningrat. Menjadi salah satu produsen batik yang memiliki cirikhas dalam pewarna’an motif batik di Lasem kota Rembang. Meskipun produksi batik tulis lasem ningrat masih berskala industri rumahan. Namun cukup di kenal dan di cari oleh masyarakat karena ciri khas pada warnanya cukup khas yaitu warna khas batik lasem kemudian didominasi warana cerah . Meskipun masih berskala kecil namun batik ningrat bisa di katakan sudah menjadi produk ikonik di kota Lasem Rembang.

Penjelasan Batik Tulis Lengkap

Sejarah Lengkap Batik Tulis

Latarbelakang

Batik lasem memiliki corak dan warna yang hampir serupa dengan kain – kain dari tiongkok atau cina. Karena memang pada dasarnya batik lasem merupakan akulturasi dua budaya antara nusantara dan tiongkok atau cina. Di awali dengan masuknya armada kapal laksamana Cheng Hoo di pesisir Rembang. Warna dan motif yang ada pada batik tulis lasem di antarnya merah coklat dan warna-warna cerah lainnya. Dengan tetap membawa ciri khas aksen tiongkok namun dengan dikombinasikan warna dan motif khas nusantara.

Proses Pembuatan Batik Tulis

Alat dan Bahan membuat Batik Tulis

Batik Lasem Ningrat

Ciri Khas Batik Pekalongan

Batik Solo dan Batik Jogja

Memiliki motif yang hampir serupa dengan batik lainnya yang membawakan kesan klasik pada coraknya. Di antara motif yang di produksi oleh Batik lasem ningrat di antaranya motif burung hong, kemudian naga, motif liong, kemudian watu Pecah, hingga watu pecah.

Batik Bakaran

Keunikan Batik Cirebon

Batik Lasem Ningrat
batik tulis Lasem Ningrat

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan